Beranda Education

Nomor SKHUN: Letak dan Cara Mencarinya di Internet

295

Apakah Anda tidak tahu letak Nomor SKHUN? Atau sedang membutuhkannya namun dokumen tersebut hilang entah kemana? Tenang saja, jangan khawatir, ada pembahasan lengkap dan mudah mengenai hal tersebut.

Cara Mengetahui Nomor SKHUN

Sebagian orang orang seringkali memerlukan nomor dari surat keterangan hasil ujian nasional ini. Namun banyak yang tidak mengetahui letak keberadaannya dalam lembar dokumen SKHUN itu sendiri, bahkan ada beberapa menghilangkannya dengan tidak sengaja.

Setiap orang yang menjalani jenjang pendidikan memiliki Nomor SKHUN yang terdiri dari seri khusus sehingga tidak ada No sama meskipun hanya dua siswa. Dengan adanya keunikan tersebut, bisa digunakan untuk mencari data spesifik diri Anda masing-masing.

Jika Anda ingin melihat No seri dari SKHUN, coba perhatikan gambar nomor skhun SD berikut ini:

nomor skhun

No SKHUN Anda berada tepat di bawah foto dan tandatangan kepala sekolah (berada pada kotak merah). Namun untuk surat keterangan hasil ujian nasional keluaran terbaru, Nomor serinya terletak di atas barcode yang menggantikan tanda tangan kepala sekolah, foto, serta cap tiga jari dari siswa.

Perbedaan Nomor Ijazah dan Nomor SKHUN

Setelah mengetahui letak nomor surat keterangan hasil ujian nasional, beberapa orang masih bingung membedakannya dengan No Ijazah. Keduanya sangat berbeda, meliputi :

1. Berdasarkan Letaknya

Hal ini merupakan perbedaan mendasar dari letak Nomor ijazah dan surat keterangan hasil ujian. Tentu karena mereka berasal dari dokumen yang berbeda sehingga letaknya pun tidak akan sama dan persis. Baik Nomor SKHUN SMP ataupun SMA/SMK.

Nomor ijazah tentu terletak pada dokumen ijazah Anda seperti ini :

nomor SKHUN SMP yang mana

Sedangkan no SKHUN tentu terletak pada surat hasil ujian nasional, seperti ini nomor SKHUN SMK berikut ini:

cara melihat SKHUN SMK

Jadi pastikan Anda memperhatikan judul dokumen tersebut sebelum mengetik Nomor serinya agar tidak terjadi kekeliruan nantinya.

2. Berdasarkan Kode Hurufnya

Nomor SKHUN dan Ijazah juga berbeda pada makna yang terdapat pada masing-masing serinya. Terdapat dua macam kode, yaitu huruf dan angka. Tentu Anda perlu mengetahuinya agar tidak keliru ketika mengartikannya, atau bahkan tidak mengetahuinya.

Pertama, yaitu pada ijazah. Ada dua macam kode huruf meliputi : DN yang berarti dalam negeri, dan LN artinya luar negara. Biasanya tingkatan lembaga mengikutinya, seperti : DN-MA. Sedangkan untuk SKHUN, hurufnya berarti pertanda pelaksanaan ujiannya. Seperti jika BK : berbasis komputer.

3. Berdasarkan Kode Angkanya

Selanjutnya yaitu perbedaan dari Nomor seri ijazah dan SKHUN berdasarkan kode angkanya. Pada surat keterangan hasil ujian nasional, sangat mudah untuk mengetahui dan menebak kodenya, karena biasanya berasal dari Nomor ujian nasional peserta didik tanpa 1 angka terakhir.

Sedangkan untuk Nomor seri ijazah, kode angkanya benar-benar merupakan unik. Hal tersebut karena penggolongan pada setiap provinsi, mulai dari angka 000000001 sampai menuju ke 999999999.

4. Berdasarkan Fungsinya

Perbedaan terakhir yang sangat mudah dalam Anda melihatnya yaitu berdasarkan fungsi antara keduanya. Nomor SKHUN memiliki kegunaan utama untuk mengetahui nilai-nilai ujian Nasional Anda alias hanya beberapa mata pelajaran tertentu.

Sedangkan Nomor dari ijazah nantinya, akan menginformasikan keseluruhan nilai akhir mata pelajaran Anda yang termuat dalam dokumen tersebut sehingga lebih lengkap dan rinci. Tentu hal tersebut penting untuk diketahui lebih lanjut.

Cara Mencari No SKHUN Secara Online Tanpa Scan Barcode

Apabila Anda kehilangan surat keterangan hasil ujian nasional namun ternyata sangat membutuhkan no serinya, jangan khawatir. Tutorial berikut ini akan sangat berguna untuk mengatasinya:

1. Klik situs https://shun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/. Kemdikbud resmi menyediakan website tersebut, agar Anda dapat mengetahui informasi mengenai SKHUN dan semacamnya. Tampilannya akan seperti ini:

2. Lalu ketikkan pada url tadi dengan menambahkan Nomor peserta ujian nasional Anda dengan menambahkan garis miring (/) sebelumnya, seperti ini :

Cara Mencari SKHUN Secara Online

3. Kemudian, surat keterangan hasil ujian Anda bisa muncul seperti ini.

surat keterangan hasil ujian

4. Dari SKHUN tersebut, Anda bisa mengetahui Nomor serinya yang berada tepat bawah barcode.

5. Jika ingin menyimpannya, tinggal klik CTRL+P dari laptop atau PC. Maka akan keluar tampilan seperti ini, lalu klik Save To PDF. Anda juga dapat memilih untuk cetak langsung ke printer.

print Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional

6. Selamat, surat keterangan hasil ujian akan tersimpan pada laptop atau PC Anda sehingga tidak kerepotan ketika akan membutuhkan no SKHUN lain waktu.

Baca juga: Cara scan Ijazah lewat HP

Jadi bagaimana, sangat mudah bukan mengetahui letak Nomor SKHUN, perbedaannya dengan ijazah serta cara mencarinya secara online?

Tanya Jawab (QnA) seputar Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional

1. Apakah nomor ijazah dan SKHUN sama?

Beda. No SKHUN Anda berada tepat di bawah foto dan tandatangan kepala sekolah. Sementara, untuk Nomor seri ijazah, kode angkanya benar-benar merupakan unik. Hal tersebut karena penggolongan pada setiap provinsi.

2. Apa yang dimaksud SKHUN?

SKHUN atau surat keterangan hasil ujian nasional merupakan dokumen sementara pengganti SHUN (Surat Hasil Ujian Nasional) dan ijazah yang belum diterbitkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here