Beranda Otomotif

Komponen yang Harus Dicek Ketika Mesin Mobil Bunyi Klotok-Klotok

196

Apakah Anda pernah mengalami mesin mobil bunyi klotok-klotok atau kletek-kletek? Hal ini memang sangat mengganggu terutama jika memang tidak mengetahui apa penyebab sebenarnya. Suara ini dapat menjadi indikator jika sedang terjadi masalah serius pada suatu komponen internal pada kendaraan.

Mesin Mobil Bunyi Kletek-Kletek, Ini Komponen yang Harus Dicek

Penyebab bunyi tok tok pada mesin mobil ini ternyata dari beberapa gangguan. Bunyi ini hampir mirip seperti ketukan pada logam sehingga muncul ketika kendaraan dinyalakan.

Selaku pemiliknya yang kurang mengetahui otomotif tentu akan merasakan kebingungan. Berikut beberapa tips bagi Anda:

1. Celah Katup

Celah katup adalah suatu jarak antara batang katup dengan rocker arm. Fungsinya untuk memberikan batas toleransi apabila beberapa bahan khususnya terbuat dari logam mengalami pemuaian saat mesin panas setelah dihidupkan.

Tentu akan menjadi masalah apabila komponen ini kian memanjang.

Normalnya celah katup ini memiliki ukuran standar yakni 0,3 mm. Anda harus mengaturnya agar tidak terlalu lebar sehingga harus diatur ulang ketika melakukan service mobil. Jangan pernah melewatkan langkah ini karena pelebaran yang terus terjadi bisa menyebabkan batang dan rocker arm bertabrakan.

2. Bantalan Crankshaft Aus

Crankshaft ini biasa dikenal dengan istilah poros engkol yang merupakan salah satu mekanisme dimana fungsinya untuk menjabarkan naik turunnya piston menjadi gerakan putar.

Terdapat dua bantalan yakni main bearing dan conrod bearing dan bisa mengalami aus kapan saja dan mengganggu.

Ausnya karet banyalan pada crankshaft mobil ini bahkan bisa membuat suara mobil menjadi kasar. Solusi terbaik untuk mengatasinya yakni dengan mengganti karet bantalan ini. Sebagaimana video di bawah ini.

Proso engkol yang tidak berjalan semestinya dikarenakan salah satu bantalannya aus. Kerusakan memang terbilang cukup kecil, namun tetap saja akan menyebabkan munculnya bunyi klotok-klotok jika terus dibiarkan. Anda hanya perlu menggantinya di bengkel terdekat agar memudahkan pergantian.

3. Oli Belum Naik

Penyebab suara mesin mobil kasar pada mobil ini biasa terjadi ketika mesin sudah tidak dilakukan selama seharian, maka bisa jadi apabila oli belum naik sepenuhnya.

Tempat penampungan komponen ini memang berada di yang paling bawah sehingga harus dilengkapi menggunakan pompa untuk mendorongnya.

Bagi Anda yang belum tahu, pompa oli ini hanya akan bekerja ketika mesin sudah dinyalakan. Artinya oli tidak akan naik apabila mobil dalam keadaan mati. Jangan khawatir, jika sirkulasi sudah lancar, maka bunyi klotok-klotok bisa hilang secara sendirinya tanpa harus membawa ke bengkel.

4. Engine Knocking

Engine knocking biasa disebut dengan istilah ngelitik dan bisa menjadi penyebab munculnya mesin mobil bunyi kletek-kletek.

Pembakaran tidak sempurna akibat penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah membuat adanya gesekan yang menimbulkan suara ketukan di dalam mesin internal.

Ciri-ciri mesin yang sedang mengalami knocking bisa Anda rasakan sendiri misalnya bunyi akan keluar ketika RPM rendah, bunyi hampir hilang ketika mobil digas hingga adanya klotok-klotok dari blok silinder. Anda hanya perlu melakukan tone up dan ingat untuk biasa memakai bahan bakar oktan tinggi.

Lihat juga:

5. Auto Klep Sudah Lemah

mesin mobil bunyi klotok-klotok kasar

Penggunaan auto klep memang kini sudah banyak diaplikasikan pada kendaraan terutama di mobil keluaran terbaru saat ini. Pemakaian jenis ini membuat Anda tidak perlu lagi melakukan penyetelan secara berkala sebab pengaturan celahnya sudah dilakukan otomatis.

Sayangnya masih ada kasus menunjukkan bahwa auto klep akan mengeluarkan bunyi kletek kletek.

Hal ini umumnya terjadi lantaran pegas atau spring yang ada di dalamnya sudah lemah sebab terlalu lama digunakan dan tidak kunjung diganti. Daya tahannya tentu berkurang dan kerapatan renggang.

6. Flange Flywheel Rusak

Bagi pemilik mobil matic saat ini pasti sering mengalami mesin mobil yang mengeluarkan bunyi kletek-kletek ketika dinyalakan. Hal ini bisa saja diakibatkan lantaran komponen Flange Flywheel telah mengalami kerusakan. Elemen ini merupakan bagian dari Torque Converter saat dipasang.

Rusaknya komponen Flange Flywheel ini umumnya terlihat pada bagian plat yang dipunyai baik pecah atau lainnya seperti bergeser dan bergerak sehingga menyentuh bodi mesin. Hal ini tentu menimbulkan suara kletek-kletek pada saat kendaraan dinyalakan bahkan terjadi dalam waktu lama.

7. Silinder Kemasukan Benda Keras

Penyebab lain yang bisa saja terjadi adalah adanya benda keras tidak sengaja masuk ke dalam silinder. Hal ini memang jarang sekali terjadi namun beberapa kasus pun menunjukkan jika penyebab dari mobil mereka berbunyi kletek-kletek adalah lantaran masalah ini.

Ada banyak jenis benda keras yang bisa saja masuk ke dalam silinder ini mulai dari pecahan keramik dari kepala busi dan akhirnya tidak sengaja terhempas ke komponen lainnya.

Kasus ini membuat proses pembakaran akhirnya terjadi kurang sempurna dan menyebabkan suara kletek kletek.

Itulah tadi tujuh komponen yang perlu Anda cek ketika mengalami mesin mobil bunyi klotok-klotok. Tentu saja hal ini sangat mengganggu sehingga perlu diketahui penyebabnya agar bisa mencari tahu solusinya sebelum membawanya ke bengkel.

2 KOMENTAR

  1. Saya dong langsung auto baca dengan teliti, soalnya beberapa kali saya berada di situasi mobil mogok, kalau ada ilmu tentang mesin gini kan, jadi bisa bantu-bantu dikit biar nggak bingung kudu ngapain ya 😀

    • Sama mbak, saya juga masih buta dengan ilmu mesin. Paling banter ya saya langsung ke bengkel saja kalau menemukan masalah pada kendaraan saya. Hihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here