Pengertian Member Relation Officer (MRO) Alfamart serta Tugas dan Gaji

Dalam dunia perdagangan atau jual beli, pastilah ada aspek yang perlu untuk diperhatikan. Seperti halnya mempertahankan usaha agar selalu laku dan menarik di mata pembeli. Begitu pula dengan UMKM. Dalam hal ini, ada baiknya Anda mengetahui pengertian dari apa itu member relation officer.

Mengenal Member Relation Officer

member relation officer mro alfamart

Member relation officer adalah sebuah posisi dimana tugasnya adalah membangun hubungan. Ini adalah sebuah cara untuk menjaga suatu hubungan baik.

Biasanya hal ini berkaitan erat dengan dunia perbankan, koperasi atau bahkan masalah kredit.

Dalam posisi ini, seseorang akan melibatkannya dengan sistem marketing. Nah, tidak heran bila dalam dunia marketing seseorang yang bertugas menjadi relation officer bertujuan untuk membangun serta menjaga suatu hubungan baik antar nasabahnya.

Dengan kata lain, sudah menjadi sebuah tanggung jawab bagi mereka untuk menjembatani perusahaan dengan masyarakat secara baik.

Berasal dari kata relation / relationship yang berarti sebuah hubungan atau relasi. Sebagai relation officer, Anda dituntut untuk bisa melaksanakan kewajiban dengan baik.

Dengan berkomunikasi secara baik antar masyarakat melalui sistem pelayanan seperti customer service.

Apa itu MRO Alfamart?

Dalam menjalankan tanggung jawab perusahaan, Alfamart kini telah resmi memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan juga menengah atau UMKM serta para pedagang tradisional dengan adanya sistem keanggotaan melalui program yang bernama Outlet Binaan Alfamart atau OBA.

Secara teknis, yang melakukan pendataan atau mengajak para pedagang tradisional sekitar toko untuk bergabung menjadi salah satu bagian dari OBA (Outlet Binaan Alfamart) ialah member relations officer atau sebagai MRO.

Program ini bukanlah tanpa tujuan pasti.

Pihak corporate affairs director dari Alfamart menyatakan, bahwa yang telah menjadi member nanti akan memperoleh berbagai macam kemudahan.

Seperti halnya dalam penyediaan pasokan barang-barang berkualitas dan juga bisa memesan barang ke Alfamart.

Para pedagang nantinya juga akan diajak untuk mengikuti pelatihan manajemen ritel modern.

Hal ini berkaitan secara langsung dengan menatar barang, cash flow, pengetahuan terkait produk sampai dengan melayani konsumen secara baik.

Perusahaan juga akan memberikan bantuan berupa bedah warung, agar tampilan fisiknya bagus.

Tugas MRO Alfamart

Berbicara mengenai tugas dari MRO atau member relation officer di Alfamart, hal semacam itu berkaitan erat dengan yang namanya dunia marketing.

Tugas bagi Anda yang melamar menjadi MRO yaitu, melakukan penjualan barang dagangan milik perusahaan dengan sistem serta metode khusus.

Hal tersebut menjadi salesman, jadi Anda akan menjual barang dagangan milik perusahaan dengan baik bak orang marketing / sales.

Tentu saja harga yang dipatok juga akan berbeda dengan harga penjualan di toko. Tujuannya agar dapat mencapai target / volume penjualan.

Peningkatan target atau volume penjualan tersebut melalui STD atau merupakan kependekan dari Struk Per Day.

Pihak Alfamart juga membuka lowongan pekerjaan dalam hal ini, bahkan semua lulusan universitas mendapatkan kesempatan bekerja sebagai member relation officer.

Gaji MRO Alfamart

Berbicara mengenai gaji MRO (Member Relation Officer) di Alfamart, hampir keseluruhan pegawai biasanya mendapatkan gaji sesuai dengan UMR.

Apalagi bagi Anda yang bekerja di daerah ibu kota Jakarta yang rangenya bisa mencapai sekitar 3,8 jutaan sampai dengan 4,2 juta.

Namun, untuk gaji tiap bulan dari crew Alfamart sekitar 1,7 jutaan. Hal tersebut sudah berlaku untuk semua karyawan yang bekerja di sana dan sudah aturan pasti.

Tidak kurang dan tidak bertambah, akan tetapi bagi seorang MRO yang bertugas menjadi salesman atau dalam bidang marketing.

Biasanya mereka akan mendapatkan sebuah gaji yang khusus, atau paling tidak sebagai upah tambahan atas kerja keras crew menjual dagangan perusahaan.

Simak pula: Tugas Helper Alfamart atau Indomaret

Itu semua juga bergantung dengan pihak Alfamartnya. Karena tidak semua menerapkan konsep seperti itu.

Tugas dan Tanggung Jawab Business Relation Officer secara Umum

Setelah mengetahui beberapa penjelasan terkait MRO di Alfamart, kini saatnya mengetahui juga apa saja tugas serta tanggung jawab bisnis dari relation officer pada umumnya.

Dengan begitu, sebagai karyawan akan bisa mempelajari tugasnya secara baik dan benar.

1. Menganalisa Potensi Pasar dan Berperan Menjadi Sales Marketing

Salah satu tugas dan tanggung jawab dari seorang relation officer ialah melakukan analisa potensi pasar terlebih dahulu.

Dengan hal tersebut, Anda wajib untuk tahu terkait nasabah yang potensial. Tidak hanya itu saja, tugas lainnya ialah berperan menjadi salesman dan marketing.

Relation officer juga memiliki peran tertentu dalam bidang sales dan marketing.

Dalam perusahaan kecil, posisi ini biasanya juga sebagai sales marketing atau ujung tombak dari perusahaan tersebut. Namun, ada yang bertugas membantu sales dengan tujuan dan juga target yang sama.

2. Menjalin Hubungan Baik dan Memberikan Pengenalan Produk Secara Baik

Kemudian, yang namanya relation officer tentu saja harus mampu untuk menjaga serta menjalin hubungan secara baik dengan masyarakat.

Baik posisi Anda tersebut sebagai perwakilan dari perusahaan ke perusahaan lainnya atau kepada klien dan pelanggan.

Tidak hanya itu saja, menjadi seorang relation officer juga harus memiliki skill untuk dapat melakukan pengenalan produk secara baik dan benar.

Baik itu produk kredit maupun lainnya kepada pihak nasabah / pelanggan potensial.

3. Mencapai Target dan Menganalisa Resiko Bisnis Kredit

Sebagai salah satu visi dan misi perusahaan atau ujung tombak, semuanya pasti ada target tertentu yang pihak perusahaan tetapkan kepada para karyawan posisi relation officer.

Target tersebut sudah seharusnya tercapai bersama-sama dengan para divisi dari sales dan marketing.

Kemudian, menjadi seorang relation officer itu juga harus mampu dalam menganalisa resiko bisnis kredit.

Baca juga: Crew Store Alfamart: Tugas dan Kisaran Gaji

Hal tersebut memiliki tujuan agar perusahaan bisa mengetahui resiko bisnis kredit kedepannya bagaimana. Jadi, karyawan sudah seharusnya bisa analisa pelanggan potensial.

Seperti itulah ulasan mengenai member relation officer. Beserta dengan penjelasan terkait pengertian, tugas dan gaji dari MRO Alfamart yang perlu Anda ketahui.

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar