Beranda Business Job

Ukuran dan Contoh Foto Lamaran Kerja: Full Body dan Formal

107

Bagi Kamu yang ingin melamar pekerjaan, tentu diharuskan untuk memenuhi foto lamaran kerja. Tentu saja salah satu persyaratan ini harus diperhatikan dengan benar agar memiliki nilai lebih ketika perusahaan menyeleksinya. Lantas bagaimana ketentuan baik secara umum atau berhijab?

Ketentuan Foto Lamaran Kerja yang Harus Kamu Ketahui

foto lamaran kerja full body

Gambar di atas, terutama pada gambar bagian pertama dan tengah (perempuan) adalah contoh foto full body untuk melamar pramugari.

Pas foto menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ketika sedang mengajukan lamaran kerja. Syarat ini memang sudah umum bagi semua pelamar.

Sayangnya masih ada juga beberapa diantaranya belum mengetahui bagaimana ketentuan dan beberapa larangannya.

1. Terlihat Profesional

Sesuai dengan ketentuan ini, Kamu perlu mengambil foto dengan posisi dari wajah hingga pinggang saja. Harapanya adalah agar sesuai ukuran CV sehingga tidak terlalu memenuhi pada kotak yang umumnya sudah disediakan. Jangan sampai pelamar memasangnya dengan ukuran sangat besar.

Kamu perlu menghindari pengambilan gambar secara full body dimana posisi ini hanya akan memenuhi halaman CV. Tentu saja hal ini dinilai kurang professional sehingga kurang menarik bagi pihak perusahaan untuk meloloskan berkas dokumen tersebut.

2. Perhatikan Pakaian

Lowongan kerja memang bersifat resmi dan formal sehingga tidak memungkinkan untuk memasang foto yang menggunakan pakaian dengan warna terlalu mencolok atau bahkan mengenakan baju terlalu santai. Tentu saja hal ini dinilai kurang sopan bagi pihak perusahaan.

Kamu bisa menyesuaikan berdasarkan ketentuan dari persyaratan. Umumnya pria mengenakan kemeja putih dan jas, wanita menggunakan blazer dan rambut terlihat rapi. Sementara bagi perempuan berhijab bisa memilih warna jilbab gelap dan tidak terlalu mencolok serta kontras dengan background.

3. Hindari Make Up Terlalu Tebal

Tidak hanya pakaian saja, Kamu juga harus memperhatikan penggunaan make up terutama bagi perempuan atau bahkan mewarnai rambut. Nyatanya hal ini menjadi salah satu faktor yang mungkin saja diperhatikan oleh pihak perusahaan dalam meloloskan berkas dokumen di tahapan screening.

Beberapa perusahaan memang memperbolehkan karyawannya untuk memiliki warna rambut selain hitam. Jadi Kamu harus mengetahui latar belakang dari pembuka lowongan pekerjaan sehingga dapat menyesuaikan ketentuan ketika menggunakan pas foto.

4. Memperlihatkan Telinga

foto lamaran kerja tidak berhijab

Bagi perempuan yang tidak memakai hijab, maka wajib hukumnya untuk membuat rambut terlihat rapi sekalipun sudah panjang. Salah satu tipsnya yaitu tetap memperlihatkan telinga agar tampak sopan.

Kamu bisa meletakkan rambut di belakang telinga atau mengikatnya saa agar terlihat rapi. Ada juga pelamar yang memilih untuk menggerainya jika masih pendek namun alangkah lebih baik jika diikat ke belakang.

5. Menggunakan Foto Terbaru

Jangan sampai menggunakan foto yang sudah lama meskipun terlihat good looking. Hal ini bisa membuat penyedia lowongan kerja hanya akan merasa kaget apabila perbedaan wajah dengan aslinya.

Kamu bisa menggunakan foto terbaru yang setidaknya dilakukan pemotretan 2 tahun sebelumnya. Jangan sampai membuat pihak recruiter merasa kaget dengan perbedaannya atau bahkan menganggap pelamar lebih tua aslinya.

6. Menggunakan Background 1 Warna

Kamu bisa menyesuaikan warna background sesuai dengan ketentuan tiap perusahaan. Jangan sampai menampilkan item lainnya sehingga terlihat kurang sopan, tidak menghargai atau bahkan tampak seperti main-main ketika mengirimkan lowongan pekerjaan ini.

Kamu harus memastikan jika di foto tersebut hanya ada Kamu seorang tanpa ada pihak atau barang lainnya. Pastikan juga posisi sudah berada tepat di tengah-tengah sehingga terlihat presisi dan rapi bagi orang yang melihatnya.

7. Konsisten dan Ekspresi Secukupnya

Arti dari konsisten di dalam foto adalah alangkah lebih baik jika Kamu memasang foto yang sama di beberapa akun baik di LinkedIn atau profil pencarian kerja lainnya. Hal ini memudahkan bagi pihak HRD untuk mengenali dan mengetahui lebih lanjut para pelamarnya menggunakan media internet.

Selanjutnya terkait dengan ekspresi, mengingat bahwa pas foto lamaran pekerjaan ini bersifat formal maka wajib bagi Kamu untuk berekspresi secukupnya dan tidak berlebihan. Buatlah impresi yang baik ketika sedang dipotret sehingga hasilnya pun juga bagus.

8. Warna Jilbab bagi Perempuan Berhijab

Kamu harus menyesuaikan warna jilbab dengan pakaian yang dikenakan sekaligus pemilihan latar belakang. Pastikan jika tidak berwarna buram atau bahkan kurang kontras terhadap background. Hal ini hanya akan mengurangi kualitas fotonya saja.

Misalnya jika memilih warna background biru, maka bisa menggunakan jilbab berwarna putih dan hitam agar terlihat kontras. Hal ini pun menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan ketika ingin meloloskan dokumen persyaratan tersebut di tahap screening.

9. Jangan Menggunakan Foto Selfie

Jangan sampai menggunakan foto selfie meskipun terlihat menarik sekalipun. Hal ini hanya akan menunjukkan jika pelamar tidak professional dalam memenuhi persyaratan lowongan pekerjaan. HRD pun juga malas untuk menilainya atau bahkan lebih memilih menghiraukannya saja.

Pihak HRD akan menilai pelamar tidak mau berusaha secara maksimal ketika sedang memenuhi persyaratan lowongan pekerjaan ini. Alangkah lebih baik jika Kamu menggunakan foto secara professional tanpa harus memasang selfie dari smartphone.

10. Pakaian untuk Foto Full Body

Beberapa perusahaan pun juga meminta para pelamar untuk memasang foto full body dimana mereka harus memperlihatkan seluruh badannya. Bagi Kamu yang asing dengan dunia pekerjaan, tentu masih belum banyak menemui ketentuan persyaratan ini.

contoh foto close up tampak samping full body

Bagi perempuan maka jangan menggunakan rok terlalu minim dan berwarna mencolok seperti hijau muda, merah menyala dan biru laut. Sementara pria bisa mengenakan setelan jas lengkap dengan warna formal misalnya hitam dan biru dongker. Tidak lupa juga memakai sepatu pantofel.

11. Posisi Tangan dan Kaki

Kebanyakan posisi tangan dan kaki pada foto full body bisa diatur sedemikian rupa agar tidak terlihat kaku dan bergaya sewajarnya. Gunakan saja saran dari fotografer untuk memberikan rekomendasi terbaik terkait gaya yang dapat dipraktikkan saat pengambilan gambar.

Pria bisa berdiri dengan salah satu kaki dimajukan dengan langkah kecil untuk menunjukkan bahwa badan agak condong. Gaya seperti ini ternyata membuat badan terlihat lebih tinggi. Kamu juga dapat duduk di atas kursi dengan posisi senyaman mungkin.

Ukuran Foto Lamaran

Itulah tadi beberapa ketentuan terkait foto lamaran kerja yang perlu Anda lakukan baik pria, wanita non hijab dan berhijab. Hal ini memang cukup penting untuk diperhatikan karena menjadi nilai tersendiri bagi pihak HRD ketika menilainya.

ukuran foto lamaran kerja

Gambar di atas adalah contoh ukuran foto 2×3, 3×4, atau 4×6 yang biasa digunakan sebagai syarat pemberkasan pada saat melamar. Berupa ukuran foto KTP, ijazah, dan SKCK.

Biasanya perusahaan sudah mengeluarkan ketentuan tersendiri terkait ukuran dari pas foto ini. Jadi Kamu hanya perlu menyesuaikannya saja berdasarkan aturan tersebut. Ada juga lowongan pekerjaan yang belum menentukannya sehingga pelamar harus memikirkannya sendiri.

Ukuran pas foto yang paling direkomendasikan untuk melamar kerja adalah 4×6 tau 2×3. Beberapa HRD di perusahaan ternama biasanya mengatakan 4×6 merupakan pilihan terbaik. Penyedia lowongan pekerjaan akan lebih mudah untuk menilai pribadi calon karyawannya.

Untuk memberikan gambaran yang detail mengenai ukuran foto untuk melamar pekerjaan yang biasanya berbeda satu sama lain, berikut adalah tabel yang bisa diikuti:

Ukuran fotoCentimeter (Cm)Inchi (Inch)
2 x 32,0 x 2,7
3 x 42,80 x 3,80
4 x 63,8 x 5,6
2R5,60 x 8,902 x 3,5
3R8,90 x 12,703,5 x 5
4R10,20 x 15,204 x 6

Ukuran foto menjadi poin utama dari diperlukanya persyaratan ini terutama ketika berkas CV harus dilampirkan. Kamu harus mengaturnya sedemikian rupa agar terlihat rapi dan tidak berlebihan sebelum mengirimkan berkas lamaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here