7 Tips Merawat Rantai Motor Supaya Tidak Gampang Berkarat

Bagi para pengendara motor, rantai motor tentunya menjadi komponen yang cukup penting untuk diperhatikan. Apalagi ketika cuaca sedang hujan, jangan lupa untuk langsung mencucinya setelah kehujanan. Sebab, jika sering dibiarkan rantai motor berkarat bisa terjadi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips merawat rantai motor supaya tidak gampang berkarat.

Rantai motor yang berkarat tentunya berbahaya bagi pengendara motor. Karena rantai dengan kondisi berkarat membuatnya kaku dan tidak elastis.

Jika terus dibiarkan, rantai beresiko putus di jalan. Apalagi ketika sedang dalam kecepatan tinggi.

Cara Merawat Rantai Motor Supaya Tidak Gampang Berkarat

merawat rantai motor supaya tidak gampang berkarat

Rantai motor yang putus dapat tersangkut di gir sehingga roda motor bisa terkunci. Apabila terjadi demikian, kecelakaan tidak bisa terhindarkan.

Berikut ini berbagai tips merawat rantai motor supaya tidak mudah berkarat.

Membersihkan rantai saat kondisi mesin motor hangat setelah digunakan

Setelah motor digunakan, beberapa waktu kemudian kondisinya masih hangat, saat itulah Anda dapat membersihkan rantai motor dengan optimal.

Sebab dalam kondisi tersebut, rantai lebih lentur dan mudah dibersihkan sebab habis berputar. Gunakanlah sikat untuk membantu menghilangkan kotoran yang ada pada rantai motor.

Pastikan posisi motor dalam posisi yang tegak saat membersihkannya. Anda dapat menggunakan standar tengah motor untuk membuat motor bagian belakang lebih tinggi. Sehingga proses membersihkan rantai jadi lebih mudah.

Menggunakan air mengalir untuk mencuci

Setelah menyikat rantai motor, Anda bisa mencuci rantai motor dengan menggunakan selang air. Hal demikian untuk memudahkan Anda mencapai titik-titik yang sulit dijangkau apabila hanya mengguyurnya dengan gayung.

Memposisikan selang air dekat dengan rantai bisa membuatnya membersihkan secara maksimal.

Jangan menggunakan oli bekas sebagai pelumas

Untuk melumasi rantai motor sebaiknya hindari menggunakan oli bekas. Penggunaan oli bekas bisa membuat rantai motor Anda malah semakin kotor sebab di dalam oli bekas tersebut sudah ada debu-debu yang menempel.

Kotoran-kotoran tersebut malah bisa menempel di rantai dan mengerak. Kerak tersebut bisa menyebabkan rantai motor menjadi kaku.

Membersihkan rantai secara rutin

Tips merawat rantai motor supaya tidak gampang berkarat selanjutnya yaitu membersihkan rantai motor Anda secara rutin. Seringlah mengecek kondisi rantai motor, apalagi setelah kehujanan. Maka perlu untuk segera dibersihkan.

Menggunakan pelumas khusus rantai motor

Setelah rajin dibersihkan dan rutin dilakukan pengecekan, jangan lupa untuk menggunakan pelumas rantai motor. Melapisi rantai motor dengan menggunakan pelumas dapat membuatnya jadi lebih tahan lama.

Namun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor Anda.

Pilihlah pelumas khusus untuk rantai motor sehingga mampu membuat kondisinya tetap baik. Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi pelumas rantai seperti Kit GP-9, Motorex Chain Lube dan masih banyak lagi pilihannya.

Membersihkan gir secara rutin

Cara hilangkan karat pada motor selanjutnya yaitu dengan membersihkan gir secara rutin. Rasanya rantai dan gir merupakan satu kesatuan yang sama-sama pentingnya.

Maka dari itu, jangan hanya memperhatikan rantai motor saja, tetapi juga penting untuk merawat gir motor Anda.

Anda dapat membersihkan area gir dengan menggunakan kain yang telah direndam deterjen. Hal ini menjadikan kotoran mudah dihilangkan.

Namun apabila kotoran yang menempel cukup membandel, Anda bisa mengeriknya dengan pisau plastik yang kaku. Sehingga lebih mudah untuk dihilangkan.

Baca juga:

Cek posisi rantai dan gir

Posisi gir yang baik berada di posisi center atau berada di tengah. Hal ini juga perlu untuk Anda perhatikan. Sehingga berkendara motor menjadi lebih nyaman. Kemudian jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi gir, apakah gir sudah aus.

Jika aus, maka Anda harus segera menggantinya. Hal tersebut dapat Anda ketahui dengan memperhatikan suara gir motor Anda atau pada saat rantai motor mudah sekali lepas.

Nah itu tadi beberapa tips merawat rantai motor supaya tidak gampang berkarat. Sangat penting untuk menjaga kondisi motor kita sehingga selalu dalam kondisi prima. Apalagi untuk Anda yang suka melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor.

Maka usahakan untuk selalu melakukan pengecekan kondisi motor secara keseluruhan agar selamat dalam perjalanan.

Tinggalkan komentar