Home Lifestyle

Cara Membuat Suara Serak dengan Mudah dan Bisa Dicoba di Rumah

Memiliki warna bunyi yang serak-serak basah tentu menjadi daya tarik tersendiri bahkan terbilang lebih seksi dan merdu jika sedang menyanyikan lagu. Siapa sangka, jika hal tersebut bisa dilatih secara mandiri. Namun, perhatikan pula bahwa cara membuat suara serak yang dilakukan tidak berbahaya.

Penyebab Suara Serak

Tidak semua orang dianugerahi suara serak sejak di dalam kandungan. Beberapa di antaranya bisa menciptakan warna tersebut ketika beranjak dewasa. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari luar maupun dalam, seperti:

1. Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa makanan memang memiliki andil yang cukup besar terhadap pita suara seseorang, terlebih jika mengandung minyak berlebih. Hal ini bisa menyebabkan sebagai masalah kesehatan apabila pengguaannya melebihi kebutuhan dan tidak terjamin kebersihannya.

Konsumsi makanan yang mengandung minyak atau berlemak tinggi bisa menyebabkan tenggorokan meradang sehingga membuat pita suara lebih besar. Hal inilah kemudian mampu membuat Anda serak bahkan jika tidak diobati bisa mengundang penyakit lain, seperti batuk dan pilek.

2. Tubuh Berada dalam Kondisi Lelah

Berada dalam kondisi yang melelahkan sering kali membuat beberapa orang justru memperoleh beragam penyakit. Hal ini dapat disebabkan karena pola makan serta tidur tidak teratur ditambah aktivitas olahraga minim sehingga tubuh rentan terkena infeksi bakteri maupun virus.

Dalam kondisi lelah, sistem imun ikut melemah sehingga mudah sekali bagi mikroorganisme untuk menyerang tubuh Anda termasuk organ pernapasan. Apabila tidak banyak meminum air putih, maka bisa mengakibatkan tenggorokan meradang sehingga membuat suara menjadi serak.

3. Disengaja dengan Cara Tertentu

Memiliki suara serak tidak harus menunggu tubuh untuk merasakan sakit terlebih dahulu, namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah banyak serta memiliki level tinggi.

Rasa pedas yang dihasilkan oleh makanan tersebut mampu menimbulkan iritasi pada tenggorokan sehingga dapat membuatnya mengalami peradangan. Akibatnya, suara bisa terdengar lebih serak daripada biasanya. Tak hanya itu saja, masih banyak cara lain untuk mewujudkannya.

Cara Mudah Membuat Suara Menjadi Serak

cara-membuat-suara-serak

Selain mengonsumsi makanan pedas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat suara menjadi serak. Langkah ini cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah sehingga tak perlu bantuan dokter atau bahkan pelatih vokal, seperti:

1. Banyak Berbicara

Tidak selamanya banyak bicara menjadi hal yang sia-sia apabila dilakukan. Namun, ternyata aktivitas satu ini bisa menjadi cara untuk mengubah suara Anda menjadi serak. Pasalnya, seseorang akan mengeluarkan tenaga lebih besar ketika berbicara dalam kapasitas berlebih.

Akibatnya, vocal cords yang ada di tenggorokan akan melemah sehingga membuat suara Anda menjadi lebih serak. Namun tetaplah berhati-hati ketika melakukan cara ini, sebab apabila terlalu berlebihan maka bisa membuat organ tersebut mengalami peradangan.

2. Berteriak Sekencang-kencangnya

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah konser musik atau menjadi supporter suatu klub sepak bola? Jika ya, tentu tidak akan jauh dari aktivitas satu ini. Berteriak sekeras mungkin ketika mengunjungi kedua acara tersebut memang menjadi hal yang lumrah dan sering terjadi.

Jika diperhatikan, pasti setelah terlalu sering berteriak, maka suara Anda akan berubah menjadi serak. Hal inilah yang membuat cara tersebut terkesan lebih efektif untuk dilakukan. Pastikan memilih kondisi dan tempat sesuai serta tidak menganggu orang lain.

3. Tidur dengan Mulut Terbuka

Mulut yang dibiarkan terbuka, maka memiliki potensi yang lebih besar untuk dimasuki oleh udara. Akibatnya, tenggorokan akan cepat kering. Hal tersebut bisa menyebabkan pita suara melemah sehingga menyebabkan efek serak di sekitar leher Anda.

Cara ini bisa dilakukan ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, apabila malu dengan orang lain, sebaiknya dilakukan saat tidur. Hal tersebut juga bisa meminimalisir terjadinya kontaminasi bakteri yang terikut oleh udara masuk ke dalam mulut.

4. Bernyanyi dengan Nada Tinggi

Pada dasarnya, ketika sedang bernyanyi pita suara seseorang akan bergetar dan semakin tinggi nada yang dinyanyikan, maka makin kuat pula getaran itu terjadi. Oleh sebab itu, seorang penyanyi harus mampu mengendalikan suaranya ketika memainkan notasinya agar tidak mengalami gangguan.

Bernyanyi dengan nada yang tinggi tanpa adanya pengendalian, maka bisa menyebabkan suara Anda menjadi serak. Hal ini diakibatkan karena vocal cords mengalami getaran berlebih sehingga mudah sekali lelah. Alhasil, iritasi dapat terjadi di sekitar tenggorokan.

5. Kurangi Konsumsi Air Putih

Secara normal, seseorang diwajibkan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini dikarenakan 70% tubuh manusia terdiri dari cairan sehingga perlu asupan yang cukup agar segala proses metabolisme tetap berjalan dengan semestinya serta tidak mengalami gangguan apapun.

Air putih tak hanya membantu proses metabolisme saja, namun juga dapat berperan sebagai pelumas pada tenggorokan Anda sehingga dapat bersuara lebih mudah. Oleh sebab itu, salah satu membuat suara menjadi serak adalah dengan mengurangi konsumsi sesuatu yang dapat melumasi organ tersebut.

6. Mengonsumsi Susu dan Makanan yang Bersifat Asam

Bukan hanya makanan pedas saja, Anda juga bisa mengonsumsi susu dan buah-buahan untuk mengubah suara menjadi serak. Pada dasarnya, buah mengandung tingkat keasaman yang tinggi sehingga mudah sekali menyebabkan iritasi terhadap tenggorokan.

Selain itu, susu juga memiliki sifat asam. Di dalamnya terdapat kandungan yang bisa memicu produksi dahak di sekitar tenggorokan. Hal inilah yang menyebabkan Anda sering mengalami batuk ringan setelah mengonsumsinya dan kombinasikan keduanya agar memberikan hasil lebih baik.

7. Meminum Minuman yang Dingin

Apabila Anda termasuk ke dalam golongan orang yang jarang mengonsumsi air dingin, maka cara ini sangat cocok untuk dilakukan. Pasalnya, tenggorokan secara otomatis akan melakukan adaptasi terhadap suhu di sekitarnya.

Jika Anda sering mengonsumsi air hangat lalu tiba-tiba minum minuman dengan suhu dingin, maka bisa menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi karena tidak terbiasa dengan keadaan tersebut. Alhasil, produksi dahak bisa berlebih dan mengakibatkan suara menjadi serak.

8. Berdehem dan Berlagak Batuk

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah berlagak layaknya orang sedang batuk. Kegiatan semacam ini ditujukan untuk mengeluarkan cairan pada tenggorokan sehingga leher terasa lebih lega. Tak perlu menunggu infeksi, pembaca dapat melakukannya kapan saja.

Lakukan hal yang sama seperti ketika Anda hendak mengeluarkan dahak. Jika dilakukan secara sering, maka bisa menyebabkan laring menjadi terinfeksi sehingga mengubah suara menjadi serak. Namun cara ini cukup berisiko bagi kesehatan, maka sebaiknya pikirkan dengan lebih matang.

Demikianlah uraian mengenai cara membuat suara serak yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Tidak perlu konsumsi obat atau datang ke pelatih vokal, cukup ikuti langkah tersebut serta kerjakan secara rutin. Dengan begitu warna suaranya akan berubah menjadi serak basah. Selamat mencoba!

Beberapa Pertanyaan Terkait mengenai Suara Serak?

Makanan apa yang membuat suara serak?

Suara parau atau serak juga bisa disebabkan dari konsumsi makanan berikut, diantaranya goreng-gorengan, makanan / minuman dingin saat kondisi panas terik, makanan pedas, makanan berlemak atau bersantan, makanan terlalu asin.

Apa yang menyebabkan suara habis?

Penyebab suara hilang tiba-tiba bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya berbicara atau bernyanyi terlalu kencang (menggunakan suara secara berlebihan), laringitis, penyakit GERD, merokok, dan pilek.

Bagaimana cara agar suara merdu dan nafas panjang?

Cara mendapatkan suara merdu diantaranya membersihkan tenggorokan dari lendir di pagi hari (memasukkan air ke hidung bisa membantu lendir keluar), minum air hangat sebelum tidur, sering mengkonsumsi air putih, hindari makanan yang bisa membuat serak (gorengan atau makanan pedas). Sementara untuk mendapatkan nafas yang panjang dilakukan dengan latihan pernafasan, jogging pagi-pagi, berlatih menyanyi dengan lagu tempo panjang, memasukkan muka dan berteriak di dalam baik air, dan latihan meniup lilin dari jarak jauh.

4 COMMENTS

  1. Saya kalo ada masalah, bernyanyi. Ternyata suara saya adalah masalah sendiri. Gak bisa serak2 becek gitu 🙂

  2. Hihi.. iya bang. Tidak semua punya bakat menyanyi, baik itu ditunjang oleh suara ataupun yang lainnya.

    • Betul mas, ini kalau kebanyakan ngomong pasti suara jadi serak. Bagi yang mau nyanyi dan pengen suaranya jadi serak, bisa melakukan ini dulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here