Beranda Education

Contoh Perkenalan Diri saat Interview dalam Bahasa Inggris dan Artinya

250

Interview atau wawancara dalam mencari pekerjaan menjadi tahap paling penting karena sebagai kunci lolos atau tidaknya diantara pesaing lainnya.

Penggunaan bahasa asing menjadi nilai tambah pada tahap tersebut, maka dari itu contoh cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris saat interview dan artinya perlu dipelajari sebagai bentuk persiapan matang.

Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Interview Kerja dan Artinya

Dalam tahap wawancara, memperkenalkan diri menjadi bagian pembuka terlogis saat sebelum menjawab beberapa pertanyaan selanjutnya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa komponen perkenalan diri dalam bahasa Inggris saat interview dan artinya, semoga bermanfaat.

memperkenalkan diri dalam bahasa inggris saat interview dan artinya

1. Salam Pembuka dalam Bahasa Inggris Greeting

Salah satu komponen yang memang dibutuhkan saat mengawali sebuah percakapan. Mulai lah dengan “Good Morning, Sir….” Yang artinya selamat pagi Pak. Waktu pagi maksimal jam 11.00. Karena dalam pelajaran bahasa Inggris mengikuti aturan waktu disana. Lalu gunakan “Good Afternoon…”.

Afternoon berarti selamat siang, bisa juga “Good Day..” tetapi lebih sopan afternoon, maksimalnya jam 16.00. Jika memungkinkan malam “Good Evening…” artinya selamat petang, dimulai jam 17.00 sampai akan tidur. Berbeda dengan selamat malam, karena “Good Night” digunakan saat sebelum tidur.

2. Data Diri secara Singkat

Data diri yang pertama pastinya nama, pengucapannya mudah saja “My Name is…” yang artinya nama saya adalah. Lalu, kedua harus ada umur, langsung saja gabungkan setelah penyebutan nama, yaitu “I am… years old” memiliki arti saya berumur … tahun.

Setelahnya, sebutkan dimana Anda tinggal. Ucapkan saja “I live at…” (saya tinggal di…) tidak perlu alamat lengkap. Contohnya jika digabung semua adalah “My Name is Desi. I am 25 years old and I live at Semarang“, yang memiliki arti nama saya Desi, berumur 25 tahun dan saya tinggal di Semarang. Anda hanya perlu tenang jangan terlalu gugup.

3. Dari Lulusan Universitas atau Lembaga Pendidikan Mana

Pengucapannya biasa digabungkan dengan lulusan dari jurusan apa. Hati-hati dalam pemilihan setiap kata bahasa Inggrisnya karena bisa jadi sandungan tidak terlihat saat mengikuti sebuah interview. Tahap pertama di perkenalan menjadi bagian terpenting tetapi teriskan. Kuncinya jangan gugup.

Contoh pengucapannya adalah “I had been granted Bachelor degree from Diponegoro University through Economics Education Department” yang artinya saya telah diberikan gelar sarjana dari Universitas Diponegoro melalui jurusan pendidikan ekonomi. Bisa juga menggunakan kalimat lainnya.

4. Sebutkan Pengalaman Kerja

Pekerjaan apapun yang pernah Anda lakukan sebutkan saja. Tidak harus sesuai dengan jurusan, karena sebenarnya perusahaan akan lebih condong kepada pelamar dengan pengalaman kerja. Praktek kerja atau magang juga bisa disebutkan, jangan ada ragu di setiap kalimat. Yakinlah agar segalanya tepat.

Bisa ucapkan “I had been working at Sinar Jaya company as an Internship employee”, ucapan ini bisa digunakan untuk pengalaman magang yang artinya, saya pernah bekerja di perusahaan Sinar Jaya sebagai karyawan magang. Jika bukan magang, hilangkan saja internship-nya. Gunakan posisi jabatan.

Lihat juga: Foto Lamaran Kerja Berjilbab Full Body

5. Pencapaian atau Hal yang Paling Anda Sukai di Pekerjaan Sebelumnya

Jika pada pengalaman pekerjaan sebelumnya memiliki sebuah pencapaian atau prestasi bisa diceritakan secara singkat saja. Bisa juga dengan hal yang paling Anda sukai dari pekerjaan sebelumnya, misalnya banyak tantangan baru di setiap desk job nya. Jangan lupa ucapkan dalam bahasa Inggris.

Contoh pengucapannya “I really like every challenge in my job before and because of that, I had an achievement for the best employee of the months”, sepanjang itu artinya adalah saya sangat suka dengan setiap tantangan dari pekerjaan sebelumnya dan karenanya saya mendapat penghargaan sebagai karyawan terbaik.

6. Penutupan Sebelum Penanya Menanyakan Pertanyaan

Langsung saja, Anda bisa mengucapkan “thank you for the time that you spent of listen my introduction”. Singkat saja tapi diharapkan mengena, artinya “terima kasih atas waktu yang Anda habiskan untuk mendengarkan perkenalan dari saya. Sebenarnya percakapan itu akan mengalir.

Seperti halnya saat Anda melakukan conversation terhadap teman asing atau guru bahasa inggris. Jadi memperkenalkan diri dalam bahasa inggris saat interview kerja dan artinya, menjadi bekal serta mempermudah Anda saat mempersiapkan tahap terakhir melamar pekerjaan.

Simak juga:

Tips Mengikuti Interview Kerja dengan Bahasa Inggris

Beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu Anda dalam mempersiapkan diri mengikuti wawancara kerja. Selain tahap perkenalan, pastinya penanya akan memberikan pertanyaan yang pastinya juga menggunakan bahasa inggris. Berikut tips-tipsnya:

Hafalkan Vocabulary dahulu Baru Teori

Conversation atau percakapan dalam bahasa Inggris menitik beratkan pada vocabulary lalu teori. Vocab adalah kata-kata dalam bahasa Inggris. Contoh saja achievement, excited, accept, challenge dan lainnya. Tidak perlu semua dihafalkan, cukup beberapa kata yang sering digunakan dalam dunia kerja.

Tidak perlu mempelajari semua materi bahasa Inggris, termasuk grammar. Karena interview semua tentang conversation, sedangkan grammar digunakan sebagai teori writing. Semakin banyak vocabulary yang dikuasai, semakin mudah dalam menjawab segala pertanyaan.

Jangan Gugup

Wawancara dengan bahasa Indonesia saja pasti merasakan gugup dan seketika materi bisa hilang apalagi menggunakan bahasa Inggris. Tidak bisa dihindari, karena gugup pasti ada tetapi triknya hanya perlu tarik nafas lalu tenang. Dijamin percakapan akan berlangsung lancar dan aman.

Gugup bukan menyelesaikan masalah, anggap saja penanya adalah orang yang tidak terlalu penting. Fokuskan pikiran Anda pada vocabulary dan tentunya banyak praktek. Dengan begitu interview akan lancar tanpa hambatan.

Memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris bukan menjadi hal sulit, mudah. Lebih baik conversation atau percakapan daripada grammar. Keduanya memiliki kapasitas kesulitan tersendiri dan pastinya dimenangkan oleh grammar. Kuncinya hanya banyak berlatih berbicara bahasa Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here