Beranda Business

7 Cara Menciptakan Peluang Usaha di Desa

51

Membuka sebuah usaha itu memerlukan sebuah strategi yang matang, salah satunya menentukan target pasar. Siapa yang membeli dan untuk apa produk tersebut dibeli? Untuk lebih jelasnya, Anda perlu memahami beberapa langkah mudah menciptakan peluang usaha di desa.

Inovasi Usaha di Desa dan Usaha Jangka Panjangnya

Menciptakan inovasi dalam suatu usaha di daerah pedesaan sangatlah penting. Mengetahui saat ini daerah desa terkadang masih jauh dari kata modern, ada baiknya Anda membuat sebuah usaha yang nantinya tetap berguna jangka panjang. Seperti contohnya usaha sembako / toko kelontong.

Biasanya jenis usaha yang seperti itu mudah bertahan sampai waktu yang lama, mengingat bahan pokok itu selalu dibutuhkan oleh banyak orang seperti halnya beras, gula, minyak dan lain-lain. Atau jika menginginkan membuka usaha makanan, usahakan melakukan inovasi secara berkala.

Hal ini dilakukan agar konsumen tetap selalu merasa puas jika membeli produk di tempat Anda. Inovasi itu sangat penting sekali, misalkan saja usaha makanan yang akan memberikan kesan beda dari sebelumnya seperti tersedianya berbagai macam rasa atau bisa memberikan gratis.

menciptakan peluang usaha di desa

Gambar di atas adalah salah satu contoh petani yang sukses membuka peluang usaha di daerah pedesaan dengan cara berkebun (menanam buah-buahan) yang sesuai dan cocok dengan kondisi di desanya.

Menciptakan Peluang Usaha di Desa

Memulai sebuah usaha walaupun kecil-kecilan di daerah pedesaan akan terasa sangat membingungkan, apalagi bagi seorang pemula yang bahkan belum mengerti soal dunia bisnis. Untuk itu silahkan perhatikan penjelasannya berikut ini:

1. Temukan Ide dan Juga Konsep Bisnis Anda

Sebelum memulai sebuah bisnis, ada baiknya Anda persiapkan terlebih dahulu tentang ide ataupun konsepnya. Akan seperti apa bisnisnya nanti lalu bagaimana menerapkan inovasi baru agar konsumen selalu berkunjung. Hal ini sangat penting, karena jika tidak dilakukan sama saja memulai tanpa dasar.

Langkah pertama Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu, bisa juga mendatangi masyarakat yang berlalu lalang untuk diwawancarai terkait apa saja yang paling dibutuhkan akan tetapi tidak ada pasar yang menyediakan kebutuhan tersebut. Dari sini Anda bisa mewujudkan peluang itu.

2. Berkeliling di Sekitar Desa untuk Mencari Rumusan Masalah

Jika suatu bisnis akan dijalankan, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah usaha tersebut. Bisa dikatakan solutif dan juga dapat menyelesaikan masalah yang ada di sekitar pedesaan Anda?

Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menciptakan lapangan pekerjaan baru.
Suatu bisnis akan dikatakan membawa untung jika sudah menjadi sebuah solusi dan mampu mengatasi suatu permasalahan tertentu yang ada di sekitar pedesaan.

Oleh karena itu, Anda harus tahu apa inti dari pokok masalahnya lalu selanjutnya bisa mengembangkan bisnis tersebut.

3. Berdiskusi Bersama

Sebelum menjalankan suatu bisnis, Anda juga bisa menanyakan kepada pihak perangkat desa tentang apa saja yang dibutuhkan di desa tersebut. Jikalau mereka mengatakan kekurangan bahan pokok seperti sembako, tak salah jika membuka usaha toko kelontong.

Dengan begitu, usaha toko kelontong akan laris karena pada umumnya, mereka sangat membutuhkan bahan pokok. Apalagi mengingat antara pedesaan dengan kota memiliki jarak yang sangat jauh dan tidak mungkin mereka membeli di sana.

Baca juga: Jualan yang Cepat Laku/Laris di Kampung

4. Melakukan Inovasi Secara Rutin

Selanjutnya Anda dituntut untuk melakukan inovasi secara berkala. Hal ini dilakukan agar usaha yang didirikan memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri dan membuatnya beda dengan bisnis lainnya. Dengan begitu konsumen tidak mudah lari ke tempat lain.

Inovasi tidak hanya dalam bentuk fisik yang enak dilihat, akan tetapi dari segi pelayanan juga termasuk dalam inovasi. Seperti contohnya saat membuka usaha makanan, berilah pelayanan berbeda dari sebelumnya dengan memberikan varian rasa baru atau beli satu gratis satu.

5. Carilah Partner Bisnis

Anda juga bisa mencari partner bisnis yang dapat dipercaya jika memang tak ingin bekerja sendirian. Akan tetapi, sebagai pelaku usaha yang mendirikan lebih dulu kemudian jelaskan kepada partner tersebut bagaimana visi serta misi yang sudah ditetapkan.

Carilah orang yang mudah dipercaya karena ini menyangkut nyawa usaha bisnis kedepannya. Andajuga bisa mengajak teman terdekat atau bahkan sanak saudara yang pastinya tidak akan mengkhianati bisnis suatu hari nanti.

6. Fokus Dalam Berbisnis dan Tetap Disiplin

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang telah terjun ke dalam dunia bisnis itu harus dijalani dengan telaten, sabar, tekun dan harus tetap fokus.

Dalam artian jangan mudah tergiur dengan usaha baru yang lebih keren misalnya, cukup fokus ke bisnis Anda saja dan lakukan dengan serius.

Hal ini dilakukan karena yang namanya bisnis itu perlu sebuah ketekunan, fokus dan juga disiplin serta tak mudah untuk menyerah. Biasanya ada banyak orang yang baru mendapatkan masalah sedikit saja sudah merasa akan menyerah, jangan begitu. Justru itu menjadi awal usaha bisa sukses.

7. Memberikan Pelayanan yang Baik

Mengingat sifat orang pedesaan itu selalu mudah untuk bergosip dan menyebarkan berita dari mulut ke mulut. Anda dituntut untuk selalu menekankan pelayanan yang baik saat menjalankan usaha. Bila konsumen temperamen, cukup layani sebagaimana mestinya saja.

Hal ini dilakukan agar nama usaha tetap terlihat baik di mata mereka. Nah, jika sudah begitu mereka akan dengan sukarela mempromosikan usaha karena memiliki bisnisnya sangat ramah, pelayanannya baik dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan tentang menciptakan peluang usaha di daerah pedesaan di atas, Anda diharapkan untuk selalu menjaga sikap karena mengetahui sifat orang desa suka adu mulut. Jadi, sebisa mungkin berilah pelayanan terbaik supaya usaha bisnis tetap berjalan lancar tanpa hambatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here