Beranda Lifestyle

Cara Mengurut Badan yang Masuk Angin untuk Bayi, Anak & Orang Dewasa

22

Masuk angin merupakan salah satu gejala penyakit yang sangat umum terjadi pada masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Masuk angin ini memiliki gejala yang sangat familier seperti perut kembung, mual, muntah, pusing, sakit kepala, dan bisa juga menyebabkan sesak napas. Dari pada obat yang pahit dan kerokan yang menyakitkan. Anda bisa mengatasi masuk angin dengan cara memijat. Lalu bagaimana cara mengurut badan yang masuk angin?

Terkadang banyak orang yang tidak menyukai minum obat atau juga kerokan yang menyakitkan. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai cara memijat saat masuk angin bagi bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Berikut penjelasan lengkapnya:

Kenali Terlebih Dahulu Jenisnya, Sebelum Mengetahui Cara Mengurut Badan yang Masuk Angin

Sebelum mengetahui cara memijat badan saat masuk angin, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab masuk angin yang Anda rasakan. Di lingkungan masyarakat kita, masuk angin dikenal ada dua macam, yang pertama adalah masuk angin biasa dan yang kedua merupakan masuk angin yang berbahaya yang dikenal dengan angin duduk.

Dua gejala ini sungguh sangat berbeda. Masuk angin biasa dipercaya terjadi karena pola hidup yang kurang sehat atau ada karena adanya gejala flu. Pola hidup yang tidak sehat misalnya adalah kebanyakan makan cabai sehingga perut terasa kembung, sering kali bergadang sehingga kepala pusing, sakit kepala, badan sakit semua, dan lain sebagainya.

cara-mengurut-badan-yang-masuk-angin

Masuk angin biasa juga sering terjadi karena virus yang jika dibiarkan akan menyebabkan flu. Biasanya sebelum flu Anda akan merasa badan tidak enak, sering sakit kepala, pusing, mual, dan lain sebagainya. Hal tersebut sering kali dianggap sebagai gejala masuk angin.

Namun, ada jenis masuk angin yang perlu diwaspadai yaitu masuk angin duduk atau biasa disebut angin duduk saja. Gejalanya sangat mirip dengan masuk angin akan tetapi hal ini sangat berbahaya sebab menjadi salah satu gejala penyakit kardiovaskular terutama jantung.

Gejala yang ditimbulkan adalah keringat dingin, mual, pusing, lemas, sakit kepala, bahkan disertai dengan nyeri dada di sebelah kiri. Hal ini tidak bisa untuk dipijat karna akan memperparah keadaan. Pemijatan dapat memicu semakin parahnya penyakit gejala penyakit jantung, bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

Untuk masuk angin biasa, Anda bisa memijatnya karena hal tersebut dapat mengurangi gejala yang mengganggu. Tetapi untuk Anda yang merasakan angina atau angin duduk sebaiknya segera pergi ke Rumah Sakit agar dapat ditangani dengan tepat.

Cara Mengurut Badan yang Masuk Angin

Berikut ada beberapa cara memijat badan yang masuk angin biasa pada bayi, anak-anak, dan juga orang dewasa:

1. Cara Mengurut Badan yang Masuk Angin pada Bayi

Bayi sering kali mengalami masuk angin yang ditandai dengan perut kembung. Hal ini sering terjadi karena makanan yang dikonsumsi ibu, makanan yang dikonsumsi bayi, dan juga minuman yang diberikan selain ASI.

Untuk itu berikut cara mengurut bayi masuk angin yang baik dan benar:

  • Pertama, mandikan bayi terlebih dahulu dengan air hangat
  • Letakan bayi di kasur dengan posisi telentang.
  • Selanjutnya, tengkurapkan bayi, bisa di atas bantal sambil dipangku.
  • Usap bagian punggung sambil sedikit ditekan dengan minyak telon

2. Cara Mengurut Badan yang Masuk Angin Pada Anak

Selain bayi, anak-anak di atas 1 tahun juga sering kali mengalami masuk angin, mungkin karena gejala flu atau karena pola hidup yang kurang sehat. Masuk angin pada anak juga sering ditandai dengan perut kembung, sakit kepala, pusing, dan nyeri di beberapa titik tubuh. Berikut cara mengurut anak masuk angin:

  • Pertama, mandikan anak dengan menggunakan air hangat
  • Anda dapat menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih gosokkan pada tangan secara kuat sampai terasa hangat,
  • Baringkan anak dan pijat bagian perut secara perlahan dari sisi kanan, tulang rusuk, lalu ke bagian kiri.
  • Selain itu, Anda juga bisa memijat secara melingkar di bagian perut di bawah tulang rusuk
  • Ulangi gerakan secara terus menerus sampai anak mulai merasa nyaman.

Baca juga: Cara membuat suara serak

3. Cara Mengurut Badan yang Masuk Angin pada Orang Dewasa

Dan yang paling sering kali mengalami masuk angin adalah orang dewasa. Pasti Anda sering kali merasakannya bukan? Pastikan masuk angin biasa seperti yang telah dijelaskan di atas dan pastikan tidak ada nyeri dada kiri dan keringat dingin. Berikut cara mengurut perut masuk angin:

  • Pertama, jika Anda merasa kembung maka bisa dengan berbaring di tempat tidur.
  • Siapkan minyak telon/ minyak kayu putih/ minyak panas
  • Pijat dengan menggunakan minyak tersebut pada perut Anda secara memutar dan tetap dalam kondisi yang rileks
  • Tetapi jika badan terasa sakit semua, bisa ditambah pemijatan di punggung atau di bagian yang terasa sakit,
  • Jika Kepala Anda sakit, bisa juga ditambahkan pemijatan di area kepala di bagian pelipis atau di seluruh bagian kepala secara pelan-pelan.

Mengurut badan, kadang membutuhkan teknik tertentu atau pengalaman. Namun, jika anda bepergian, berwisata misalnya, anda dapat menggunakan jasa pijat panggilan.

Salah satu daerah yang sering dikunjungi adalah Jogja. Nah, jika kebetulan anda membutuhkan jasa Pijat Panggilan Jogja sangatlah mudah menemukannya. Anda bisa memanggilnya kapan saja. Sangat membantu meringankan pegal di badan.

Penutup

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masuk angin dengan pijatan. Kenali masuk angin Anda sehingga tindakannya tidak akan salah atau bahkan akan berakibat fatal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan tetap jaga kesehatan, makan makanan yang bergizi tinggi, jangan lupa olah raga, tidur yang cukup, dan hindari sering bergadang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here