Beranda Business Job

Tata Cara Mengirim Lamaran KERJA lewat Kantor Pos yang Benar

454

Anda perlu mengetahui beberapa cara mengirim lamaran lewat pos sebelum mengajukannya. Hal ini memang cukup penting karena berpengaruh pada peluang akan penerimaan nantinya.

Sebenarnya pengiriman ini pun sama seperti menggunakan pihak ekspedisi, namun dengan beberapa prosedur yang sedikit berbeda.

Bagaimana Cara Mengirim Lamaran Lewat Pos?

Cara mengirim lamaran lewat pos ternyata tidak jauh berbeda dengan layanan ekspedisi seperti J&T, JNE, Tiki atau lainnya. Hanya saja layanan dari Kantor Pos akan menyediakan biaya serta prosedur pengiriman sesuai kebutuhan masyarakat.

Adapun langkah-langkah cara mengirim lamaran lewat pos yg benar ialah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Berkas Lengkap

Sebelum mengirimnya, tentu harus mempersiapkan berkas dokumen secara lengkap dan rapi. Sebagai pelamar pekerjaan perlu mengeceknya kembali, agar sesuai dengan persyaratan dari perusahaan atau pembuka lowongan. Biasanya mereka akan menentukan jenis pengemasnya.

Kebanyakan dari perusahaan akan mengharuskan pelamar pekerjaan memasukkan lamarannya ke dalam amplop. Pada umumnya Anda juga perlu menyiapkan berkas utama, seperti riwayat hidup, surat lamaran, surat keterangan berkelakuan baik, fotocopy ijazah (pastikan ijazah terdaftar DIKTI), surat kesehatan, kartu identitas dan lain sebagainya.

2. Mengecek Biaya Pengiriman

Selanjutnya juga perlu untuk mengecek biaya pengiriman. Setiap penyedia layanan ekspedisi ini akan menyediakan berbagai tarif pengantaran paket dan dokumen sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan. Biasanya, mereka menyesuaikan berdasarkan atas durasi waktu serta berat barang.

Anda perlu memperhatikan batas waktu penerimaan surat lamaran. Apabila masih lama, maka bisa memilih paket pengiriman dengan harga paling murah guna melakukan penghematan. Namun, jika deadline penerimaan lowongan sudah dekat seharusnya pilihlah tarif mahal sesuai durasi tercepat.

3. Mendatangi Kantor Pos

Cara kirim lamaran lewat pos Indonesia berikutnya yaitu harus mendatangi kantor pos yang sesuai dengan kode pos rumah. Lalu datangi petugas dan menanyakan perihal biaya pengiriman. Sampaikan saja jika ingin mengirim surat lamaran kepada perusahaan dengan kota tujuannya.

Sebaiknya Anda membawa uang pas agar tidak merepotkan petugas kantor pos menyiapkan uang kembalian. Selain itu, usahakan untuk mendatanginya di awal waktu demi menghindari antrian yang cukup lama, mengingat bahwa banyak orang juga perlu mengirimkan paket atau membayar tagihan.

4. Mengecek Menggunakan Nomor Resi

Apabila sudah berhasil membayarkan sejumlah uang sebagai biaya pengiriman, selanjutnya akan mendapatkan nomor resi guna mengecek keberadaan sementara. Pertama, bukalah situs resmi dari kantor pos Indonesia selanjutnya pilih menu melacak kiriman. Terakhir masukkan kode tersebut.

Anda langsung mengetahui keberadaan sementara dari lamaran sebelumnya. Beberapa informasi seperti lokasi, tanggal dan status akan ditampilkan. Namun hal berbeda jika pelamar pekerjaan menggunakan Po Box untuk mengirimkan lamaran, karena harus menunggu perusahaan membukanya.

5. Menunggu Hasil

Jika Anda sudah memastikan bahwa surat lamaran sudah sampai di perusahaan atau penerima lowongan, maka langkah terakhir ialah menunggu hasil. Tentu mereka sudah memberi tahu mengenai tanggal terdekat untuk mengumumkan siapa saja yang lolos dan harus lanjut ke tahap selanjutnya.

Hal paling penting adalah memastikannya bahwa pihak perusahaan telah menerima surat lamaran. Anda hanya bisa menunggu mengenai hasil pengumumannya. Selain itu, jangan lupa untuk mencari lowongan pekerjaan lainnya sehingga bisa melamar ke banyak penerima pekerjaan sekaligus.

Bagi Anda yang belum pernah mengirim lamaran kerja, misalnya CPNS, alfamart, usaha perseroan (PT), ataupun ke instansi pemerintah (BUMN) atau swasta, bisa menyimak video ini.

Agar lamaran lebih cepat sampai, disarankan menggunakan layanan pos kilat. Namun jika belum paham, bisa bertanya kepada petugas terkait cara mengirim lamaran lewat pos express.

Jika kebetulan alamat perusahaan atau instansi memiliki PO BOX, maka lakukan penulisan PO BOX yang benar pada amplop.

Cara Mengemas Surat Lamaran Sebelum Dikirimkan

Apabila Anda sudah mengetahui cara mengirim lamaran lewat pos. Maka sebelumnya juga harus memahami beberapa langkah pengemasan. Beberapa orang berpendapat bahwa hal ini cukup penting, karena berpengaruh untuk menarik minat perusahaan saat membukanya. Berikut ulasannya:

Mengetik Alamat Perusahaan

Sebelum Anda mengirim surat lamaran lewat pos tentunya harus mencantumkan alamat perusahaan sebagai penerimanya. Alangkah lebih baik jika menuliskannya melalui cara pengetikan, karena berhasil menampilkan pelamar pekerjaan yang rapi, bersih dan juga menarik.

Anda bisa mengetikkan alamat perusahaan kemudian mencetaknya menggunakan kertas putih. Selanjutnya baru tempelkan pada amplop surat lamaran. Jangan lupa untuk meletakkannya pada bagian pojok kanan bawah sehingga terlihat rapi dan sopan.

Menulis Tangan Secara Rapi

Apabila Anda memilih untuk menulis surat lamaran mengunakan tulisan tangan maka harus memastikan bahwa orang lain bisa dengan mudah membacanya. Meskipun hal ini tidak dipermasalhkan, asalkan sebagai pelamar pekerjaan juga harus menyesuaikan agar perusahaan menerimanya.

cara mengirim lamaran lewat pos
contoh tata letak penulisan amplop lamaran kerja via pos

Biasanya pihak penerima pekerjaan akan memberikan ketentuan mengenai cara penulisan surat lamaran. Apabila mereka memperbolehkan Anda menulis menggunakan tulisan tangan, maka harus memastikannya terlihat rapi dan orang lain mudah untuk membacanya.

Menggunakan Amplop Coklat yang Bagus

Kebanyakan dari perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan akan menentukan bahan pengemasnya. Biasanya menggunakan amplop berwarna coklat. Sebagai pelamar, Anda perlu menyesuaikan berdasarkan ketentuan dan berusaha tidak menyalahi aturan tersebut.

Selain itu, Anda perlu menggunakan amplop berwarna coklat yang masih baru dan tidak lusuh. Meskipun sepele namun hal ini bisa menunjukkan kesiapan dari pelamar saat mempersiapkan surat lamarannya. Tentu saja masalah ini juga mempengaruhi ketertarikan perusahaan ketika membukanya.

Mengurutkan Isi Dokumen

Hal penting berikutnya yaitu Anda harus memperhatikan juga isi dari surat lamaran. Sebaiknya mengurutkannya sesuai dengan persyaratan dan berkas dokumen. Hal ini bisa memudahkan pembuka lowongan pekerjaan untuk menyeleksi kelengkapannya.

Apabila ukuran dari dokumen tidak seragam, maka Anda bisa meletakkan lampiran yang berukuran paling kecil berada di bagian belakang. Lagi-lagi hal ini akan menunjukkan tingkat kerapian setiap pelamar pekerjaan, bahkan menjadi salah satu faktor dari perusahaan untuk menerimanya.

Menggunakan Penjepit

Setelah memastikan bahwa dokumen di dalamnya sudah urut, maka Anda perlu menggunakan penjepit agar berkas persyaratan tersebut terlihat rapi dan tidak acak-acakan. Perlu diingat jangan memakai dengan warna yang mencolok karena bisa mengurangi kesopanan kepada pihak perusahan.

Lebih baik Anda menggunakan penjepit daripada staples, karena memungkinkan dokumen bisa saja sobek selama pengiriman atau pada saat pengecekan. Sebelumnya pastikan juga bahwa, berkas tersebut sudah urut dan siap dikirimkan kepada pembuka lowongan pekerjaan atau perusahaan.

Menggunakan Plastik untuk Membungkus Foto

Pas photo menjadi salah satu data yang selalu ada dalam semua surat lamaran. Sebelum mengirimnya, Anda perlu membungkusnya menggunakan plastik kemudian menjepitnya pada dokumen di atasnya. Hal ini penting bagi pelamar pekerjaan guna menghindari foto hilang meskipun berada di amplop.

Lihat juga: Contoh Foto Full Body

Anda bisa menggunakan plastik klip yang ukurannya seragam dengan pas photo. Usahakan jangan terlalu besar, karena bisa mengurangi kesan rapi dari pelamar pekerjaan. Selanjutnya tinggal menempelkannya memakai penjepit di atas surat lamaran.

Memasukkan Amplop ke Map

Tidak hanya memasukkanya ke amplop saja, namun Anda juga bisa menggunakan map untuk mengemasnya agar lebih rapi dan aman. Jangan lupa untuk memilih warna yang netral sehingga tetap menunjukkan kesan hormat kepada pihak perusahaan.

Selain itu, Anda bisa memilih map yang tidak begitu berat sehingga dapat mengurangi beban pengiriman menggunakan jasa kantor pos. Terakhir, jangan lupa untuk mengeceknya kembali sebelum mengirim surat lamaran.

Lainnya; Alasan Resign Saat Wawancara Kerja

Anda bisa memahami beberapa cara mengirim lamaran lewat pos sekaligus langkah-langkah mengemasnya. Hal ini berpengaruh kepada ketertarikan perusahaan pada saat membukanya karena menunjukkan kesan rapi dan menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here