Tips Tepat Memilih Kursi Makan Bayi yang Aman

Membeli rumah bekas bukanlah hal yang buruk. Meskipun kamu juga akan membutuhkan biaya tambahan untuk merenovasi beberapa bagian, tetapi pembelian rumah bekas banyak disarankan.

Bagi kamu yang memiliki balita yang masuk usia cukup untuk MPASI, maka aktivitas di rumah bisa menjadi cukup sibuk. Agar rumah tidak berantakan dan anak dapat makan dengan nyaman, kamu perlu menggunakan kursi bayi atau high chair.

Memilih kursi bayi memang gampang-gampang susah, apalagi sekarang hadir dengan berbagai jenis, model, dan merek. Nah, sebelum kamu membelinya, ada beberapa tips yang patut kamu pertimbangkan dulu, seperti :

Tipe Kursi Makan Bayi

Memilih Kursi Makan Bayi

Walaupun memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tempat untuk makan bayi, kursi makan bayi memiliki berbagai macam tipe. Kamu bisa memilih model yang tepat untuk ditempatkan pada rumah dijual di Balikpapan. Beberapa tipe kursi makan bayi yang dijual di pasaran, di antaranya adalah :

Tipe Standar

Tipe standar ini memiliki model biasa pada umumnya. Kursi makan ini terbuat dari plastik dengan dilengkapi dengan sabuk pengaman. Beberapa model bahkan sudah dilengkapi dengan penyangga kaki dan dilengkapi dengan meja baki. Jenis kursi makan bayi ini memiliki berat yang ringan dan ada juga yang bisa dilipat dengan sehingga dapat mudah disimpan, selain itu harganya juga cukup terjangkau. Namun, sayangnya jenis kursi ini kurang terlihat nyaman untuk bayi.

Tipe Full Feature

Selanjutnya, tipe full feature yang memiliki beragam fungsi sekaligus dan terlihat lebih nyaman dibandingkan dengan tipe standar. Kursi jenis ini biasanya telah dilengkapi dengan bantalan kursi, roda, meja baki yang bisa dilepas dan dicuci secara terpisah, pengatur ketinggian yang bisa disesuaikan, serta kelengkapan lainnya. Tipe ini juga dikenal lebih awet karena bisa mengikuti kebutuhan bayi karena bisa diubah menjadi beberapa jenis kursi lain, seperti booster seat.

Tipe Portable dan Hook-on

Selanjutnya ada kursi makan tipe portable dan hook-on untuk ditempatkan pada rumah bekas. Tipe ini bisa dilekatkan pada kursi makan yang ada di rumah sehingga tidak akan membuat rumah penuh dan makan tempat. Kursi makan tipe ini memiliki desain ergonomis dan bisa di bawa ke mana saja, seperti restoran, sehingga lebih ekonomis. Namun sayangnya, tidak semua tipe meja makan bisa diterapkan dengan kursi jenis ini. Apalagi bila meja memiliki permukaan tebal dan tinggi.

Kursi tipe ini sangat direkomendasikan, terutama oleh Asosiasi Dokter Anak Amerika. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan kursi atau meja yang kamu jadikan acuan sudah memenuhi standar keamanan untuk bayi.

Baca juga: Cara Mengurut Badan yang Masuk Angin untuk Bayi

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Kursi Bayi

Nah, setelah melakukan pertimbangan pilihan kursi makan bayi untuk rumah dijual di Balikpapan, selanjutnya ada beberapa kiat yang juga sebaiknya kamu pertimbangkan pada saat akan membeli kursi makan bayi, yaitu :

Keselamatan

Pilihlah kursi makan bayi yang mempunyai tiga atau lima titik sabuk pengaman yang dilengkapi dengan pemisah selangkangan agar anak bayi tidak merosot jatuh pada saat berada di kursi makan. Pastikan juga sabuk pengaman dapat terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas.

Gampang Dibersihkan

Kursi makan bayi pastinya akan cepat kotor karena biasanya anak bayi makan sesuka hati yang membuat makanan tumpah ke mana-mana. Maka dari itu, pilih kursi makan yang gampang dan mudah dibersihkan. Usahakan pilih yang tidak memiliki banyak sudut yang susah dijangkau agar lebih gampang dibersihkan.

Kuat

Pada saat membeli kursi makan bayi, jangan lupa untuk tes kekuatannya. Kamu bisa mengguncang-guncangkan kursi terlebih dahulu supaya yakin kalau kursi kokoh dan kuat. Kursi makan yang baik pastinya tidak akan mudah goyah atau terguling ketika bayi beraktivitas di atasnya. Supaya lebih kuat dan kokoh, kamu bisa memilih kursi makan bayi dengan bagian bawah yang lebar.

Simak juga: Macam Posisi Menyusui yang Nyaman

Kenyamanan

Paling penting adalah kenyamanan untuk bayi. Pilih kursi makan yang sekiranya dapat membuat mereka makan dengan nyaman. Kenyamanan ini salah satunya bisa dengan kelengkapan bantalan yang dimiliki pada kursi makan. Jangan sampai ada sudut tajam di sekeliling kursi makan bayi supaya lebih aman.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih kursi bayi untuk ditempatkan pada rumah bekas. Apakah kamu sudah menemukan kursi makan yang tepat untuk bayimu di rumah?

Tinggalkan komentar