Home Financial Cara Mengecilkan Foto 120-200 Kb untuk Daftar CPNS

Cara Mengecilkan Foto 120-200 Kb untuk Daftar CPNS

0

Cara edit atau mengecilkan foto untuk daftar CPNS 2019 bisa dilakukan secara online dan offline.

Indorsie.com – Bagi pelamar yang memiliki foto, semisal 500 kb atau ukurannya lebih dari 200 kb maka harus dikecilkan menjadi kurang dari kapasitas tersebut atau lebih besar dari 120 kb. Ada dua cara untuk mengecilkan ukuran itu, yakni secara online dan offline.

Cara Mengecilkan Foto Secara Offline

Cara ini juga cukup praktis apabila di laptop atau komputer tersedia sotfware edit foto. Umumnya, untuk pengguna desktop Windows tertanam software Paint yang bisa dimanfaatkan. Selengkapnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Paint
  2. Klik tombol menu yang letaknya di pojok kanan atas kemudian pilih Open untuk memilih foto yang akan dikecilkan ukurannya
  3. Setelah foto terbuka, klik Resize kemudian pilih Percentage Di menu ini, centang percentage horizontal atau vertikal (pilih salah satu) yang disesuaikan dengan kapasitas asli ukuran foto.
  4. Bila foto memiliki ukuran 2 mb (megabita), bisa memilih percentage 50 untuk mengubah ukuran menjadi setengahnya, atau 30 untuk sepertiga, 20 untuk seperlima, dan seterusnya
    cara-mengecilkan-foto-200kb-untuk-CPNS
    Source: guru.id
  5. Bila ukuran masih lebih dari 200 kb ulangi langkah di atas, namun jangan kurang dari 120 kb sesuai aturan BKN
  6. Jika sudah, klik tombol Save dan pastikan memilih format .jpeg atau .jpg sebelum menyimpan. Selesai

Cara Mengecilkan Foto Secara Online

Cara ini cukup praktis sebab tak membutuhkan instalasi di perangkat komputer atau laptop dan memanfaatkan laman situs edit foto daring, salah satunya Pixlr Express. Di laman tersebut pelamar dapat mengecilkan foto untuk daftar CPNS dalam lima langkah mudah. Selengkapnya sebagai berikut ini:

  1. Kunjungi laman Pixlr Express di alamat pixlr.com/express
  2. Setelah laman tersebut terbuka, klik ikon Browse yang ada di sebelah kiri untuk memilih foto yang akan dikecilkan ukurannya
  3. Setelah foto terpilih terbuka, klik tombol Save di pojok kanan atas
  4. Berikutnya, di kotak Quality, geser bar ke kiri hingga kapasitas foto turun menjadi 200 kb namun jangan kurang dari 120 kb sesuai aturan BKN Jika sudah, klik tombol Save dan pastikan memilih format .jpeg atau .jpg sebelum menyimpan.
  5. Selesai

Bagaimana bila ingin memperbesar kapasitas foto bila kurang dari 120 kb? Langkah-langkahnya kurang lebih sama. Namun, di langkah ke-4 geser bar ke kanan untuk memperbesar dan klik Save untuk menyimpan.

Lainnya: Cara Melihat Letak Nomor Ijazah S1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here