Beranda Financial

Cara Mengecilkan Foto 120-200 Kb untuk Daftar CPNS

Memperkecil gambar memang dianggap sebagai sesuatu yang bagi sebagian orang. Namun jangan khawatir, ada cara mengecilkan ukuran file foto dengan mudah. Bahkan hanya dalam hitungan menit dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Bagi pelamar yang memiliki foto, semisal 500 kb atau ukurannya lebih dari 200 kb maka harus dikecilkan menjadi kurang dari kapasitas tersebut atau lebih besar dari 120 kb. Ada dua cara untuk mengecilkan ukuran itu, yakni secara online dan offline.

Cara Mengecilkan Foto Secara Offline

Cara ini juga cukup praktis apabila di laptop atau komputer tersedia sotfware edit foto. Umumnya, untuk pengguna desktop Windows tertanam software Paint yang bisa dimanfaatkan. Selengkapnya sebagai berikut:

cara mengecilkan ukuran file foto
  1. Buka aplikasi Paint
  2. Klik tombol menu yang letaknya di pojok kanan atas kemudian pilih Open untuk memilih foto yang akan dikecilkan ukurannya
  3. Setelah foto terbuka, klik Resize kemudian pilih Percentage Di menu ini, centang percentage horizontal atau vertikal (pilih salah satu) yang disesuaikan dengan kapasitas asli ukuran foto.
  4. Bila foto memiliki ukuran 2 MB, bisa memilih percentage 50 untuk mengubah ukuran menjadi setengahnya, atau 30 untuk sepertiga, 20 untuk seperlima, dan seterusnya.
  5. Bila ukuran masih lebih dari 200 kb ulangi langkah di atas, namun jangan kurang dari 120 kb sesuai aturan
  6. Jika sudah, klik tombol Save dan pastikan memilih format .jpeg atau .jpg sebelum menyimpan.

Cara Mengecilkan Foto Secara Online

Cara mengecilkan ukuran file foto di laptop bisa Anda gunakan melalui situs online. Langkah ini tidak mengharuskan penggunanya untuk melakukan instalasi aplikasi sebelumnya sehingga cukup mudah untuk dilakukan, salah satunya Pixlr Express. Di laman tersebut pelamar dapat mengecilkan foto untuk daftar CPNS dalam lima langkah mudah. Selengkapnya sebagai berikut ini:

  1. Kunjungi laman Pixlr Express di alamat pixlr.com/express
  2. Setelah laman tersebut terbuka, klik ikon Browse yang ada di sebelah kiri untuk memilih foto yang akan dikecilkan ukurannya
  3. Setelah foto terpilih terbuka, klik tombol Save di pojok kanan atas
  4. Berikutnya, di kotak Quality, geser bar ke kiri hingga kapasitas foto turun menjadi 200 kb namun jangan kurang dari 120 kb sesuai aturan BKN Jika sudah, klik tombol Save dan pastikan memilih format .jpeg atau .jpg sebelum menyimpan.
  5. Selesai

Bagaimana bila ingin memperbesar kapasitas foto bila kurang dari 120 kb? Langkah-langkahnya kurang lebih sama. Namun, di langkah ke-4 geser bar ke kanan untuk memperbesar dan klik Save untuk menyimpan.

Beberapa situs online yang bisa mengecilkan ukuran foto, diantaranya:

1. Imgonline

Cara pertama ialah melalui Imgonline. Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi melainkan bisa menggunakannya secara online asalkan memiliki akses internet/. Berikut langkah mudahnya:

1. Langkah pertama yaitu bukalah browser baik melalui PC ataupun ponsel.

2. Selanjutnya akses situs https://www.imgonline.com dan tunggu hingga muncul tampilan seperti ini.

kompres foto 200kb online

3. Anda bisa klik menu Choose File untuk mengunggah file yang akan dikompress.

4. Selanjutnya yaitu pilihlah tingkat kompresi sesuai kebutuhan untuk memperkecilnya mulai dari 20%, 30% hingga 60%.

5. Klik menu OK untuk memulai kompress foto.

6. Terakhir jangan lupa mengunduhnya melalui opsi Download processed image.

2. Compress JPEG

Hampir sama seperti sebelumnya, web ini menyediakan tampilan sederhana sehingga mudah digunakan. Ini bisa menjadi jawaban jika Anda sedang mencari Cara mengecilkan ukuran file foto menjadi 1 MB. Berikut ulasannya:

1. Langkah pertama yaitu bukalah web https://compressjpeg.com/.

2. Selanjutnya pilihlah format tersedia mulai dari JPEG, PNG dan PDF.

3. Klik menu Upload File guna menambahkan file.

4. Anda bisa langsung menyeret foto yang ingin dikecilkan pada kotak tersedia di halaman utama.

5. Atur tingkat kompresi pada kolom Quality sesuai dengan kebutuhan.

cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb

6. Langkah terakhir ialah klik menu Download All.

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto Lewat Hp Android

Anda juga bisa mengecilkan ukuran file foto menggunakan Android dengan melakukan instalasi aplikasi sebelumnya. Penggunanya dapat mengubah ukuran hingga kurang dari 100 Kb sehingga sangat memudahkan proses pengunggahnan untuk berbagai keperluan. Berikut ulasannya:

1. Photo Compress 2.0

Aplikasi pertama ini akan menampilkan fitur yang sederhana, namun menyediakan menu lengkap sehingga bisa menghasilkan kualitas foto cuku baik. Anda juga tidak perlu khawatir jika selama proses pengecilan akan terganggu dengan kemunculan iklan secara tiba-tiba.

1. Langkah pertama ialah lakukan instalasi Photo Compress 2.0 di ponsel.

2. Anda bisa menjalankan aplikasi ini dengan tampilan tiga menu yaitu Gallery, Camera setra Compress and Resize Multiple Photos.

3. Menu Gallery untuk mengambil foto dari galeri ponsel.

4. Menu Camera untuk melakukan kompres foto dengan cara mengambil gambar terlebih dahulu.

5. Menu Compress and Resign Multiple Photos dapat Anda gunakan untuk melakukan kompres foto dengan beberapa gambar sekaligus.

6. Selanjutnya klik tombol COMPRESS dan sesuaikan tingkat kompresi yang dibutuhkan seperti 50% dan 60%.

7. Terakhir klik menu Exit untuk menyimpan foto hasil kompresi.

2. Photo & Picture Resizer

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda gunakan yaitu Photo & Picture Resizer. Fitur di dalamnya terbukti lebih canggih dan lengkap jika dibandingkan dengan sebelumnya sehingga dapat menghasilkan berkualitas.

1. Langkah pertama ialah unduh dan install Photo & Picture Resizer melalui Google Play Store.

2. Selanjutnya berikan izin untuk mengakses media di dalam ponsel.

3. Berikutnya ialah klik menu Pilih Foto untuk memili foto yang ingin diperkecil.

online jpg tools

4. Selanjutnya pilih ikon Resize dan Custom sehingga Anda bisa menyesuaikan persentase tingkat kompresi sesuai dengan kebutuhan.

Itulah tadi cara mengecilkan ukuran file foto yang bisa Anda gunakan (baik melalui situs online maupun aplikasi Android). Keduanya menawarkan fitur pengaturan tingkat kompresi sehingga pengguna dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here