5 Penyebab Mobil Distarter tidak Mau Hidup

Dewasa ini, mobil menjadi transportasi pribadi yang sepertinya wajib dimiliki oleh setiap orang. Kegunaan dan kenyamanannya terjamin menjadi alasan pentingnya mobil.

Seperti hidup kendaraan juga memiliki masalah. Sebab mobil distarter tidak mau hidup salah satu problem wajar pada mobil pribadi.

5 Sebab Mobil Distarter tidak Mau Hidup atau Menyala

Beberapa sebab mobil tidak bisa distarter menjadi informasi penting bagi setiap pengguna kendaraan roda empat. Terkadang orang awam yang sangat tabu dengan permesinan tidak akan paham mengapa mobilnya sulit hidup padahal sudah distarter. Berikut sebab-sebab masalah tersebut terjadi:

sebab mobil distarter tidak mau hidup

1. Aki Pada Mobil yang Sudah Harus diganti Atau di Stroom

Sebab yang paling mendasar adalah terletak pada aki nya. Merupakan komponen penting dalam sebuah mesin menjadikannya penyebab mobil distarter tidak hidup. Semua komponen pada mobil itu ada life time nya sehingga penggunaan kendaraan yang sudah lama bisa mengakibat aki drop bahkan harus diganti.

Jika aki tidak diganti karena lifetime sudah habis, pasti akan mengakibatkan mobil sulit hidup saat distarter.

Bukan hanya berlaku pada mobil lawas dengan tipe mesin karburator, tetapi juga bisa terjadi pada kendaraan keluaran baru yang kinyis sekalipun. Karena semua ada lifetimenya termasuk aki.

2. Dinamo Starter sudah Lelah

Dinamo starter adalah komponen penting juga untuk memfungsikan sebuah kendaraan tidak hanya pada mobil. Keadaanya perlu dicek kembali saat mengalami kejadian seperti ini.

Karena Anda mungkin kurang teliti dalam memperhatikan detail mobil. Lalu, dinamo starter pun ternyata lelah harus diganti.

Dinamo starter yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik bisa menjadi sebab mobil tidak bisa distarter. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa komponen tersebut pasti sangat penting dalam proses menghidupkan sebuah kendaraan beroda empat maupun dua. Sama seperti aki, dia memiliki lifetime.

3. Koil yang Sudah tidak Dapat Bekerja Maksimal

Koil adalah komponen atau alat penyuplai arus listrik dari aki ke busi, dengan begitu kinerjanya juga sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah kendaraan. Bisa dibilang Koil menjadi kunci agar mobil bisa langsung ‘jreengg’ saat distarter. Jika mobil Anda mengalami masalah ini coba cek juga si Koil itu.

Terkadang Anda atau semua user hanya mengecek keadaan komponen kecil pada mesin jika sudah terjadi trouble pada kendaraannya. Tindakan yang tidak disarankan untuk semua pengguna mobil. Seperti tubuh manusia, mobil juga membutuhkan perawatan agar selalu fit dan sehat performanya.

4. Gangguan pada Busi yang Harus diganti

Busi adalah hal kecil tetapi memiliki posisi yang besar untuk semua kendaraan tidak hanya roda empat. Nah, jika mobil Anda memiliki masalah sulit distarter, busi juga bisa jadi masalahnya. Dalam sistem pengapian, busi akan didukung oleh koil untuk bekerjasama menghidupkan mesin mobil.

Jika salah satunya tidak bekerja bahkan keduanya, bisa jadi itulah sebab mobil distarter tidak hidup.

Busi memerlukan tegangan tinggi, bersama dengan koil tersebut mereka menghasilkan percikan api pada ruang bakar sehingga terjadi pembakaran atau kompresi pada piston. Kinerja keduanya harus sempurna.

5. Sistem Kerja pada Mesin Mobil

Jadi dalam dunia otomotif ada dua tipe sistem mesin, injeksi dan karburator. Sistem injeksi sudah ditanamkan pada mobil-mobil keluaran diatas tahun 2002an. Dari sinilah penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter bermula. Tune up pada pompa karburator atau injeksi memiliki kinerja yang kurang sempurna.

Dari sini Anda tahu bahwa sulitnya mesin untuk hidup saat distarter tidak hanya terjadi pada mesin dengan sistem karburator tetapi juga injeksi.

Keduanya memiliki peran memompa bahan bakar agar bisa terjadi pembakaran sempurna sehingga mobil dapat menyala sewajarnya dan normal seperti biasa.

Baca juga:

Tips-tips Agar Mesin Mobil Selalu ‘Jreengg’ saat Distarter

Beberapa orang pasti mendambakan sebuah mobil dengan performa sempurna tanpa kendala apapun. Bukan hal yang tidak mungkin, justru sangat mungkin. Semua bergantung pada Anda pribadi sebagai user atau pengguna. Berikut beberapa tips agar performanya selalu prima tanpa kendala.

Perawatan Rutin

Semua mobil akan selalu membutuhkan perawatan rutin. Tanpa perlu diberi kode mogok, seharusnya sebagai pengguna Anda mengetahuinya. Injeksi atau karburator, mereka semua memiliki mesin yang perlu perawatan rutin. Tidak ubahnya seperti tubuh manusia, akan merasakan lelah juga akhirnya.

Begitu pula dengan mesin mobil, mereka juga memiliki rasa lelah. Dengan perawatan rutin tanpa perlu kode mogok, performa mesinnya akan selalu kembali membara.

Lainnya: Penyebab OLI Power Steering Bocor

Berlaku untuk semua jenis mobil. Perawatan rutin yang wajar minimal mengganti oli dan tune up. Disitulah mereka akan merasa disayang.

Usahakan Selalu mengingat Lifetime dari Aki

Menjadi penyebab mobil tidak bisa di starter yang pertama, otomatis perhatiannya harus khusus. Peranannya pada pembakaran mesin sangat penting. Bagaimana tidak, ketika mobil dihidupkan untuk memulai pembakaran bensin ke mesin membutuhkan aliran listrik dari aki melalui Koil.

Bisa dikatakan aki menjadi jantung dari mesin sebuah kendaraan, apapun itu. Coba saja Anda melepas semua aki pada mobil atau motor, mereka tidak akan bisa berjalan. Padahal fungsi sebagai alat transportasi. Maka dari itu peranannya seperti jantung pada manusia. Jadi, pantau terus kondisinya.

Perawatan pada Busi

Seperti halnya Aki, busi juga menuntut untuk selalu diperhatikan mesti hanya beberapa kali dalam sebulan. Dari peranannya yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebagai penyempurna pemulaian pembakaran bensin ke mesin melalui aki. Merawatnya tidak harus dilakukan sendiri.

Inilah gunanya perawatan rutin, saat melakukannya bisa meminta tolong pada pihak bengkel agar dicek sekalian. Biasanya, jika Anda melakukan tune up rutin, otomatis semua akan ikut dirawat dan cek berkala segala komponen.

Dengan adanya sebab mobil distarter tidak mau hidup, bisa dijadikan pelajaran bahwa mobil yang Anda miliki juga membutuhkan perhatian lebih meskipun hanya beberapa bulan sekali. Selalu bawalah untuk menjalani perawatan rutin.

Tinggalkan komentar