Beranda Business Job

Tugas Helper Gudang Alfamart dan Indomaret

199

Bagi Kamu yang belum mengetahui apa saja tugas helper Alfamart dan Indomaret, pasti masih asing dengan istilah pekerjaan ini. Mereka bekerja untuk mematikan jika gudang barang mendapatkan supply memadai.

Pekerja di jabatan ini juga bertugas menjaga segala aktivitas keluar masuknya barang dari gudang (warehouse).

Tugas Helper Alfamart dan Indomaret serta Tanggung Jawabnya

Helper gudang ini memang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Posisi pekerjaan ini akan bertugas untuk membantu keperluan barang yang ada di sebuah perusahaan seperti Alfamart dan Indomaret. Mereka juga memastikan agar kondisi produk selalu baik. Lantas apa saja tugas lainnya?

1. Bongkar Muat Barang

Tugas Helper Alfamart

Beberapa perusahaan besar termasuk swalayan retail tentu tidak asing lagi dengan bongkar muat barang ini. Memperhatikan segala aktivitas keluar masuknya produk menjadi tugas utama dari seorang helper gudang ini.

Tidak sekedar memasukkan barang ke gudang, pengecekan stok terkait kesesuaian invoice juga menjadi salah satu cara kerja helper Alfamart dan Indomaret ini. Mereka harus memastikan bahwa tidak akan data keliru dan membuat persediaan menjadi berantakan.

2. Rekap Aktivitas Barang Keluar Masuk

Setiap harinya, pasti akan ada barang yang masuk dan keluar. Hal ini menjadi tugas bagi seorang helper gudang untuk merekam segala aktivitas produk ini. Tujuannya agar mereka bisa memastikan bahwa persediaan memang sudah sesuai serta menjadi laporan kepada pihak atasan.

Tugas ini mengharuskan seorang helper harus teliti dan bekerja secara detail untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab helper Indomaret atau Alfamart.

Pasalnya, arus barang yang masuk dan keluarpun bermacam-macam sehingga jangan heran jika mereka harus melakukan pekerjaan dua kali agar memastikan tidak ada kekeliruan.

3. Persiapan, Pengepakan dan Cek Stok Barang

Orang-orang yang berada di dalam gudang bertugas untuk membantu divisi lainnya jika sedang memerlukan barang tertentu. Hal ini pun juga menjadi pekerjaan dari seorang helper ketika melakukan pengepakan, persiapan pengiriman sampai pengecekan stok sehingga diketahui jumlah kurangnya.

Bisa dikatakan bahwa tugas helper gudang ini sebagai penanggung jawab dari sebuah gudang penyimpanan barang pada perusahaan. Mulai dari menerima permintaan produk hingga mengirimnya, semua menjadi tugas pekerjaan ini.

Baca juga:

4. Administrasi Barang dalam Gudang

Perusahaan besar pada dasarnya mempunyai sistem perhitungan barang mulai dari masuk hingga keluar untuk didistribusikan kembali. Pencatatan ini biasanya dimasukkan ke dalam perangkat lunak komputer dimana jumlah stoknya harus sama seperti yang ada di lapangan.

Sistem administrasi ini sudah menjadi patokan bagi sebuah perusahaan kapan mereka harus membeli, memproduksi barang atau menahan laju produksi apabila stok masih dalam keadaan banyak dan tidak sebanding dengan permintaan.

Helper memegang posisi penting di dalam arus pergerakan produk.

5. Pembuatan Laporan Bulanan

Pembuatan laporan ini biasanya disesuaikan berdasarkan kebijakan perusahaan. Ada yang ditulis secara harian, mingguan sampai bulanan. Seorang helper akan memiliki tanggung jawab dalam hal ini yakni membuat rekap atas ketersediaan stok barang sesuai dengan keadaan lapangan.

Pembuatan laporan ini tentu hanya bisa dilakukan oleh orang yang memang memiliki pengetahuan lengkap atas ketersediaan barang. Seorang helper haruslah paham akan arus pergerakan dari produk baik diterima maupun didistribusikan.

6. Pelaksanaan Stock Opname

Stock opname nyatanya menjadi hal yang cukup menjengkelkan bagi orang-orang di dalam gudang. Pasalnya semua barang perlu dilakukan perhitungan ulang secara berkala untuk menyesuaikan seperti dalam administrasi sehingga meminimalkan terjadinya kesalahan.

Perhitungan ulang ini tentu memerlukan durasi yang tidak sedikit sehingga seorang helper akan menghabiskan waktu bahkan seharian untuk menyelesaikan stock opname.

Mereka juga harus bekerja secara teliti agar pengecekan ini bisa dilakukan secara maksimal.

7. Pemisahan Barang Rusak

Bukan hanya sekedar menerima barang masuk dan mendistribusikannya kembali, helper juga bertanggung jawab untuk memisahkan produk yang rusak atau tidak lulus seleksi.

Nantinya akan dikembalikan pada pihak pabrik lagi atau bisa juga menjualnya ke toko dan outlet penjualan.

Mereka pun juga bertanggung jawab dalam mengecek kondisi barang sebelum dipasarkan atau biasa disebut dengan quality control. Hal ini pun nantinya juga harus masuk ke dalam laporan administrasi gudang.

Baca juga: Cara Melamar kerja di Alfamart yang Mudah

8. Sortir dan Penataan Barang serta Kebersihan Gudang

Tentu akan ada banyak sekali jenis barang yang terdapat di dalam gudang. Hal ini pun menjadi tugas dari seorang helper untuk melakukan sortir dan penataan barang sesuai dengan jenis dan kategorinya. Mereka juga harus memastikan bahwa telah menatanya secara rapi.

Tidak hanya penataan saja, kebersihan di dalam gudang juga menjadi tugas dari seorang helper.

Jangan sampai keadaan justru dipenuhi dengan tumpukan barang yang tidak rapi sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja.

Demikian ulasan mengenai tugas helper Alfamart dan Indomaret yang perlu Kamu ketahui. Pekerjaan ini memang masih terdengar asing bagi kebanyakan orang, namun nyatanya tanggung jawabnya bisa dikatakan cukup besar untuk mengelola ketersediaan barang dalam gudang perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here