13 Pilihan Ide Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

Apakah anda sedang memikirkan ide usaha pinggir jalan kampung? Pilihan usaha yang cocok di desa pinggir jalan sebenarnya banyak, tapi ada beberapa yang lebih populer dan jitu serta menguntungkan. Untuk mengetahui apa saja usaha tersebut, mari lihat bahasannya di artikel berikut ini!

Aneka Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan, Bisa Dijalankan dengan Modal Kecil

Menciptakan peluang usaha di desa selain dibutuhkan modal, baik modal besar ataupun modal kecil, juga harus didukung oleh ide usaha yang kira-kira laris atau menjanjikan. Jika anda memiliki lokasi strategis atau tempat usaha pinggir jalan yang bagus, maka kesempatan besar membuka salah satu jenis bisnis di pedesaan.

usaha yang cocok di desa pinggir jalan

1. Pedagang Kelontong

Usaha yang paling pas untuk daerah pedesaan adalah warung kelontong atau serba ada. Kebutuhan barang di desa tidak mudah tersedia karena akses yang tidak mudah. Jika desa Anda jauh dari pasar ataupun kota, pilihan usaha ini pasti baik.

Untuk sukses usaha kelontong, pastikan Anda buka di area pinggir jalan dekat pemukiman. Anda juga bisa pilih area pinggir jalan yang jauh dari jalur utama desa.

Beberapa jalan pinggiran dan alternatif sudah cukup bagus untuk membuka usaha ini. Hal yang jelas adalah posisinya yang dekat dengan konsumen yaitu area pemukiman.

Baca disini: Cara Jualan Sembako Biar Laris

2. Buka Usaha Franchise Kuliner Terjangkau

Usaha franchise kuliner tentu ada banyak. Tapi ingat bahwa pendapatan orang di desa tidak setinggi orang kota. Jika ingin sukses di daerah pinggir jalan desa, Anda bisa pilih franchise yang murah meriah tapi sulit ditemukan.

Contoh saja franchise fried chicken. Di area desa, fast food tentu masih jarang, jadi akses untuk makanan seperti ini pasti laku keras.

3. Buka Warung Makan

Selain buka franchise kuliner, Anda juga bisa buka warung makan. Untuk sukses di desa, Anda pastikan memilih menu yang tidak biasa dan unik. Contoh saja hidangan Batagor Bandung atau restoran Mie Aceh bisa sangat menarik.

Jika jualan di desa area Jawa Tengah misalnya, kuliner daerah asing ini pasti tetap mengangkat rasa penasaran. Jika setelah warga desa mencoba dan enak rasanya, Anda bisa jadi pedagang yang laris manis jualannya.

Lihat cara antisipasi: Resiko Usaha Angkringan Pinggir Jalan

4. Layanan Salon dan Pangkas Rambut

Pilihan usaha yang cocok di pinggir jalan berikutnya adalah layanan kecantikan. Di desa jarang sekali ada pilihan layanan kecantikan. Banyak orang yang memiliki keahlian potong rambut ataupun merias lebih memilih pergi ke kota.

Karena hal ini, pesaing Anda di desa pasti sedikit. Rata – rata layanan seperti ini di area desa bisa dihitung dengan jari. Bila para pelanggan mencari alternatif tukang salon, Anda tentu bisa jadi pilihan utama masyarakat kampung karena persaingan yang kecil ini.

5. Pedagang Baju dan Fashion

Para penduduk desa tentu terbatas memiliki pilihan untuk fashion dan baju. Bila Anda bisa menyediakan toko untuk hal ini, popularitasnya pasti tinggi.

Tentu saja barang yang disediakan harus disesuaikan dengan standar pendapatan penduduk yang ada di situ. Selama Anda tahu target penjualan Anda, pasti dagangan barang fashion Anda tetap cepat laku.

6. Usaha Pom Bensin

Di jalanan desa, akses untuk bahan bakar biasanya dijalankan oleh para pengecer. Tapi jika Anda buka pompa bensin resmi dari Pertamina, Anda bisa bersaing dengan lebih mudah.

Harga dari Pertamina akan lebih murah dan Anda bisa juga menyediakan bahan bakar bagi para warga masyarakat dengan lebih mudah. Untuk membuka pom bensin harus dipastikan ada pompa dan alat untuk distribusi dengan mudah. Berbeda dengan pengecer yang biasanya menjual dalam jerigen dan botol.

7. Layanan Aneka Pembayaran Tagihan

Untuk kebutuhan pembayaran, para penduduk desa tentu lebih sulit memenuhinya. Layanan pemerintahan biasanya lebih dekat dengan area kota. Jika Anda buka layanan bayar tagihan listrik, air, pulsa, internet dan masih banyak lagi, pasti usaha Anda ini banyak dicari.

Membuka usaha pembayaran tagihan tentu lebih baik dengan didampingi usaha lain. Mulai dari jual handphone, jualan pulsa dan paket data, aksesoris HP dan bahkan jasa service HP, bisa jadi pilihan sampingan yang baik. Walaupun tidak akan terlalu dicari dibanding jasa pembayaran tagihan, usaha ini bisa jadi tambahan penghasilan yang baik.

8. Usaha Fotocopy dan Percetakan Kecil

Untuk percetakan dan usaha fotocopy di desa tentu sangat bermanfaat. Banyak anak – anak sekolah membutuhkan hal ini. Mulai dari fotocopy buku, soal-soal ujian, dan masih banyak lagi. Desa juga pasti terbatas untuk kebutuhan cetak seperti foto, undangan pernikahan, poster dan lain – lain.

Daripada membuat konsumen pergi ke kota, Anda bisa buka usaha ini di desa agar lebih mudah diakses.

9. Usaha Cafe dengan Internet

Tempat hangout di desa belum tentu laku. Tapi jika tempat hangout tersebut disertai layanan internet yang bagus, banyak orang akan tertarik mencoba. Rata – rata penduduk desa sekarang tetap mencari hiburan dan tempat untuk hangout. Jika bisa jadi pilihan tempat tersebut, Anda bisa untung lebih besar.

Pilihan usaha yang cocok di daerah pedesaan ini tentu harus disesuaikan. Jangan buka cafe dengan harga mahal. Cukup buka cafe sederhana yang jual kopi giling asli tanpa harus menggunakan bahan mahal. Anda juga bisa pilih makanan pendamping yang mudah dibuat dan terjangkau seperti kreasi gorengan dan jajanan pasar.

Baca juga: Modal Usaha Gorengan & Contoh Gorenga Laris

10. Layanan Warnet

Akses internet di desa tentu makin baik di Indonesia. Walaupun begitu menyediakan layanan internet kecepatan tinggi tetap akan menarik. Layanan warnet ini penting bagi banyak orang terutama dalam mencari informasi dan tugas. Anak – anak sekolah adalah contoh yang pasti mencari akses warnet dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Layanan ini akan lebih menarik jika di pedesaan tersebut, sinyal internet dari telepon seluler (HP) masih lemah atau buruk. Sebagai tips, pastikan menggunakan jasa service internet fiber kabel cepat untuk memastikan kualitas warnet Anda tetap tinggi.

11. Usaha Bengkel Serba Bisa

Ide usaha pinggir jalan kampung yang berikutnya adalah bengkel serba bisa. Di desa, kendaraan tentu tersedia. Tapi kendaraan seperti traktor dan mesin bertani juga bisa jadi target usaha Anda.

Untuk menampung semua kebutuhan service alat bermotor, Anda buka saja bengkel serba bisa. Di sini Anda mencoba mendatangkan tukang yang ahli soal motor, mobil, traktor dan mesin lain. Jika sukses, para konsumen pasti datang banyak ke usaha Anda.

12. Buka Minimarket

Minimarket adalah pilihan usaha yang cocok di pinggir jalan raya. Saat ada orang lewat dan ingin sekedar beli minum, camilan atau lihat – lihat barang diskon, mereka pasti mampir. Franchise minimarket sudah ada banyak yang sukses di Indonesia.

Jika jangkauan minimarket ini bisa masuk ke desa pelosok, pasti orang – orang akan memanfaatkannya.

Baca juga: Cara Mendirikan Usaha Dagang

13. Jual Mainan Anak

Pilihan usaha berikutnya adalah jual manian. Alasan ide usaha yang cocok di daerah pedesaan ini muncul adalah akses hiburan anak masih terbatas di desa.

Anda bisa jadi sumber hiburan dengan memberikan trend mainan terbaru, pengadaan mainan sederhana yang selalu dicari (contoh: layangan dan kembang api) ataupun sekedar jadi tempat orang tua membelikan bingkisan hadiah untuk anak.

Bagaimana menurut Anda soal ide usaha yang cocok di desa pinggir jalan di atas? Mudah – mudahan bahasan ini bisa jadi inspirasi dan berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar