Beranda Business

Daftar Nama Perusahaan Astra Group

193

Berikut adalah list perusahaan Astra Group yang perlu Anda ketahui. Tentunya sudah banyak orang mengetahui tentang bisnis besar di tanah air ini. Nyatanya ada banyak nama tenar di bawah naungan Astra dengan berbagai macam fokus usaha setidaknya berjumlah 200 dan beroperasi hingga saat ini.

List Perusahaan Astra Group

NoNama PerusahaanKode SahamNama EmitenSub Sektor
1PT Astra Otoparts TbkAUTOAstra Otopart TbkOtomotif & Komponen
2PT Astra Agro LestariAALIAstra Agro Lestari TbkPerkebunan
3PT Astra Graphia TbkASGRAstra Graphia TbkJasa Komputer & Perangkat
4PT Astra International TbkASIIAstra International TbkOtomotif & Komponen
5PT Acset Indonusa TbkACSTAcset Indonusa TbkKonstruksi Bangunan
6PT Bank Permata TbkBNLIBank Permata TbkBank
6PT United Tractor TbkUNTRUnited Tractor TbkPerdagangan Besar Barang Produksi

Anak Perusahaan Astra Terbaik

PT. Astra group automotive tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda semua yang hidup lama di Indonesia. Pendirinya sendiri yakni Tjia Kian Liong atau kerap dipanggil William Soeryadjaja, Tjia Kian Kie dan juga Lim Peng Hong dimana awalnya hanya sebuah importir saja.

list perusahaan Astra Group

Namun, kini sudah memiliki banyak sekali anak perusahaan dengan daftar sebagai berikut:

1. PT Astra Otoparts Tbk

Anak perusahaan dengan fokus usaha di bidang otomotif ini menjual suku cadang atau spare parts bagi kendaraan roda empat ataupun dua. PT Astra Otoparts Tbk seringkali menjadi yang terbaik dalam bidang penjualan ini.

Sederhananya, PT Astra Otoparts Tbk ini menguasai saham sebesar 80% dari keseluruhan AUTO. Sementara sisanya yakni 20% diperuntukkan bagi masyarakat sekitar atau public sehingga cukup sedikit jika dibandingkan presentasi anak perusahaan lainnya.

2. PT Astra Agro Lestari

Sesuai dengan namanya, PT Astra Agro Lestari ini memiliki fokus usaha di bidang pertanian tepatnya sebagai produsen minyak sawit mentah yang merupakan bagian dari Astra International juga.

Sayangnya harga CPO sempat turun di tahun 2019 membuat keuntungan sempat menurun.

Sebanyak 79,68% saham AALI dipegang oleh ASII atau PT Astra International Tbk. Sementara public diberikan jatah sebesar 20,32%. Angka ini cukup sedikit jika dibandingkan dengan presentasi milik ASII dan UNTR.

3. PT Astra Graphia Tbk

Perusahaan ini melayani penjualan dari produk Fuji Xerox yang memiliki kantor pusat di Jakarta. PT Astra menghasilkan berbagai macam barang lainnya dan dan memiliki nama anak dari Astra sebagai PT Astra Graphia Information Technology.

Perusahaan ini berdiri di tahun 1971 dimana awalnya masih bergabung menjadi satu di dalam PT Astra International Tbk. Astra Graphia ini disebut-sebut sebagai distributor utama dari Fuji Xerox khususnya di tanah air.

4. PT Astra International Tbk

Perusahaan induknya dan dianggap sebagai anak terbaik dan sudah seringkali diperdagangkan di Bursa Efek yakni PT Astra International Tbk.

Nama ini masuk ke dalam indeks LQ 45 dan dapat dikatakan sangat mendominasi pasar otomotif atau automotif di Indonesia sendiri.

Sebanyak 50,11% saham milik ASII ini dipegang oleh Jardine Cycle and Carriage ltd dari JCCL Group sementara 49,49% diperuntukkan bagi keuntungan public. Anda perlu mengetahui bahwa anggota dewan direksi JCCL Group juga berasal dari Bandung yakni Dr. Marty Natalegawa.

Lihat juga:

5. PT Acset Indonusa Tbk

PT Acset Indonusa merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang konstruksi terkemuka di Indonesia.

Berdiri di tahun 1995, ACSET telah memiliki banyak keahlian khususnya di bidang pondasi dan pembongkaran bangunan.

Perusahaan ini juga berdiri di bidang usaha utama seperti bangunan komersial dan infrastruktur. Sektornya berada di bisnis properti, real estate dan building construction. Sementara sub sektornya yaitu konstruksi.

6. PT Bank Permata Tbk

Berpindah ke sektor keuangan, Astra juga memiliki bank kenamaan dengan nama Bank Permata dimana Anda tentu sudah tidak asing lagi mengenai pelayanan finansial satu ini.

Eksistensinya di masyarakat bisa dibilang cukup baik sehingga keuntungan kian mengalir seterusnya.

Sementara komposisi kepemilikan sahamnya, sebesar 44,56% diperuntukkan bagi Standard Chartered Bank. ASII sendiri menguasai sebanyak 44,56% dari BNLI dan sisanya yakni 10,88% ditujukan bagi kepentingan publik.

7. PT United Tractor Tbk

Tidak hanya ASII saja, William Soeryadjaya pun mendirikan UNTR sebutan kode saham bagi PT United Tractor Tbk sebagai distributor peralatan berat terbaik dan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini telah didirikan semenjak tahun 1972.

Baik ASII atau UNTR kerap diperuntukkan bagi warga asing. Fundamental dari perusahaan ini pun juga sering dianggap yang terbaik dimana saat ini PT United Tractor Tbk sedang menawarkan harga murah. Intinya PT Astra International Tbk memiliki saham sebesar 59,5 persen dan sisanya untuk public.

Itulah tadi ketujuh list perusahaan Astra Group yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya tujuh saja, melainkan masih banyak nama-nama besar lainnya berada di bawah naungan Astra dan sudah lama berkembang di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here