Beranda Business Job

Apa itu PO BOX? Cek Ulasannya dan Cara Pengirimannya

157

Sebagian orang saat ini mungkin sering bertanya-tanya apa itu PO BOX pos? Hal seperti ini sudah cukup asing mengingat zaman sekarang proses berkirim surat hingga dokumen dengan cara lama sudah beralih ke metode yang lebih praktis dan modern, yaitu melalui email dan semacamnya.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai PO BOX

Pengguna jasa pengiriman surat konvensional mungkin sudah tidak asing dengan istilah PO BOX. Namun, bagi sebagian kalangan muda, kerap muncul pertanyaan apa itu PO BOX? Simak uraian ini untuk lebih paham mengenai istilah terkait:

1. Pengertian PO BOX

Sederhananya, PO BOX adalah sebuah singkatan dari beberapa kalimat dengan bunyi “Post Office Box”. Dalam Bahasa Indonesia, artinya adalah kotak kantor pos. Bentuknya seperti laci atau lemari serta memiliki kunci dan nomor berbeda-beda dengan tujuan menjamin keamanan isi dari orang lain.

Pemegang kunci dari sebuah PO BOX hanyalah penyewanya. Jadi, ketika seseorang mengirim surat ke kotak ini, pihak pengiriman tidak perlu bersusah payah mencari alamat penerima.

Petugas hanya perlu melakukan sortir dan memasukkannya pada post office box sesuai tujuan yang ada pada surat itu.

apa itu po box adalah

Gambar di atas adalah contoh penulisan pengiriman surat lamaran dengan menyertakan PO BOX 1212 untuk Kota Serang.

2. Cara Penulisan PO BOX Amplop

Nah, bagi Anda yang sudah ingin melakukan pengiriman surat ke PO BOX, sebaiknya ketahui lebih dahulu cara penulisan dengan baik dan benar.

Hal ini tentu bertujuan untuk menghindari kekeliruan atau salah pembacaan oleh pihak penyortir nantinya. Bagaimanakah langkah dan tipsnya? Simak uraian ini:

Perhatikan Penulisan Nama Penerima

Sebelum mengirimkan sebuah surat kepada seseorang, hal yang harus Anda lakukan tentu adalah menuliskan nama penerimanya. Jika tidak, maka pihak pos akan bingung untuk siapakah amplop itu.

Oleh karena itu, bubuhkan nama dengan benar dan jelas. Lebih baik lagi jika bisa secara lengkap.
Dalam menuliskan nama penerima, sebaiknya gunakan pena atau alat tulis permanen lainnya. Hindari penggunaan pensil atau apapun yang nantinya bisa hilang.

Letakkan penulisan pada baris pertama sebelah atas dari alamat tujuan. Usahakan untuk mencantumkan nama depan dan belakang (lengkap).

Tuliskan Alamat Penerima dengan Tepat

Setelah menuliskan nama penerima surat dengan tepat, selanjutnya cantumkanlah alamat secara lengkap. Bentuknya bisa berupa perusahaan tujuan atau sebagainya.

Pastikan agar tidak melakukan kesalahan agar nantinya pesan tidak mendapatkan penanganan yang keliru dan berujung salah alamat.

Seperti halnya pada penulisan nama penerima, sebaiknya gunakanlah tinta permanen seperti pena atau semacamnya yang tidak mudah luntur atau hilang. Tuliskan alamat penerima ini pada bagian depan dan tengah amplop, tepatnya pada posisi yang langsung tampak jelas saat petugas pos menerimanya.

Baca juga: Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar

Jangan Lupa Bubuhkan Nomor PO BOX

Nah, ini adalah salah satu bagian paling penting dalam menuliskan keterangan surat untuk pengiriman ke PO BOX. Jangan sampai lupa untuk mencantumkan nomor PO BOX sesuai dengan kode kotak surat milik penerimanya. Jadi, cari tahu lebih dahulu mengenai informasi ini dari orang yang Anda tuju.

Umumnya kode yang perlu Anda tuliskan adalah “PO BOX” lalu tambahkan dua hingga lima digit angka sesuai dengan laci dari penyewa.

Walaupun begitu, kadang kala ada perbedaan. Contoh PO BOX yang agak berbeda dari aturan ini adalah PO BOX Jakarta 10000.

Tambahkan Alamat Pengirim

Salah satu komponen penting lain dari mengirim surat ke PO BOX adalah adanya alamat pengirim. Layaknya pada pengiriman pesan tanpa kotak pos, keterangan ini memang perlu.

Hal ini berguna untuk beberapa kemungkinan, misalnya jika penerima mengembalikan surat karena suatu alasan kepada Anda.

Penulisan alamat pengirim masih pada bagian yang sama pada amplop, yaitu sebelah depan. Sebaiknya pilih sisi atas kiri dari pembungkus surat itu. Ukuran tulisan sebaiknya tidak lebih besar dari tujuan pengiriman agar tidak ada salah paham. Meskipun begitu, jangan pula sangat kecil dalam pencantuman.

cara penulisan PO BOX amplop

3. Biaya Kirim Surat ke PO BOX

Nah, setelah mengetahui cara penulisan PO BOX yang benar, selanjutnya Anda sudah bisa mengirimkan surat ke alamat tujuan. Namun, ada baiknya lakukan pengecekan biaya kirim lebih dahulu agar nantinya bisa menyiapkan uang sebelum ke kantor pos.

Pada zaman yang semakin canggih ini, Anda bisa melakukan pengecekan tarif melalui website resmi dari kantor pos. Biaya akan bervariasi tergantung pada jarak pengiriman.

Mengenai jumlah uang untuk menyewa sebuah PO BOX, biasanya mulai dari 10 ribu setiap bulan atau sama dengan 120 ribu setahun.

4. Cara Mengirim Lamaran Lewat Pos PO BOX

Jika Anda ingin mendaftar kerja pada sebuah perusahaan dan harus mengirimkan beberapa berkas atau dokumen ke alamat PO BOX, caranya tidak jauh berbeda dengan surat biasa. Jangan lupa untuk memasukkan dokumen ke dalam amplop.

Ketahui lebih jauh dengan membaca artikel-artikel di bawah ini:

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang dapat menjawab pertanyaan “apa itu PO BOX pos?”. Jika Anda masih penasaran bisa melakukan tanya jawab dengan pihak pos atau dengan orang yang sudah berpengalaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here