Ketahui Ciri-ciri Busi Motor Harus Diganti dan Cara Mengeceknya

Memiliki kendaraan sendiri, paling tidak harus mengetahui hal-hal mendasar tentang mesin. Salah satunya mengetahui ciri busi sudah harus diganti. Busi merupakan satu bagian penting dalam sistem kerja mesin yang bekerja untuk memantik perapian.

Maka komponen ini harus dalam kondisi baik dapat dihidupkan dengan mudah. Bagi yang awam soal mesin mungkin akan terasa sulit, namun perhatikan artikel berikut akan membantu Anda.

Ciri Busi Sudah Harus Diganti

ciri busi sudah harus diganti

Karena perannya yang sangat vital, penting pula untuk mengetahui kapan harus mengganti busi kendaraan.

Sebenarnya ketika busi telah mulai berkurang kinerjanya akan menunjukkan ciri yang mudah diketahui. Berikut ciri busi kendaraan sudah harus segera diganti:

Mesin menjadi sulit ketika dihidupkan

Ciri paling mudah diketahui dari busi mobil atau motor perlu diganti adalah, mesin sulit dihidupkan. Ketika menggunakan starter listrik depan tangan dan kick starter tidak dapat segera menyala.

Penyebabnya karena sistem pengapian tidak mampu bekerja dengan baik membuat percikan pada ruang bakar mesin motor tidak cukup untuk menyalakan mesin.

Suara mesin brebet

Ketika mesin kendaraan dalam keadaan prima, suara mesin lebih halus atau enak didengar. Namun ketika busi sudah tidak baik, suara mesin akan berubah menjadi brebet serta kurang mantap.

Untuk meyakinkan jika suara mesin tidak sempurna dapat dicoba dengan menarik gas ketika gigi dalam kondisi netral. Jika suara yang dihasilkan brebet ciri busi sudah harus diganti.

Tarikan gas kurang responsif

Selain menjadi sulit dihidupkan serta suara tidak enak, efek busi lemah pada mobil dan motor terasa pada tarikan gas. Karena percikan api yang dihasilkan busi kendaraan kurang, kerja pembakaran menjadi tidak sempurna.

Hal tersebut membuat performa kendaraan secara umum menurun termasuk tarikan gas menjadi kurang responsif.

Kendaraan berhenti sesaat

Terkadang kendaraan dapat berhenti sesaat karena kekurangan percikan api pada ruang bakar atau silinder mesin. Dengan menambahkan sedikit tarikan gas, mesin kendaraan dapat kembali menjala dengan normal.

Namun hal tersebut dapat menjadi tanda busi kendaraan telah menurun performanya sehingga perlu diganti.

Perubahan warna pada busi

Kondisi busi baik dan tidaknya juga dapat dilihat dari kondisi fisiknya. Dengan melihat perubahan warna pada busi dapat dilihat umur busi mobil atau motor sudah waktunya diganti atau belum.

Ditandai dengan warna busi menjadi lebih coklat ketika sudah terlalu lama.

Baca juga:

Cara Mengecek Busi Kendaraan

Pada dasarnya melakukan pengecekan berkala menjadi hal penting untuk mengetahui kondisi kendaraan.

Agar lebih mudah untuk mengetahui busi sudah harus diganti atau belum, cobalah cara mengecek busi berikut:

Gunakan alat tester busi

Cara mudah mengecek busi kendaraan dengan menggunakan alat tester busi. Alat ini biasanya dilengkapi dengan bohlam kecil yang dapat menyala ketika menerima tegangan listrik.

Maka jika tegangan listrik busi masih baik, bohlam akan menyala. Dan sebaliknya, jika busi sudah berkurang dayanya, bohlam mungkin akan hidup namun lebih redup.

Lihat kilometer kendaraan

Anda juga bisa mengecek dari kilometer kendaraan, sebab ketahanan busi dapat dilihat dari berapa jumlah kilometer yang sudah ditempuh. Pada busi motor misalnya, penggantian busi disarankan ketika mencapai 6.000 kilometer.

Pada penggunaan ini busi telah mulai aus yang membuat elektroda lebih membulat membuat jarak gap pada busi. Kondisi tersebut membuat lebih sulit untuk menimbulkan percikan api.

Cek langsung

Bisa juga melakukan pengecekan berkala dengan melihat secara langsung kondisi busi kendaraan.

Seperti dijelaskan sebelumnya ciri busi telah berkurang performanya yang berwarna coklat tua. Busi yang dalam kondisi baik pada isolatornya berwarna coklat muda.

Perhatikan perubahan warna ini terutama pada bagian ujung isolator busi dekat elektroda.

Itulah ciri busi yang harus diganti hingga cara mengecek kondisi busi kendaraan Anda. Jangan tunggu hingga mesin kendaraan mengalami masalah apalagi hingga terjadi kerusakan parah.

Penting untuk menjaga kondisi kendaraan selalu prima dan segera mengganti komponen yang rusak agar tidak merembet dan merusak komponen lainnya.

Tinggalkan komentar