Standar Nilai TOEFL S1 untuk Melamar Kerja di Berbagai Instansi

Jika kalian seorang mahasiswa tentu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan TOEFL atau Test Of English As a Foreign Language. Perlu diketahui bahwa ujian tersebut bukan hanya digunakan untuk masuk dalam perguruan tinggi Amerika saja, tetapi saat ini sudah digunakan sebagai syarat kerja juga. Lalu berapa skor toefl minimal untuk kerja yang dibutuhkan?

Patokan Skor Toefl Minimal untuk Kerja

Besaran jumlah nilai TOEFL untuk bisa masuk dalam sebuah universitas biasanya sekitar 450 (beserta Computer Based Toefl: 133, Internet Based Toefl: 45, TOEIC 405, IELTS 5,5), tetapi tidak pasti semua segitu, tergantung pihak penyelenggara. Lalu berapa jumlah yang diharuskan untuk kerja?

skor toefl minimal untuk kerja

Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM sudah menetapkan besaran standar nilai TOEFL untuk melamar kerja. Jadi ketika Kalian ingin menjadi salah satu anggota atau mempunyai jabatan di sana, maka harus mampu mendapatkan jumlah poin tinggi.

Poin yang harus dilampirkan ketika kalian ingin memiliki jabatan di kementerian tersebut berupa TOEFL ITP, Paper Based Toefl, serta Toefl Prediction masa aktif atau penggunaannya masih berlaku. Sedangkan skor minimal adalah 450 serta Computer Based Toefl 133, Internet Based Toefl 45, Toeic 405, Ielts 5,5.

Kementerian Luar Negri

Perlu diketahui bahwa kementerian luar negeri atau kemenlu juga sudah menetapkan bagi tiap-tiap pelamar jabatan tersebut harus melampirkan ijazah Toefl. Hal tersebut dikarenakan setiap anggota harus mampu menguasai bahasa asing, baik dari segi ucapan atau lisan maupun penulisannya juga.

Kemampuan dalam menguasai bahasa asing tersebut harus dibuktikan dengan besaran nilai minimal toefls ebesar 550, atau IELTS nya 6,5. Sedangkan untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB seperti Arab, Perancis, Cina, Rusia atau lainnya nilai dibutuhkan sebesar 550.

Badan Kepegawaian Negara

Badan Kepegawaian Negara juga tidak luput menjadikan syarat wajib bagi pelamar pekerjaan harus melampirkan Toefl. Selain itu besaran nilai yang harus dimiliki nya pun sudah ditentukan batas standar nilai toefl untuk S1 yaitu sebesar 450.

Untuk kelulusan kuliah pada jenjang Sarjana atau S1 dibutuhkan beberapa jurusan diantaranya Manajemen, Akuntansi, Hukum, Administrasi Negara, dan lain sebagainya. Untuk Magister S2 yaitu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen SDM, Administrasi Negara, dan lainya.

Kementerian BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN ini memberikan persyaratan bagi pelamarnya yaitu harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan melampirkan ijaza hasil toefl. Sertifikat tersebut dari lembaga internasional atau lembaga bahasa perguruan tinggi.

Fungsi TOEFL di dunia kerja memang cukup vital, untuk besaran nilai TOEIC yang harus dimiliki minimal 475, TOEFL Paper 450, TOEFL CBT 150, TOEFL IBT 53, IELTS 5. Berikut adalah batasan yang harus Kalian miliki jika ingin melamar kerja disana, perlu diketahui juga bahwa tidak berlaku bagi kelulusan S1 perguruan tinggi luar negeri.

Kemenpan RB

Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh para pelamar kerja di formasi umum kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi harus memiliki ijazah Toefl untuk dijadikan sebagai lampiran. Sedangkan nilai yang harus dimiliki dalam dua tahun terakhir minimal sebesar 450.

Sedangkan untuk melamar formasi Cumlaude harus memiliki nilai Toefl minimal sebesar 450 atau skor IELTS nya 5,0. Untuk pelamar dengan jenis disabilitas besaran Toefl tidak berbeda dengan sebelumnya. Akan tetapi khusus Papua dan Papua Barat sebesar 400 serta IELTS nya 4,5.

Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menetapkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris diwajibkan memiliki serta dibuktikan dengan hasil tes paling tidak masih berlaku hingga Oktober 2018. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Educational Testing Service dengan skor minimal 450.

Skor minimal 450 tersebut merupakan hasil dari Toefl ITP, sedangkan untuk Internet Based Test atau IBT sebesar 53, dan TOEIC 405. Kemampuan bahasa Inggris IELTS harus memiliki nilai 5,0. Sedangkan untuk English Proficiency Test dari balai diklat bahasa lembaga administrasi negara maupun kampus.

Lihat juga:

Pekerjaan Yang Membutuhkan TOEFL

Sebagai contoh, bagi Kalian yang ingin melamar kerja atau mau menjadi salah satu anggota Kementerian Kelautan dan Perikanan silahkan baca pembahasan di bawah ini mengenai pekerjaan yang membutuhkan TOEFL:

Bagian Sekretaris

  • Minimal lulusan S1 semua jurusan
  • Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan lancar
  • Mampu menggunakan MS. Office
  • Mampu bekerja sama tim dengan baik
  • Nilai Toefl minimal 500

Bagian Videografer

  • Lulusan minimal S1 jurusan Desain Grafis
  • Kreatif dan Inovatif
  • Mampu menggunakan DSLR dan drone
  • Mampu membikin storyboard
  • Mampu bekerja sama tim dengan baik
  • Nilai Toefl minimal 500

Bagian Social Media Officer

  • Lulusan minimal S1 semua jurusan
  • Memiliki bekal pengetahuan yang luas perihal media sosial
  • Mampu bekerja sama tim dengan baik
  • Nilai Toefl minimal 500

Bagian Data Analysis

  • Lulusan minimal S1 jurusan Kelautan dan Perikanan
  • Memiliki pengalaman minimal 2-5 tahun pada lembaga riset
  • Maham dengan database
  • Mampu menggunakan MS. Office
  • Mampu bekerja sama tim dengan baik
  • Nilai IPK minimal 3.0 untuk PTN dan 3.5 untuk Swasta
  • Nilai Toefl minimal 500

Itulah tadi ulasan dan pembahasan mengenai pekerjaan dan skor toefl minimal untuk kerja yang harus Kalian miliki. Semoga bermanfaat serta dapat dijadikan pengetahuan ketika hendak mencari pekerjaan.

Tinggalkan komentar