Beranda Business Job

Tugas Steward Restoran dan Hotel

200

Nyatanya masih banyak jenis pekerjaan belum diketahui oleh kebanyakan masyarakat. Bagi Kamu yang sering menggunakan layanan hotel dan restoran, maka bisa saja bertemu dengan seorang pengontrol di lingkungan dapur dan pengolahan masakan. Lantas apa sebenarnya tugas steward?

Apa Itu Steward dan Stewarding?

Steward merupakan pelayanan atau jabatan seseorang yang mengurusi alat-alat dapur di restaurant dan hotel. Mereka akan memastikan kebersihan dan juga kelengkapan semua peralatan memasak. Semua pekerjaan ini harus dilakukan secara hygiene demi menjaga kesehatan konsumen.

Sementara stewarding adalah salah satu divisi yang sudah lama ada di dalam restoran dan hotel. Departemen ini bisa dikatakan sangat penting pasalnya berpengaruh dengan bagian pekerjaan lainnya. Fungsi kerjanya adalah untuk mengurusi semua peralatan memasak bagi petugas masaknya.

Sebagai pekerja yang mengutamakan kebersihan lingkungan terutama di daerah memasak agar terhindar dari gangguan kesehatan, maka akan ada pembekalan terlebih dahulu kepada steward ini. Tujuannya agar mereka mengetahui tugas dari steward sendiri dan pengaruh terhadap divisi lainnya.

Apa saja Tugas dari Steward?

Steward bisa dikatakan sebagai pendukung kegiatan di dalam area memasak khususnya di hotel dan restaurant. Keduanya sama-sama memiliki peran yang serupa dimana bertugas untuk mengupayakan kebersihan lingkungan kerja agar terhindar dari gangguan mikroba atau sumber penyakit lainnya.

tugas steward restoran

1. Requisition

Steward perlu mendaftar segala permintaan yang diperlukan. Umumnya mereka akan menerima daftar ini dari orang-orang di dapur. Tentu saja peralatanya tidak akan jauh-jauh dari peralatan masak seperti penggorengan, spatula hingga alat-alat canggih lainnya seperti deep fat fryer dan meat grinder.

Tugas steward hotel yaitu mengecek secara rutin dan berkala mengenai daftar barang yang diminta oleh chef atau co chef lainnya. Tentunya mereka tidak akan langsung menerima permintaan melainkan harus mengecek ulang terkait peralatan tersebut sehingga meminimalkan adanya pemborosan.

2. Distribution

Steward juga perlu melakukan distribusi terkait kebutuhan yang diperlukan oleh para chef di dapur hotel atau restoran. Artinya mereka harus menerima peralatan dari pihak produsen agar sampai ke petugas dapur secara langsung.

Ada beberapa tahapan seperti penyortiran untuk memastikan kualitas produk.

Distribusi umumnya dilakukan setelah steward sudah memesan ke produsen sesuai dengan permintaan yang ada. Biasanya tugas steward restoran ini dilakukan secara rutin seperti tiga bulan sekali asalkan semua peralatan memang masih tercukupi jumlahnya dan cukup baik selama digunakan.

3. Storing

Tentu Kamu mengetahui bahwa segala jenis peralatan masak tidak akan disimpan secara sembarangan. Beberapa alat yang terbuat dari material tertentu pasti memerlukan area penyimpanan khusus untuk menjaga daya tahan pemakaiannya. Hal ini juga menjadi tugas seorang steward.

Misalnya pantry terbuka yang umumnya berada di sudut ruangan. Steward akan menggunakan area penyimpanan ini untuk menyimpan beberapa peralatan seperti piring, mangkok dan gelas lainnya. Sementara bahan makanan kaleng-kalengan biasanya disimpan di dalam peti berkayu.

Simak juga: Tugas Cook Helper dan Kisaran Gajinya

4. Cleaning & Washing

Jangan mengira jika proses pembersihan peralatan memasak akan dilakukan asal-asalan. Seorang steward harus memahami konsep hygiene sanitasi untuk memastikan tidak ada mikroorganisme yang tertinggal di alat-alat tersebut setelah dicuci.

Hal ini bisa dimulai dari pemilihan sumber air bersihnya. Pembersihan dapur skala industri ini biasa disebut dengan deep clean kitchen dimana berfungsi untuk menjaga kebersihan dan memastikan selalu higienis.

Tidak hanya peralatan memasak saja, seorang steward juga harus menjamin jika perabotan lain seperti jendela dan kompor juga selalu bersih.

5. Restocking

Sama seperti sebelumnya, restocking ini dilakukan untuk penyetokan ulang mengenai peralatan masak yang setiap bulannya tentu mengalami kerusakan atau kekurangan jumlahnya. Petugas dapur di hotel dan restoran pasti akan memerlukan hal ini demi memaksimalkan pekerjaan mereka.

Fungsi ini hampir serupa seperti requisition dimana Steward harus menyetok ulang alat-alat masak sesuai dengan permintaan chef dan petugas lainnya. Kamu perlu mengetahui bahwa setiap bulan masing-masing peralatan ini tentu mengalami penurunan kualitasnya atau berkurang jumlahnya.

6. Inventory dan Repair

Setiap Steward harus memastikan bahwa semua peralatan, bahan mentah dan lingkungan bisa dibilang terjamin untuk menyediakan fungsi kerja bagi chef dan petugas memasak yang optimal. Ketersediaan alat-alat ini perlu dipastikan selalu tersedia baik jumlahnya dan kebersihannya.

Tidak hanya memastikan ketersediaan saja, seorang Steward juga harus memberikan langkah perbaikan pada alat-alat besar seperti pemanggang, oven atau mesin pendingin.

Terlebih jika peralatan tersebut memang sudah dipakai beberapa tahun dimana sudah dipastikan mutunya menurun.

Itulah tadi ulasan mengenai tugas steward yang perlu diketahui. Pekerjaan ini memang tidak banyak diketahui lantaran banyak menghabiskan waktu di belakang layar atau kurang bertatap muka secara langsung oleh pengunjung seperti di restoran besar, hotel dan juga beberapa industri lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here