Perbedaan Fakultas, Jurusan, dan Program Studi di Universitas

Apakah kalian belum tahu apa itu fakultas, jurusan, prodi? Nah, perbedaan universitas, fakultas, jurusan, prodi perlu diketahui terutama untuk kalian yang ingin menekuni bidang tersebut atau akan masuk di perguruan tinggi.

Sebab istilah seperti itu akan sering kalian dengar sehingga akan sedikit beresiko jika tidak mengerti meski dasarnya.

Artikel ini akan mengulas mengenai apa itu fakultas, jurusan, program studi (prodi) di universitas. Simak terus ya, biar tidak bingung dan bisa segera memilih kampus tujuan atau favorit kalian.

Pengertian Universitas dan Fakultas

apa itu fakultas jurusan prodi

Universitas adalah tempat dimana seseorang menempuh pendidikan setelah lulus SMA sederajat. Tempat ini merupakan awal kegiatan pendewasaan serta pembentukan karakter setiap individu. Kalian bisa menjadikannya wadah menyalurkan aspirasi dan mempraktekkan skill yang dimiliki.

Kalian tidak perlu khawatir jika belum memiliki skil karena terdapat wadah seperti ekstra dan UKM yang bisa dimasuki sesuai hobi. Jenisnya sendiri sangat banyak mulai dari teater, perguruan silat beberapa aliran, kesenian menggambar, fotografi dan dance.

Sedangkan fakultas adalah berada di bawah naungan universitas, pimpinan tertingginya adalah dekan yang dipilih melalui rapat senat. Istilah tersebut merupakan serapan dari Bahasa Belanda yaitu faculteit maknanya adalah bagian administratif dalam perguruan tinggi. Berikut ini beberapa contohnya di universitas:

1. Fakultas Kedokteran

Menjadi fakultas yang memiliki banyak peminat membuat persaingan semakin ketat. Seringkali dikaitkan dengan biaya mahal karena banyak melakukan praktek dan IQ tinggi. Masa pendidikannya cukup lama dibanding dengan lainnya, apalagi jika ditambah spesialis.

2. Fakultas Ekonomi

Fakultas ini sudah tersebar di berbagai universitas maupun institut di Indonesia karena termasuk salah satu yang favorit. Jurusan yang ditawarkan juga cukup beragam, biasanya ada sedikit perbedaan antara umum dan berbasis islam yaitu tambahan hukum-hukum agama sebagai landasan.

3. Fakultas Sastra

Contoh fakultas selanjutnya adalah sastra, di dalamnya terdapat beberapa jurusan misalnya sastra Jerman, Belanda, Inggris, Jepang, Arab dan ilmu sejarah. Tidak semua universitas ada, biasanya hanya beberapa. Sebagian besar bisa Kalian temukan di perguruan tinggi umum.

4. Fakultas Keguruan

Peminat fakultas ini cukup banyak karena memiliki peluang besar untuk mengabdikan diri mencerdaskan generasi muda bangsa. Jurusan di dalamnya mulai dari Matematika, PGSD, PGMI, PGPAUD, Bahasa Inggris/ Indonesia dan PAI (Pendidikan Agama Islam).

5. Fakultas Teknik

Fakultas ini juga cukup populer dan banyak diminati baik siswa lulusan SMA atau SMK. Universitas yang paling paling populer salah satunya adalah ITB yang berada di Bandung. Terdapat beberapa jurusan di dalamnya seperti teknik sipil, perkapalan, lingkungan, mesin, elektro dan kelautan.

Dari contoh-contoh fakultas di atas, kalian pasti sudah lebih paham kan apa itu fakultas? Jadi jika diurutkan secara hirarkis, maka dimulai jenjang di perguruan tinggi itu dimulai dari universitas (sekolah tinggi/insititut), kemudian fakultas, kemudian jurusan atau prodi.

Lihat juga:

Pengertian Jurusan

perbedaan fakultas dan jurusan

Penjelasan di atas sudah menyinggung terkait perbedaan fakultas dan universitas. Saat ini akan membahas pengertian jurusan yaitu bagian dari dari fakultas berfokus pada bidang yang ditekuni.

Umumnya terdapat lebih dari bidang dengan mata kuliah berbeda meski memiliki sedikit kesamaan.

Secara garis besar tentu ada perbedaan fakultas dan jurusan salah satunya adalah lingkup. Pendalaman dari masing-masing mata kuliah ada yang sama namun lebih sering berbeda. sangat penting kalian memahaminya karena banyak yang bingung ketika membedakannya.

Perbedaan universitas fakultas dan jurusan sangat terlihat dari pengertiannya. Sebelum masuk ke perguruan tinggi tentu harus melalui tahap seleksi ketat, banyak atau tidaknya pesaing tergantung dari jumlah peminat serta akreditasinya misalnya kedokteran, hukum dan teknik.

Pengertian Prodi dan Contohnya

Prodi adalah adalah singkatan dari program studi, pengertian secara umum yaitu pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum serta metode tertentu dalam satu lingkup akademik. Sampai saat ini banyak orang bingung mencari perbedaan jurusan dan program studi.

Tujuannya untuk mencetak individu menguasai suatu bidang dengan target kurikulum. Selama masa kuliah mahasiswa akan mendapat bekal khusus sebagai bekal nantinya terjun di masyarakat, sebagian besar mereka akan diberi kesempatan menerapkan ilmunya saat KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Mahasiswa diberi kewenangan memilih umumnya pada semester 3 atau 4.

Prosesnya dilakukan dengan mengisi form saat kenaikan kelas. Setiap jurusannya memiliki pendalaman yang berbeda, berikut ini beberapa contoh program studi yang sering menjadi pilihan:

1. Prodi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Bagi siswa lulusan SMA program studi di fakultas tersebut bisa menjadi rujukan baik yang dulunya mengambil IPA atau IPS. Terdapat beberapa bidang di dalamnya yaitu kimia, matematika, geofisika dan fisika. Memiliki kemampuan dasar perhitungan menjadi hal yang akan memudahkan Kalian.

2. Prodi Ushuluddin

Ushuluddin hanya ada di perguruan tinggi berbasis Islam yang memiliki cukup banyak program studi seperti sosiologi agam, Ilmu Al-Quran dan tafsir, perbandingan agama, tasawuf psikologi, filsafat Islam, serta Ilmu hadits. Biasanya terdapat tambahan atau pengurangan di setiap universitas.

3. Prodi Pariwisata dan Perhotelan

Meski masih jarang ditemui program studi di fakultas ini cukup banyak misalnya tata boga, tata busana, manajemen perhotelan, pendidikan tata rias dan kecantikan. Sebagian besar didominasi oleh mahasiswa perempuan namun tidak menutup kemungkinan dimasuki laki-laki.

4. Prodi Seni Rupa dan Desain

Bagi Anda yang memiliki minat pada bidang kesenian akan sangat cocok mengambil fakultas satu ini. prodinya terdiri dari seni rupa murni, desain grafis, fashion, interior dan DKV (Desain Komunikasi Visual). Sebelumnya persiapkan mental kuat karena dinilai memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi.

5. Prodi Adab dan Humaniora

Perbedaan jurusan dan konsentrasi sangat signifikan, pastikan bisa membedakannya dengan baik agar tidak rancu. Ada beberapa program studi di dalam fakultas adab dan humaniora contohnya ilmu perpustakaan, tarjamah, sejarah dan peradaban Islam.

Simak juga penjelasan lengkap: Berapa Tahun Kuliah S3

Sampai disini, kalian pasti sudah paham apa itu prodi (program studi), kan? Intinya saat kuliah kalian akan menggeluti bidang ilmu yang spesifik sehingga menyukai suatu bidang ilmu akan sangat menentukan keberhasilan studi kalian kelak.

Demikian penjelasan terkait perbedaan antara universitas, fakultas, jurusan, dan prodi, pastikan kalian bisa mengenalnya dengan baik untuk menghindari rancu atau bingung saat ditanya. Sebaiknya pilih sesuai passion agar mendapatkan hasil maksimal.

Bagikan ke:

Tinggalkan komentar