Tips Desain Harbolnas 2020 agar Tampilan Online Shop Lebih Menarik

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan tiba sebentar lagi. Selagi merancang promo terbaik, siapkan pula konsep desain yang menarik agar online shop Anda menarik untuk dipandang. Catat tips desain Harbolnas lewat artikel yang satu ini!

Harbolnas disambut baik oleh masyarakat Indonesia yang menginginkan promo besar-besaran setiap akhir tahun. Budaya ini tak hanya populer di Tanah Air, namun juga mancanegara. Sebagai contoh, Amerika dan beberapa negara di Eropa punya Black Friday.

Sejumlah marketplace dalam negeri telah menerapkan Harbolnas sejak tahun 2012. Terhitung, jutaan barang terjual cepat hanya dalam hitungan hari. Strategi yang dilancarkan tak hanya diskon dan promo, namun juga pengemasan visual secara apik.

tips desain harbolnas

Tips Desain Harbolnas untuk Online Shop

Desain Harbolnas mesti dibangun sesuai tema, to the point, singkat, namun melibatkan seluruh informasi terkait potongan harga yang hendak Anda berikan. Tingkatkan penjualan barang dagangan Anda di online shop, lewat tips desain Harbolnas sebagai berikut.

1. Tampilan Foto dan Video Berkualitas Tinggi

Guna menunjang desain Harbolnas, Anda wajib menampilkan foto dan video berkualitas tinggi. Semakin baik kualitasnya, semakin banyak pengguna yang menyukai online shop Anda. Ini termasuk foto resolusi tinggi, tampilan 360 derajat, hingga desain 3D jika memungkinkan.

Berdasarkan riset dari Baymard Institute, masih banyak website dan online shop yang belum memiliki gambar produk dengan kualitas mumpuni. Faktanya, foto berkualitas rendah dapat merusak selera masyarakat dan menurunkan kesan yang dibuat oleh produk.

Perlu diakui bahwa foto berkualitas rendah menandakan bahwa sebuah online shop tidak peduli dengan barang jualan, sehingga orang-orang cenderung mencari toko lain. Pengaturan zoom juga diperlukan sejak awal agar citra dalam gambar dapat terpampang secara jelas.

2. Pertimbangkan Desain UX

Jika Anda memiliki website online shop sendiri, pertimbangkan desain UX. Kenyamanan adalah alasan utama orang belanja online, sehingga konsep User Experience yang baik akan membuat pelanggan betah berdiam lama dan memilih barang jualan Anda.

Pikirkan hal-hal kecil yang dapat menunjang kenyamanan belanja online pelanggan. Sebagai contoh, Anda dapat memperhitungkan hal berikut:

  • Logo online harus mengarah ke beranda dan selalu terlihat di mata konsumen
  • Tampilkan katalog berdasarkan kategori produk agar memudahkan pencarian
  • Pastikan filter dan kolom pencarian udah berfungsi dengan baik dalam website

3. Jangan Hilangkan Karakteristik

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mendesain harbolnas pada laman online shop Anda adalah menemukan keseimbangan antara estetika dan kegunaan. Tidak cukup memberikan harga yang kompetitif, jaga pula agar karakteristik desain toko Anda tidak hilang.

Tak sedikit pemilik online shop kalap dan membuat desain yang terlalu heboh hingga menghilangkan estetika utama. Terapkan konsep berikut ini:

  • Citra tidak hanya harus konsisten dengan merek, tetapi juga dihubungkan dengan pengguna dan menciptakan hubungan emosional
  • Warna berperan dalam emosi secara psikologis, membangkitkan perasaan tertentu, dan mengatur nada situs web
  • Tambahkan copywriting yang menggugah untuk belanja online, namun jangan lepaskan dengan slogan sehari-hari online shop tersebut

4. Buat Secara Konsisten

Desain situs web harus sesuai dengan produk, mampu mencerminkan, melengkapi merek, dan menciptakan deskripsi yang unik untuk produk. Laman online shop, baik di marketplace, media sosial, atau website sendiri, mesti mempertahkankan konsistensi desain.

Jika warna dasar online shop adalah hijau, maka berikan nuansa hijau bahkan dalam promo Harbolnas. Jika terbiasa menggunakan konsep rustic, maka tampilkan itu juga saat hari belanja online tiba. Konsistensi desain penting untuk menjaga nalar dan minat beli konsumen.

Itu tadi tips desain harbolnas yang bisa diterapkan pada online shop pribadi. Selebihnya, tunjang kebutuhan Anda dengan platform desain yang sederhana, mudah digunakan, namun mampu memberikan hasil terbaik. Selamat mencoba!

Satu pemikiran pada “Tips Desain Harbolnas 2020 agar Tampilan Online Shop Lebih Menarik”

  1. Waaah, alhamdulillah dapet ilmu baru, makasi Kak. Walaupun agak telat, in sha Allah tahun depan bisa kupake lagi untuk jualan parfum di Harbolnas 2021 😀 ternyata banyak templat edesain yang udah jadi tinggal di edit, ga usah pusing. Mkasi Kak Indra.

    Balas

Tinggalkan komentar