Beranda Blogging

4 Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Explainer Video

19

Pasti kamu pernah mendengar istilah yang satu ini, ya traffic website. Secara umum pengertian dari traffic website adalah jumlah data yang dikirim dan diterima oleh pengunjung ke situs web.

Traffic website telah menjadi bagian paling besar dari keseluruhan traffic di dalam internet. Angka traffic ini ditentukan oleh jumlah pengunjung dan jumlah halaman yang mereka kunjungi.

Jenis traffic pun ada dua, yaitu traffic organik dan traffic anorganik (non-organic). Apa sih perbedaan diantara keduanya. Traffic organik adalah jumlah kunjungan dari pengunjung yang berasal dari hasil pencarian organik (organic search) melalui pengetikan kata kunci (keyword) tertentu pada sebuah search engine (mesin pencari).

cara meningkatkan traffic website

Sedangkan traffic anorganik biasanya berasal dari rekomendasi atau link di blog, situs iklan, forum, media sosial, dan link selain dari search engine. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan traffic website kamu salah satunya menggunakan explainer video.

Penasaran dan mau tau gimana caranya meningkatkan traffic website dengan explainer video? Simak aja penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Explainer Video?

Explainer video menjadi salah satu jenis video yang makin populer di internet. Banyak orang dari berbagai industri menggunakan jenis video ini untuk menyampaikan pesan kepada audiens mereka.

Umumnya, tipe video seperti ini menggunakan sentuhan animasi dan grafis untuk memberikan informasi yang menarik dan memudahkan penontonnya memahami pesan yang disampaikan di dalam video.

Sebuah explainer video yang efektif akan menjelaskan pesan-pesan penting yang perlu diketahui penonton tanpa harus berbelit-belit.

Tujuan utama dari sebuah explainer video adalah menyampaikan pesan atau informasi secara singkat padat dan jelas dengan tampilan yang mudah untuk dipahami. Dari sinilah, video tipe ini cenderung memiliki durasi yang pendek.

Selain tujuan utama tadi, explainer video dapat meningkatkan traffic website juga loh. Yuk kita bahas lebih dalam lagi.

Meningkatkan Traffic Website Dengan Explainer Video

Semua pemilik website tentunya ingin meningkatkan traffic pengunjung website agar terus menanjak. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan traffic website kamu, seperti riset keyword, menargetkan long tail keyword, menulis artikel dan masih banyak lagi.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah meningkatkan traffic website menggunakan explainer video. Explainer video bisa menggantikan peran artikel di dalam website yang kamu punya, langsung saja simak penjelasannya.

Tulis Judul Yang Menarik

Judul adalah elemen pertama dari sebuah artikel yang dilihat oleh para pengguna internet. Umumnya orang akan melihat judul terlebih dahulu sebelum akhirnya mengklik artikel tersebut dan masuk ke dalam sebuah website.

Sama halnya dengan explainer video, jika kamu mengupload sebuah explainer video di website kamu dengan tujuan untuk meningkatkan traffic website, membuat judul yang menarik adalah langkah awal yang kemungkinan besar bisa menarik orang untuk melihat, kemudian masuk ke dalam website dan akhirnya traffic website meningkat.

Buat Tampilan Visual Yang Menarik

Jaman sekarang ini makin banyak orang yang maunya itu simpel nggak ribet atau berbelit-belit. Ini adalah salah satu alasan kenapa explainer video semakin digemari banyak orang untuk memberikan informasi dalam bentuk visual yang menarik.

Karena tidak jarang ada pengunjung website yang sudah klik dan masuk ke dalam sebuah website, tetapi karena kemasan artikelnya itu hanya tulisan saja dan tidak menarik maka pengunjung tersebut langsung keluar dari website tersebut.

Dengan menggunakan explainer video artikel yang kamu tulis dapat kamu ubah bentuknya menjadi sebuah video dengan durasi yang tidak panjang sehingga orang tertarik untuk menontonnya.

Informasi dan pesan yang ingin kamu sampaikan kemungkinan besar akan sampai ke penontonnya.

Explainer Video Sebagai Kekuatan Sebuah Artikel

Agar kamu bisa bersaing dengan kompetitor, kamu harus menulis artikel panjang sekitar 1900 kata. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membaca artikel dengan isi yang panjang juga menjadi pekerjaan berat bagi para pengunjung website.

Jika menambahkan ilustrasi atau infografik menarik belum cukup efektif untuk membantu pengunjung website bertahan lebih lama, kamu bisa menambahkan explainer video.

Explainer Video merupakan cara paling efektif untuk membuat pengunjung website betah membaca artikel yang kamu buat.

Update Konten Lama Dengan Kemasan Baru

Setelah kamu membuat banyak konten, artikel, blog dan tulisan lainnya untuk website kamu, jangan lupa untuk melakukan evaluasi konten. Evaluasi konten ini penting untuk mengetahui performa setiap konten yang sudah kamu buat dan kamu publish atau upload.

Kamu bisa menemukan konten, artikel, blog atau tulisan lainnya yang belum menghasilkan trafik website yang signifikan. Apakah kamu perlu menghapus konten tersebut? Tentu saja tidak. Kamu bisa memperbaiki isi dan juga kemasan konten tersebut.

Gunakan explainer video untuk konten, artikel, blog dan tulisan lainnya untuk mengemasnya menjadi sesuatu yang baru dengan harapan konten lama tersebut akan menghasilkan traffic dan meningkatkan traffic website kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here