Beranda Otomotif

Penyebab Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah, Brebet saat Jalan

163

Salah satu kendala yang seringkali dialami oleh pengendara mobil pribadi ialah, mengalami ndut-ndutan yang justru membuat perjalanan semakin tidak nyaman. Bahkan dapat menyebabkan pusing dan mual, oleh karena itu kenali penyebab mobil ndut ndutan di rpm rendah.

6 Penyebab Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah

penyebab mobil ndut ndutan di rpm rendah

Penyebab mobil ndut-ndutan memang sangatlah banyak, oleh karena itu diperlukan pemeriksaan serta perbaikan yang teliti. Hal tersebut biasanya bersangkutan dengan komponen mesin yang seringkali menjadi faktor penyebab utama permasalah ini terjadi.

1. Filter Udaranya Kotor

Salah satu penyebab mengapa mobil ndut ndutan di rpm rendah adalah saringan udaranya kotor. Filter udara tersebut memiliki fungsi yaitu menyaring udara yang masuk supaya selalu bersih dari adanya partikel debu serta kotoran yang akan masuk ke dalam. Dengan masalah ini, pasti fatal.

Filter udara yang sudah kotor tentu saja akan menghambat pasokan udara yang dibutuhkan langsung oleh mesin. Akibatnya, campuran udara serta bahan bakar tak lagi bisa seimbang dan hasilnya akan menyebabkan pembakaran tak sempurna yang berujung memengaruhi tenaga mesin.

2. Bensin Kotor

Kemudian penyebab kedua dari mobil ndut-ndutan di rpm rendah ialah filter bensinnya kotor serta mampet. Dengan adanya permasalah seperti ini, justru akan menghambat pasokan bahan bakar mobil yang awalnya akan diinjeksikan ke bagian dalam mesinnya.

Bila kotorannya sudah terlalu banyak, maka tekanan di saluran injeksinya menurun dan hasilnya akan menyebabkan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan tersebut tidak sesuai dengan seharusnya. Kemudian mesin menjadi kurang tenaga, itulah mengapa mobil ndut-ndutan di rpm rendah.

3. Injeksi yang Kotor serta Mampet

Salah satu penyebab lain adalah injeksinya kotor serta mampet, biasanya awal mula terjadinya masalah seperti ini adalah karena filter bensin yang kotor. Perlu Anda ketahui bahwa injektor adalah komponen dengan tugasnya menyemprotkan bahan bakar ke bagian dalam silinder blok di mesinnya.

Terjadinya mampet pada injektor di mesin dapat menyebabkan bensinnya tak dapat masuk ke bagian dalam ruang bakar. Sehingga satu atau bahkan sebagian silinder mesinnya tidak bisa menghasilkan tenaga mesin seperti seharusnya. Itulah mengapa mobil brebet di rpm rendah.

4. Pompa Bensinnya Lemah

Penyebab selanjutnya ialah pompa bensinnya lemah. Pompa tersebut memiliki fungsi yaitu untuk dapat memompa bensin yang ada di tangki bahan bakar ke injektor, tak hanya itu saja pompa juga dapat menciptakan tekanan bensin yang akan dipompakan.

Nah, ketika pompa bensinnya melemah maka tekanan yang akan dihasilkan tersebut akan berkurang pastinya. Hasilnya, jumlah debit bahan bakar mobil yang dibutuhkan disaat injector menginjeksi bensin ke bagian ruang bakar akan menjadi berkurang dari seharusnya.

5. Kebocoran Udara di Saluran Intake

Kemudian ada lagi penyebab lainnya yaitu kebocoran udara yang ada pada saluran intake. Perlu diketahui bahwa saluran intake tersebut dimulai dari saringan bahan bakar sampai dengan intake manifold menuju ruang bakar. Jika terjadi, maka data dari sensor udara tidak sama.

Hasilnya, injeksi bahan bakar dari engine ECU tersebut menjadi tak sesuai. Kondisi seperti ini justru akan menyebabkan mesin bergetar hingga mobil yang Anda tumpangi menjadi ndut-ndutan di rpm rendah. Kebocoran ini juga diakibatkan oleh karet saluran intake sobek, selang vakum bocor.

6. Ada Masalah Pada Sensor dan Aktuator EFI

mobil brebet di rpm rendah

Penyebab selanjutnya mengapa mesin mobil ndut ndutan di rpm rendah ialah datang dari sensor dan juga aktuator EFI yang mengalami masalah. Kondisi seperti ini biasanya disertai menyalanya lampu indikator di check engine pada panel instrumen dashboard.

Sensor dan aktuator EFI kerap kali menyebabkan mobil ndut-ndutan, untuk dapat mengatasinya lakukanlah scanning sistem EFI di kendaraan secara menyeluruh menggunakan scanner khusus. Setelah selesai di scan, nantinya akan terlihat komponen yang bermasalah dan perlu diperbaiki.

Simak juga:

Beberapa Jenis Mobil yang Bisa Ndut-Ndutan

Setelah mengetahui berbagai penyebab mobil ndut-ndutan, kini Anda telah memahami dan mengerti bagaimana harus bertindak agar dapat memperbaiki masalah seperti ini. Ada baiknya, kenali juga beberapa jenis mobil yang kerap kali terjadi ndut-ndutan jika di rpm rendah.

1. Mobil Avanza

Salah satu jenis mobil yang kerap kali terjadi ndut-ndutan di rpm rendah ialah mobil Avanza. Ada banyak sekali penyebab terjadinya masalah seperti ini misalnya saja pompa bensinnya sudah rusak dan lemah, filter bensinnya mampet, injector / spuyer mampet.

Tak hanya itu saja, mobil Avanza juga seringkali ndut-ndutan diakibatkan oleh masalah supply udara di ruang bakarnya, adanya gangguan sistem pengapian seperti busi, kabel busi, coil serta delco, masalah di settingan ECU dan banyak faktor lainnya.

2. Mobil Honda Genio

Selanjutnya, mobil Honda Genio yang kerap kali terjadi ndut-ndutan di rpm rendah. Sama seperti mobil lainnya. Ada banyak sekali faktor penyebab yang menyebabkan mobil satu ini ndut-ndutan sehingga terasa mengganggu saat digunakan untuk berkendara.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kesehatan bagian dalam mesin mobil. Mengingat faktor utama penyebab terjadinya masalah seperti ini ialah dari komponen dalam mobil tersebut.

3. Mobil Kijang

Mobil Kijang pun tak luput dari ndut-ndutan saat di rpm rendah. Hampir semua mobil pastilah pernah mengalami masalah seperti ini. Berbagai macam faktor utama penyebab terjadinya permasalahan ini ialah filter bensin yang biasanya mampet atau bahkan kotor sehingga mesin tak bisa berjalan lancar.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan komponen bagian dalam mobil Kijang tersebut. Dengan begitu, permasalahan seperti ini tak pernah terjadi. Awal dari datangnya masalah mesin ini, berawal dari tidak rutin mengecek secara rutin kesehatan bagian dalam mesin mobil pribadi.

Begitulah penjelasan secara rinci yang bisa Anda pertimbangkan ketika akan memperbaiki masalah dalam mobil pribadi. Setelah mengetahui penyebab mobil ndut ndutan di rpm rendah, patut untuk berhati-hati dan selalu mengecek secara rutin kondisi mobil tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here