Beranda Education

Daftar Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat & Jarang Diketahui

21

Banyak pilihan dapat dijadikan alternatif bagi lulusan SMA atau sederajat untuk melanjutkan pendidikan. Mereka akan memikirkan berbagai pertimbangan demi mendapatkan peluang besar agar lolos tes seleksi. Salah satunya ialah melanjutkan sekolah ikatan dinas yang sepi peminat.

Pendaftaran sekolah kedinasan di Indonesia memang cukup banyak. Namun dengan mencari dan memilih sekolah ikatan dinas yang sepi peminatnya memiliki peluang besar untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) kelak.

Daftar Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat

sekolah ikatan dinas yang sepi peminat
Sekolah dinas/STMKG

Banyak sekolah ikatan dinas yang ada di Indonesia. Pengetahuan akan hal ini tentunya harus diketahui oleh lulusan SMA dan sederajat agar mereka lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan. Beberapa diantaranya juga kurang atau sepi peminat padahal memiliki peluang cerah di masa depan.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini:

1. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Daftar sekolah ikatan dinas sepi peminat ialah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau biasa dikenal dengan STMKG. Berdiri di bawah naungan BMKG, perguruan tinggi ini ini akan mencetak lulusan yang ahli dalam bidang iklim, gempa cuaca dan berbagai peralatan di dalamnya.

Seperti sekolah kedinasan lainnya, STMKG juga memiliki sistem pendidikan yang bersifat semi militer. Mahasiswa dari perguruan tinggi ini biasa disebut dengan taruna. Selama pendidikan berlangsung, mereka diwajibkan untuk memakai seragam khusus setiap harinya.

2. Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi

Sekolah berikutnya ialah Akademi Penerbangan Indonesia atau biasa disebut API Banyuwangi. Berdiri di bawah naungan Kementrian Perhubungan serta bertanggung jawab kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Perhubungan. Sama seperti sebelumnya, pendidikan juga menganut semi militer.

Anda bisa menjumpai kampus dari Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi ini tepatnya di Kompleks Bandara Blimbing Sari Kab. Banyuwangi. Setiap mahasiswa yang mengenyam pendidikan di sekolah ini disebut sebagai taruna untuk laki-laki dan taruni bagi perempuan.

3. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan

Anda bisa mendaftar ke Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan ini, jika ingin mencari prospek kerja bagus serta peluang besar untuk diterima karena sepi peminat. ATKP Medan ini telah berhasil mendidik mahasiswanya sebagai tenaga profesional di bidang penerbangan hingga sekarang.

Perlu Anda ketahui bahwa ATKP Medan ini hanya menyediakan satu program studi saja yaitu D3 Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara. Prodi ini akan sangat menarik bagi pelajar yang memang memiliki passion dalam bidang penerbangan serta mampu mengikuti pendidikan semi militer.

4. Politeknik Pelayaran Surabaya

Berbeda jauh dengan sebelumnya, sekolah kedinasan ini cocok bagi pelajar yang memiliki ketertarikan dalam bidang pelayaran. Politeknik Pelayaran Surabaya dapat dijadikan sebagai sekolah guna menuntut ilmu dan lulus menjadi ahli di dunia tersebut.

Politeknik Pelayaran Surabaya sendiri berdiri di bawah naungan dari Kementerian Perhubungan Indonesia. Awalnya sekolah ini bernama BP2IP atau Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran. Perguruan tinggi ini membuka tiga prodi yakni D3 Nautika, D3 Teknika dan D3 Elektro Pelayaran.

5. Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat

Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat adalah UPT atau Unit Pelaksana Teknis dalam lingkungan Badan Pengembanan Sumber Daya Manusia Perhubungan. Sekolah dinas ini memiliki tugas utama yaitu mengadakan Diklat Teknis bagi PNS Provinsi, Kabupaten serta Kota.

Tujuannya sendiri ialah untuk meningkatkan profesionalitas dan kemampuan kerja terutama di dalam sektor transportasi darat. Penyelenggaraan pendidikan ini nyatanya telah didukung oleh berbagai fasilitas dan pelatihan sehingga besar kemungkinannya untuk mencetak lulusan terbaik tiap tahunnya.

6. Politeknik Pelayaran Sorong

Anda bisa memilih Politeknik Pelayaran Sorong jika memiliki ketertarikan ingin menjadi pelaut atau pekerjaan lainnya di bidang ini. Kabarnya kampus ini memang dianggap yang terbaik di salah satu kota besar di Papua. Pendaftarnya banyak berasal dari lulusan SMA.

Anda tidak perlu khawatir jika menganggap Politeknik Pelayaran Sorong ini masih kurang memadai untuk digunakan sebagai bangku pendidikan. Nyatanya kampus ini sudah memiliki fasilitas dan sumber daya manusia yang mendukung serta kepemilikan sertifikat bahkan memenuhi syarat internasional.

Lihat juga: Sekolah Kedinasan GRATIS dari Pemerintah Indonesia

7. Politeknik Pelayaran Barombong

Masih dalam bidang yang sama, Politeknik Pelayaran Barombong ini cocok bagi pelajar dengan ketertarikan di dunia kelautan dan kapal. Kampus ini berdiri di bawah naungan Kementerian Perhubungan sehingga lulusannya memiliki prospek kerja terjamin di kemudian hari.

Perlu Anda ketahui bahwa banyak alumni dari Politeknik Pelayaran Barombong ini telah bekerja di bawah Kementerian Perhubungan. Poltekpel ini juga sudah memiliki Sertifikat Kompetensi bertaraf internasional sehingga tidak perlu diragukan lagi untuk dijadikan perguruan tinggi pilihan.

8. Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

Salah satu sekolah ikatan dinas yang sepi peminat 2020 – 2021 ialah Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh. Perguruan tinggi ini juga masih berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Sayangnya kampus ini masih kurang diminati karena kurangnya informasi tersebar di masyarakat.

Alasan lainnya adalah lokasi dari Politeknik Pelayaran Malahayati sendiri memang berlokasi di Indonesia bagian ujung barat yaitu Aceh. Banyak pelajar yang harus berpikir dua kali jika ingin mendaftar di perguruan tinggi kedinasan satu ini.

9. Politeknik Penerbangan Jayapura

Berbeda bidang dengan yang sebelumnya, Anda bisa memilih Politeknik Penerbangan Jayapura, jika memiliki ketertarikan dalam dunia pesawat terbang dan sejenisnya. Salah satu alasan mengapa perguruan tinggi ini kurang diminati adalah letaknya berada di bagian ujung timur Indonesia.

Asumsi tersebut nyatanya perlu dipatahkan karena fasilitas yang ada di dalam Politeknik Penerbangan Jayapura memang sudah memadai. Perguruan tinggi ini telah menyediakan sarana dan prasarana lengkap demi menunjang pelaksanaan belajar mengajar hingga pelatihan bagi para mahasiswanya.

Penasaran bagaimana S2 itu? Baca juga penjelasan Berapa tahun untuk menempuh S2?

10. Politeknik Penerbangan Palembang

Sekolah tinggi kedinasan yang jarang diminati terakhir ialah Politeknik Penerbangan Palembang. Berbeda dari sebelumnya, perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Departemen Perhubungan. Kampus ini cocok bagi pelajar jika memiliki ketertarikan di bidang desain dan perencanaan bandara.

Pemeliharaan fasilitas serta konstruksi operasi juga menjadi salah satu fokus dari pembelajaran di kampus ini. Hal ini tentu sangat cocok bagi pelajar yang memiliki keinginan untuk bekerja di bidang penerbangan. Sayangnya masih banyak orang belum terlalu berminat mendaftar di politeknik ini.

Mau mendaftar, tapi tidak tahu nomor ijazah? Yuk simak, nomor ijazah dan nomor seri SKHUN

Itulah tadi 10 sekolah kedinasan yang jarang diketahui orang yang dapat Anda jadikan referensi untuk melakukan pendaftaran demi mendapatkan peluang lebih besar. Hal paling penting ialah memiliki passion sesuai sehingga ketertarikan benar-benar tersalurkan selama proses pembelajaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here