Mesin Mobil Bunyi Tek Tek Saat Distarter, Ternyata Ini Penyebabnya!

Mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek seringnya terjadi saat mobil diparkir dalam waktu yang cukup lama. Meski begitu, tak sedikit pula yang mengalami hal ini sesaat setelah pengemudi mematikan mesin mobilnya.

Umumnya, saat mesin mobil mengeluarkan bunyi tek-tek ketika distarter, lampu indikator pada dashboard kendaraan juga meredup. Hanya saja, ketika kunci kontak masih berada di posisi ON, nampaknya seolah tak ada masalah karena lampu indikator tetap terlihat terang.

Hal yang aneh baru akan terlihat kalau kunci kontak diputar ke arah starter (ST). Baru setelah itu terdengar mesin mobil bunyi tek tek, diikuti dengan meredupnya lampu indikator.

Apakah Anda juga sering mengalami hal ini? Kalau iya, Anda perlu mengetahui apa penyebab mobil distarter bunyi tek tek terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda pun bisa menentukan apa langkah yang tepat untuk mengatasinya.

3 Penyebab Mobil tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek

Berikut ini adalah daftar dan penjelasan mengenai berbagai penyebab mengapa mesin mobil berbunyi tek-tek saat distarter. Selamat membaca!

1. Aki mobil tekor sebabkan mobil bunyi tek tek saat distarter

Salah satu penyebab paling umum mengapa mesin mobil mengeluarkan bunyi tek-tek ketika distarter adalah aki tekor. Jika aki tekor, artinya setrum di dalamnya sudah berkurang atau malah habis, sehingga tidak bisa menggerakkan motor starter kendaraan.

Nah, jika ternyata masalah Anda benar disebabkan oleh aki mobil tekor, cara mengatasi mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek yang tepat adalah dengan mengecharge aki mobil terlebih dahulu, atau lakukan jumper dengan menggunakan aki mobil yang lain.

mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek

Mengapa? Karena aki membutuhkan arus listrik dalam jumlah besar, yang hanya bisa dilakukan oleh aki mobil yang kondisinya masih bagus. Aki mobi; yang masih bagus punya tegangan minimal 12,6V. Jadi, Anda bisa cek dulu tegangan aki mobil Anda dengan avometer untuk memastikannya.

2. Masalah pada komponen kelistrikan di sistem starter mobil

Pada kendaraan bermotor – dalam hal ini mobil – sistem starter terdiri atas beberapa komponen seperti aki, relay, kontak, motor starter, sikring, dan lainnya. Seluruh komponen tersebut terhubung menjadi satu rangkaian yang berfungsi dalam menstarter mesin mobil.

Oleh karenanya, jika koneksi atau sambungan antar komponen di dalam sistem starter mengalami masalah, lepas, atau terhalang kotoran, tak heran kalau akhirnya mesin mobil menunjukkan tanda-tanda tak umum saat distarter.

Contohnya ya mobil distarter bunyi tek tek. Sebab, hal ini menimbulkan gangguan pada hantaran listrik dari satu komponen ke komponen lainnya.

Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa konektor atau socket pada sistem starter mobil Anda secara teliti apabila Anda muncul suara tek-tek ketika kendaraan distarter.

3. Masalah pada motor starter

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan munculnya suara tek-tek ketika mobil Anda starter adalah masalah pada motor starter. Hanya saja, berbeda dengan masalah pada aki atau komponen kelistrikan sistem starter yang bisa Anda cek sendiri, pengecekan pada motor starter perlu dilakukan oleh mekanik berpengalaman.

Alasannya adalah karena pengecekan pada motor starter membutuhkan pembongkaran dan pengetesan. Apabila Anda lakukan sendiri, salah-salah malah Anda membongkar motor starter dengan cara yang keliru, yang malah bisa mengakibatkan masalah lebih serius pada kendaraan Anda.

Simak juga: Mesin mobil Bunyi Klotok-Klotok

Lebih jauh lagi, masalah pada motor starter yang jadi penyebab mobil berbunyi tek-tek ketika distarter adalah sebagai berikut.

Kerusakan pada magnetic switch

mobil distarter bunyi tek tek

Magnetic switch atau solenoid starter ini bekerja untuk menggerakkan pinion gear agar terhubung dengan ring gear. Di samping itu, komponen ini juga menjadi saklar agar arus listrik yang besar mengalir ke field coil dan kumparan armature.

Magnetic switch yang tak berfungsi dengan normal disebaban oleh 2 faktor. Pertama adalah terjadinya konslet, dan kedua adalah putusnya sikring dan relay untuk solenoid, dan bahkan konslet.

Lihat juga: Ciri ciri Relay Starter Mobil Rusak

Biasanya, mekanik akan menggunakan avometer untuk memeriksa hubungan kumparan solenoid, sekring, dan relay. Apabila ternyata tidak ada resistansi/hubungan dari kumparan solenoid, mekanik akan mengganti komponen tersebut karena putus.

Carbon brush pada motor starter habis

Komponen yang satu ini berada di dalam motor starter dan bekerja sebagai bantalan untuk mengalirkan arus listrik menuju kumparan armature. Setelahnya, armature pun dapat berputar karena adanya electromagnet di dalam sistem motor starter.

Apabila carbon brush habis, hantaran listrik yang berasal dari aki pun tak bisa tersalurkan dengan baik. Malah, bisa jadi arus listrik tidak bisa mengalir sama sekali karena tertahan pada carbon brush yang sudah habis.

Field coil dan kumparan armature terbakar

Salah satu penyebab umum lainnya mengapa ada masalah pada motor starter, yang pada akhirnya mengakibatkan mesin mobil bunyi tek-tek saat distarter, adalah field coil (kumparan medan) dan kumparan armature yang terbakar.

Apabila ternyata inilah penyebabnya, mekanik akan merekomendasikan untuk mengganti seluruh motor starter. Pasalnya, biaya perbaikan pada field coil dan armature biasanya tak jauh berbeda dengan harga motor starter baru.

Celah klep longgar

Klep yang longgar sehingga menimbulkan celah juga merupakan salah satu penyebab munculnya suara tek-tek saat mesin mobil dinyalakan, di mana celah tersebut melebihi spesifikasi yang diizinkan. Salah satu penyebabnya adalah aus pada camshaft atau dudukan camshaft pada silinder head sehingga suara mesin terdengar kasar.

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek maka biasanya mekanik akan menyetel ulang celah klep.

Sedangkan pada mobil yang sudah dipasangi shim atau lifter, penyetelan klep biasanya tak perlu dilakukan. Sebab, penyebabnya biasanya adalah ujung klep atau shim yang aus sehingga muncul celah klep karena posisi klep yang turun.

Kalau ini penyebab mesin mobil Anda bunyi tek-tek saat distarter, biasanya pemasangan skur klep sudah cukup selama posisi lifter sudah tepat pada posisi semula. Alternatifnya, mekanik akan mengganti lifter agar ukurannya standar sehingga celah klep pun juga sesuai dengan spesifikasi.

Itulah rangkuman penyebab timbulnya suara berisik tek-tek saat mesin mobil distarter. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Bagikan ke:

Tinggalkan komentar