Sales Mayora: Ulasan Lengkap tentang Tugas, MDP, dan Jenis

Mayora merupakan perusahaan terkemuka Indonesia. Saat ini dikenal sebagai perusahaan yang fokus pada produk makanan dan minuman. Produk Mayora di pasaran sangat banyak yang terkenal seperti biskuit, kembang gula, wafer, cokelat, kopi, dan minuman kesehatan. Untuk lowongan pekerjaan, salah satu yang menarik diketahui adalah posisi, tanggung jawab, dan tugas sales Mayora.

PT Mayora Indah Tbk yang sudah beroperasi sejak 1977, produk-produknya memang sudah sangat familiar di mata masyarakat Indonesia. Berkarir di perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) seperti Mayora tentu merupakan peluang yang bagus.

Sebab produknya telah dicintai dan lekat di masyarat. Selain itu, perusahaannya sudah sangat besar dan jenjang karir yang sangat baik.

Tugas Sales Mayora

tugas sales mayora

Hampir setiap saat, PT Mayora Indah Tbk membuka kesempatan kerja, baik yang diumumkan lewat website resmi, website pencari kerja, event job fair, ataupun rekrutmen yang dilakukan di kampus-kampus.

Apalagi dalam proses dan manajemen rekrutmen karyawan PT Mayora Indah Tbk telah membuat Mayora Development Program (MDP).

Secara singkat MDP dimaksudkan untuk menjaring calon-calon karyawan unggul Mayora di level middle manager. Di MDP, selain posisi sebagai sales, juga ada divisi supply chain, factory, system support, dan operation (finance).

Tugas utama sales di perusahaan secara umum adalah dituntut untuk melakukan penjualan produk, melakukan rekap hasil penjualan, membuat strategi atau rencana penjualan kedepannya, membangun relasi, dan berusaha menjamin kepuasan pelanggan.

Sehingga, untuk tugas sales Mayora ini biasanya sangat bergantung pada posisi sales yang ada. Sebab ada beberapa jenis sales di Mayora, seperti salesman lapangan (kanvas, motoris) mayora, area sales supervisor, dan regional sales promotion manager (RSPM).

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Canvas Mayora

Tantangan pekerjaan sebagai sales adalah bagaimana meningkatkan penjualan, sehingga salah satu ujung tombaknya adalah para sales kanvas (canvassing).

Tugas para salesman kanvas adalah berkunjung langsung ke pelanggan target. Para salesmen kanvas juga dituntut untuk mudah bergaul dan memasarkan produk.

Mereka juga bertugas dalam kegiatan memgambil dan menerima pemesanan serta pembayaran dari pelanggan.

Tugas dan Tanggung Jawab Area Sales Supervisor Mayora

Berikut ini tugas dan tanggung jawab dari Area Sales Supervisor Mayora, diantaranya:
Melakukan monitoring pada strategi, promosi, dan distribusi penjualan apakah telah mencapai target atau tidak.

  • Melakukan kontrol kepada para salesmen lapangan.
  • Melakukan monitor pada tagihan ataupun pembayaran.
  • Membina para salesman dengan melakukan pendampingan dan pelatihan (mentoring and coaching).
  • Mengembangkan area pemasaran di wilayah kerjanya agar berkembang dan produk terdistribusi merata.

Tugas Regional Sales Promotion Manager Mayora

Posisi ini lebih tinggi lagi dibandingkan jenis sales sebelumnya. Jika sebelumnya Sales supervisor hanya bertanggung jawab pada area tertentu, misalnya hanya bertugas di wilayah Pekanbaru, maka Regional Sales Promotion Manager bertanggung jawab pada cakupan lebih luas, misal pada Provinsi Riau.

Ketahui juga:

Sehingga tugas umum dari regional sales promotion adalah memastikan para area sales mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan.

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar