Home Education S2 Berapa Tahun? Lama Kuliah Paling Cepat dan Terlama

S2 Berapa Tahun? Lama Kuliah Paling Cepat dan Terlama

2

Pendidikan adalah instrumen yang sangat penting. Betul tidak? Sebab peluang untuk mendapatkan pekerjaan, mengasah kemampuan, dan mendapatkan jenjang karir yang lebih bagus bisa terbuka lebar. Ijazah SMA, D2, D3, atau S1 ditangan merupakan modal besar. Namun sudah ada yang tahu tidak, berapa tahun kuliah S2?

Kuliah S2 agak beda dengan kuliah S1, apalagi kuliah D2 dan D3. Untuk kuliah S2 lebih cenderung spesifik dan menuju spesialis ilmu tertentu. Sementara S1 cenderung general atau umum pada rumpun ilmu tertentu. Untuk program diploma baik D2 maupun D3, biasanya lebih fokus pada pengembangan keterampilan yang porsirnya lebih besar dibanding dengan teori.

kuliah S2 berapa tahun paling cepat

Lama Studi Kuliah S2

Lama studi di perguruan tinggi, akan mempengaruhi berapa tahun seseorang kuliah. Untuk berapa lama kuliah S2, normalnya ditempuh selama 2 TAHUN saja. Lantas, apakah bisa lulus lebih cepat daripada itu?

Lama kuliah S2 PALING CEPAT biasanya paling cepat 1,5 tahun atau sekitar 3 semester. Program S2 pada semester pertama dan kedua biasanya diisi dengan mata kuliah. Sementara di semester 2 atau 3 telah diprogramkan untuk penelitian tesis. Baik untuk pengajuan proposal usulan penelitian maupun seminar hasil penelitian, dan ujian tesis.

Kalau maksimal kuliah S2 berapa tahun?

Batas maksimal kuliah S2 biasanya dipatok PALING LAMA sampai 4 tahun atau 8 semester saja. Jika mahasiswa tidak mampu menyelesaikan kuliah ataupun risetnya dalam waktu 4 tahun tersebut, maka mahasiswa bisa kena drop out (DO) atau dikeluarkan dari kampus.

Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Lanjut Kuliah S2

Jika kuliah S2 bisa ditempuh secepat itu, 1,5 sampai 2 tahun jika normal. Apa saja persiapan yang harus diketahui untuk lanjut S2?

Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum lanjut kuliah S2.

#1 Tujuan Lanjut S2
Seperti diawal telah disampaikan bahwa menempuh kuliah S2 berarti membuat kelilmuan yang akan dipelajari akan lebih fokus pada suatu bidang yang spesifik. Spesialias.

Oleh karena itu, penting sekali sebelum memutuskan untuk lanjut S2 untuk menentukan tujuan mengapa mau melanjutkan kuliah S2.

Memang, kuliah S2 dapat diselesaikan kurang lebih selama 2 tahun. Namun, itu berarti proses perkuliahan dan penelitian juga lebih cepat. Sehingga membutuhkan banyak persiapan sedari awal.
Hendaknya, seseorang yang ingin lanjut S2 sudah menentukan akan kemana setelah menyelesaikan S2. Apakah ingin menjadi dosen, untuk meningkatkan jenjang kepangkatan, atau sekadar ingin memperdalam pengetahuan yang sebelumnya.

Menentukan tujuan atau alasan mengapa lanjut S2 akan berkorelasi pada keberhasilan studi. Semakin jelas dan terarah tujuan melanjutkan kuliah sampai jenjang S2, akan semakin fokus seseorang untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dibangku kuliah S2.

#2 Menentukan Program Studi dan Kampus Tujuan
Setelah jelas tujuan yang hendak dicapai mengapa ingin melanjutkan S2, langkah selanjutnya adalah memikirkan dan memutuskan secara tepat program studi apa yang akan diambil dan dimana kampus tujuan.

Untuk porgram studi yang diambil bisa linear atau selaras dengan latar belakang keilmuan pada waktu S1 atau agak berbeda dengan keilmuan sebelummya. Semua pilihan ada konsekuensinya. Misalnya, mengambil program studi yang masih linear dengan jenjang S1 sebelumnya, akan memudahkan untuk menyelesaikan kuliah secara cepat. Sebab, telah memiliki konsep atau kemampuan dasar, sehingga tidak perlu belajar ulang terhadap bidang yang sama sekali asing baginya.

Selanjutnya, menentukan kampus tujuan.

Menentukan dimana akan kuliah juga harus spesifik dimana. Apakah ingin melanjutkan kuliah di kampus dalam atau luar negeri. Apakah akan melanjutkan pada kampus yang sama semasa S1 dulu atau ingin melanjutkan kuliah di kampus yang beda.

Penentuan program studi dan dimana kampus tujuan kuliah, pada akhirnya akan menentukan siapa calon dosen yang akan membimbing dalam penyelesaian penelitian kelak.

#3 Mempersiapkan Biaya Kuliah S2
Sudah diketahui bahwa biaya kuliah di perguruan tinggi tergolong mahal. Celakanya, biaya kuliah tiap tahun juga selalu meningkat. Apalagi pada jenjang kuliah S2. Biayanya akan lebih mahal dibandingkan S1.

Oleh karena itu, dana pendidikan sudah harus dipersiapkan dengan baik dan mencukupi. Biaya kuliah S2 bisa berasal dari biaya sendiri (mandiri) atau dari beasiswa; baik beasiswa dari instansi tempat bekerja, beasiswa dari pemerintah, atau beasiswa dari pihak swasta dan pihak asing.

#4 Persiapan Kemampuan Bahasa Inggris
Mengembangkan kemampuan bahasa, terutama dalam hal penguasaan bahasa Inggris sangat dibutuhkan selama kuliah S2. Persyaratan kemampuan bahasa ini, sejak awal pendaftaran tekah menjadi hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, perguruan tinggi negeri tertentu mensyaratkan agar calon mahasiwa S2 memiliki skor TOEFL, bervariasi dengan skor antara 450-500.

Penguasaan kemampuan bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan selama proses perkuliahan dan penelitian. Perkuliahan S2 umumnya menekankan pada kualitas dan pengambilan sumber bacaan dan referensi dari literatur berbahasa Inggris. Buku pegangan ataupun diktatnya pun, kadang dalam bentuk bahasa Inggris.

Baca juga:

Pada proses penelitian yang didalamnya termasuk publikasi jurnal, kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki juga berperan penting. Sebab, hasil-hasil penelitian mahasiswa S2 biasanya sudah harus diterbitkan dalam jurnal internasional dengan kriteria tertentu. Misalnya dari segi kualitas tulisan dan grade dimana dipublikasikan. Apakah diterbitkan pada jurnal internasional ataupun penerbit bergensi lainnya.

lama kuliah s2

Proses Perkuliahan S2

#1 Membutuhkan Keseriusan
Menempuh kuliah S2 yang dicapai dalam waktu 1,5 sampai 2 tahun, membutuhkan keseriusan untuk belajar. Ini dikarenakan, tanpa keseriusan akan menyusahkan bagi mahasiswa. Sebab perkuliahannya cukup komprehensif dan mendalam. Beban tugasnya pun lebih berat dibandingkan dengan mahasiswa S1.

#2 Biasanya Didahului dengan Matrikulasi
Kelas matrikulasi adalah pembelajaran mata kuliah dasar sebagai pengantar untuk bisa memahami dan mengikuti pembelajaran selama S2. Matrikulasi biasanya dilakukan sebelum masuk kuliah normal.

Tujuannya apa?

Tujuannya untuk memberikan pemahaman mendasar, menyamakan atau menstandarisasi pemahaman materi kuliah sebelum kuliah yang sesungguhnya. Matrikulasi juga sangat penting, terutama bagi mahasiswa lintas program studi atau jurusan. Artinya, latar belakang akademik antara kuliah S1 dengan kuliah S2 yang diambil berbeda.

Penutup

Sebagai penutup, untuk menegaskan kembali jawaban pertanyaan, S2 berapa tahun? Kuliah S2 paling cepat 1,5 tahun dan paling lama dibatasi sampai 4 tahun.

Melanjutkan kuliah S2 membutuhkan persiapan yang banyak dan matang. Memutuskan untuk lanjut kuliah S2 harus direncanakan dan memiliki tujuan yang jelas apa ingin hendak dicapai.

Jika memungkinkan, berusahalah untuk menyelesaikan kuliah S2 lebih cepat. Karena biaya kuliah S2 cukup besar, kisaran belasan juta tiap semester. Jika ditotal sampai bisa lulus, bisa menghabiskan biaya sampai ratusan juta.

LainnyaCara Melihat Letak Nomor Ijazah S1, D3, SMA, SMP

2 COMMENTS

    • Iya bang, sepengalaman saya memang tidak perlu mikiran biaya selama studi. Tetapi, saat mencari beasiswa disini kita butuh biaya. Terutama mengup grade kemampuan bahasa Inggris

Leave a Reply