Sebelum Bergabung, Pahami Apa Saja Tugas Pramuniaga Indomaret

Indomaret merupakan salah satu swalayan yang memiliki cabang hampir seluruh pelosok Indonesia, di dalamnya tentu memiliki beberapa struktur kepegawaian. Sebelum mengajukan surat lamaran, sebaiknya pahami tugas pramuniaga indomaret/alfamart terlebih dahulu.

Pengertian Pramuniaga

Disebutkan dalam KBBI bahwa pramuniaga adalah karyawan perusahaan dagang bertugas melayani konsumen atau biasa dikenal dengan pelayan toko. Anda akan menemukannya saat berbelanja di swalayan yang siap membantu konsumen saat kebingungan mencari suatu barang.

Orang yang berprofesi sebagai pramuniaga biasanya mengenakan baju seragam rapi dan sopan dengan tambahan name tag.

Tujuannya agar konsumen lebih nyaman saat berbelanja. Sebagian besar syaratnya adalah good looking dan bisa berkomunikasi di depan umum dengan baik.

Selain melayani pelanggan terdapat tugas lain yaitu menata dan membereskan barang-barang yang ada di rak.

Terdapat kriteria khusus agar disukai pelanggan seperti sabar saat, ramah, sopan, cekatan, cerdas dalam mempengaruhi calon pembeli, dan mahir.

Biasanya pramuniaga di swalayan ini dikelompokkan dalam crew store. Simak juga pengertian dan tugas crew store.

Tugas Pramuniaga Indomaret/Alfamart

tugas pramuniaga indomaret alfamart

Kepuasan dan kenyamanan konsumen merupakan tujuan akhir profesi ini, semakin banyak yang puas dengan pelayanannya maka meningkatkan pendapatan toko sehingga memberi kesempatan kenaikan gaji. Berikut ini ulasan untuk menjawab pertanyaan apa saja tugas pramuniaga Indomaret:

1. Melakukan Update Harga

Setiap barang yang ditaruh pada rak display harus tercantum label harga guna memudahkan pelanggan saat akan membelinya. Jika stok kosong maka akan diisi kalimat yang menyatakan “maaf stok kosong” dengan peletakan menutup nominalnya.

Label yang ada di Indomaret terdapat dua jenis yaitu berwarna putih untuk harga normal, sedangkan kuning sebagai penanda sedang ada promo tanda lainnya biasanya akan dicoret pada nominal aslinya. Sebagai pelanggan penting mengatasinya supaya tidak membuat pengeluaran membengkak.

2.Membuka dan Menutup Toko

Setiap jam yang sudah ditentukan pramuniaga akan membuka dan menutup toko, untuk itu mereka harus masuk tepat waktu serta tidak boleh terlambat. Tugas lainnya adalah membersihkan beberapa area penting seperti dalam swalayan, teras, toilet, dan gudang.

Pekerjaan ini dilakukan dengan sistem shift, setiap akan memulai maka tugasnya membersihkan tempat-tempat sesuai ketentuan. Selain bagian toko area parkiran juga harus dirapikan dan dibersihkan dari sampah-sampah yang berserakan agar terlihat lebih rapi.

3. Memisahkan yang Mendekati Masa Expired

Sistem pemajangan barang adalah FIFO (First in First Out) yaitu produk yang datang awal ditaruh di paling depan. Tujuannya untuk menghindari expired agar tidak terjadi komplain dari pelanggan, jika sudah mendekati masa tenggangnya akan dipisahkan biasanya ditawarkan dengan diskon besar.

Barang-barang tersebut sebenarnya masih layak, namun untuk menghindari terjadinya expired dan terbuang begitu saja dilakukan dan penawaran dengan harga rendah. Cara kerja pramuniaga indomaret harus cekatan dan selalu ramah saat melayani pelanggan meski banyak permintaan.

4. Mengatur Tata Letak

Mengatur tata letak dengan rapi merupakan tugas yang harus dikerjakan. Penempatannya juga tidak boleh sembarangan karena sudah ada SOP. Mereka juga harus memperhatikan update harga terbaru jika sedang turun atau naik label akan diganti dengan yang baru.

Pramuniaga yang baik dituntut untuk selalu ramah dan memiliki good vibes kepada para pelanggan yang berkunjung tidak peduli meski suasana hati sedang tidak baik karena banyak masalah. Selain itu juga harus menjaga sopan santunnya kepada semua orang termasuk teman sekantornya.

5. Melayani Kebutuhan Pelanggan

Tugas pramuniaga indomaret paling utama adalah melayani kebutuhan pelanggan dengan baik. Mereka akan menanyakan apa yang ingin dicari, jika tidak mengetahui peletakannya maka akan menunjukkan dimana rak yang benar untuk memudahkannya.

Kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama untuk menjaga kepercayaan mereka. Situasi seperti ini yang akan menguntungkan pemilik usaha sehingga nantinya berdampak pada jumlah gaji seorang pramuniaga. Mereka dituntut profesional dengan membedakan masalah pribadi dan pekerjaan.

6. Menjalankan SO (Stok Opnam) Harian maupun Mingguan

Kegiatan ini adalah menyamakan antara stok barang yang ada di komputer dengan ketersediaan secara fisik baik di gudang maupun dalam toko. Jenis produk ini cenderung berharga mahal dan rawan hilang seperti susu formula, kosmetik,minyak wangi, keju kotak,dan obat-obatan.

Jika terjadi selisih antara stock asli dan yang ada di komputer maka bisa segera melapor kepada pimpinan shift untuk ditindak lanjuti. Menjalankan kegiatan ini bisa dilakukan setiap hari atau mingguan tergantung kebijakan setiap cabangnya dengan tujuan mengetahui perputaran barang.

7. Responsif Terhadap Konsumen

Pelayanan responsif menunjang kepuasan pelanggan, karena biasanya mereka kesulitan mencari produk yang diinginkan karena baru pertama berbelanja ke Indomaret. Meski tidak pengunjung tidak bertanya secara langsung, jika mereka terlihat kebingungan maka pramuniaga dituntut peka.

Meski pengunjung menguji kesabaran, seorang pramuniaga dituntut untuk selalu tersenyum dan ramah. Tindakan ini menjadi nilai plus dimata konsumen, jadi mereka akan merasa diprioritaskan. Manfaatnya akan berkunjung lagi dan mempercayakan segala kebutuhannya di Indomaret.

8. Membuat Laporan

Laporan dibuat untuk mendata penjualan setiap produk yang ada di dalam swalayan Indomaret. Ketelitian diperlukan agar data yang disajikan tidak terjadi kesalahan. Penyajiannya dibuat serapi mungkin dan dibeda-bedakan sesuai jenisnya untuk menghindari terjadinya rancu.

Menjadi pramuniaga di Indomaret memiliki spesifikasi khusus minimal lulusan SMA sederajat. Beberapa cabang sudah menjalin kerjasama dengan instansi seperti SMK untuk jurusan tertentu, dari segi penampilan harus sesuai SOP yang berlaku seperti harus wangi, rapi, dan sopan.

Lihat lebih detail: Cara Melamar kerja di Alfamart Online Offline

Berapa Kisaran Gaji Pramuniaga Indomaret?

Salah satu posisi yang dibutuhkan adalah pramuniaga syaratnya yaitu pendidikan minimal SMA/SMK, usia maksimal 25 tahun, dan tinggi sekitar 160 cm. Jika memenuhi persyaratan maka dapat mengirim surat lamaran ke Indomaret cabang yang sedang membuka posisi ini.

Gaji pramuniaga Indomaret yaitu sekitar Rp. 1,5 – 2,7 juta setiap bulannya jika kinerja bagus maka bisa naik jabatan. Kelengkapan berkas yang haru dilampirkan berupa pas foto, fotocopy kartu sehat, KTP, ijazah terakhir, SKCK, dan kartu keluarga.

Lihat juga: Contoh Foto Full Body Lamaran Kerja

Gerai Indomaret atau Alfamart sudah tersebar di berbagai daerah sehingga membuka peluang kerja bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan dengan gaji cukup besar. Sistem sift diberlakukan yaitu pagi dan malam, kalian bisa memilih sesuai keinginan.

Itulah penjelasan terkait tugas pramuniaga indomaret perlu kalian ketahui terutama yang ingin melamar jabatan satu ini. Terkait gaji berbeda-beda setiap bidangnya tergantung resiko serta tingkat kesulitannya.

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar