Home Blogging

Cara Cek Posisi Artikel di Google (SERP Ranking)

Cara Cek Posisi Artikel – Blog yang sudah dioptimasi agar sesuai rekomendasi search engine (Search Engine Optimization/SEO), maka mengetahui posisi artikel di google atau search engine lain adalah hal yang urgen.

Pasalnya, target artikel agar bisa berada di halaman pertama (page one) sangat menguntungkan. Terutama, jika blog tersebut menjual produk, mempromosikan sesuatu, ataupun sedang menarget kata kunci tertentu yang volume pencariannya banyak. Sehingga diharapkan traffic blog meningkat seiring posisi artikel yang berada di halaman utama pencarian, apalagi jika berada di ranking pertama.

Cara Cek Posisi Artikel di Google

Sebenarnya untuk mengecek posisi artikel di google bisa langsung dengan mengetikan kata kunci yang dibidik. Namun masalahnya, kadang ada bias posisi artikel. Tergantung pada lokasi dan apakah kita sementara log in pada akun google kita.

Untuk menyiasatinya, biasanya dilakukan dengan log out akun google dan kemudian membersihkan cache dan cookies browser. Proses ini merepotkan dan tidak praktis.

Oleh sebab itu, ada banyak situs maupun tools/softaware  yang bisa digunakan untuk mengetahui posisi artikel di google, diantaranya:

1. Serpfox

Ini adalah web yang sering saya gunakan untuk mengecek posisi artikel. Terutama pada artikel yang memang saya optimasi dengan maksimal (sesuai kemampuan).

Serpfox dengan tagline smart rank tracking made simple, memang cukup mudah digunakan. Selain itu fasilitas tracking posisi artikel juga ada yang gratis.

Versi gratis sudah sangat membantu. Makanya menjadi salah satu yang sering saya gunakan.

2. Ubersuggest Neilpatel

Ubersuggest saat ini boleh dikatakan adalah web yang cukup sering dan populer digunakan oleh para blogger.

Selain bisa digunakan untuk meriset kata kunci yang potensial, melihat atau mengintip keyword website tertentu, juga bisa digunakan untuk mengecek peringkat website.

Caranya sangat mudah. Terlebih lagi, tidak perlu log in atau membuat akun untuk menggunakannya. Cukup menuju laman neilpatel.com

Kemudian mengetik kata kunci yang ingin dicek, kemudian pilih dan klik kata kunci yang dimaksud. Sebab, selain menampilkan kata kunci yang target, web ini juga akan menampilkan kata kunci yang memiliki relasi atau hubungan dengan kata kunci yang ditarget.

cara-cek-posisi-artikel

Posisi rangking artikel bisa dicari pada bagian kanan, termasuk web-web lain yang juga menargetkan kata kunci yang sama.

3. WhatsMySerp

Ini juga web yang menyediakan fasilitas untuk mengecek peringkat website baik yang gratis maupun berbayar. Namun, kembali lagi bahwa fasilitas gratis yang diberikan juga sangat membantu dan memadai

Kelemahan dari whatsmyserp.com, yakni memberikan batas mengecek kata kunci 10 pencarian dalam sehari. Namun, jumlah ini tidak akan dibatasi, jika kita sudah membuat mendaftar dan membuat akun.

Hal yang menarik di whatsmyserp.com saat mengecek peringkat website, yakni judul (title), deskripsi (description), dan URL yang berada di halaman mesin pencari ditampilkan dengan baik.

4. Rankware

Untuk rankware sendiri berbentuk tools yang harus diinstal di PC/laptop sebelum bisa digunakan untuk mengetahui posisi artikel di berbagai mesin pencari.

Rankware menawarkan 3 opsi mesin pencari untuk mengecek posisi artikel. Selain google, juga dilengkapi dengan Bing dan Yahoo.

Software rankware ini hanya menampilkan posisi artikel pada 3 mesin pencari tersebut dan terbatas digunakan untuk 1 website saja (veri gratis). Untuk versi berbayar, bisa unlimited (tak terbatas) webiste yang bisa ditracking posisinya.

5. SerpRobot

Serprobot adalah tool online untuk mengecek posisi artikel (SERP Ranking). Tool online ini juga paling sering digunakan oleh teman-teman blogger di Indonesia.

Selain gratis (free), serprobot juga memberikan fasilitas cek keyword yang tidak terbatas. Dibandingkan dengan tools sejenis yang biasanya dibatasi hanya beberapa atau 10 keywords.

Tentu ini merupakan opsi yang bagus, untuk senantiasa memperhatikan pergerakan posisi kata kunci yang ditarget.

6. Google Search Console

Ternyata Google Search Console (GSC) juga bisa digunakan untuk mengetahui peringkat artikel di google.

Tentu ini layanan gratis yang diberikan GSC, sebagai bagian dari Google. Cara mengetahui rangking website melalui GSC juga sangat mudah. Cukup membuka akun GSC, yang sudah langsung dipakai jika sudah log in akun google.

Kemudian pada bagian performance, klik New, kemudian pilih Query dan tuliskan kata kunci yang ingin dicek.

cara-mengetahui-posisi-artikel

Kelebihan dari GSC, selain gratis juga bisa mengecek posisi artikel walaupun berada di posisi lebih dari 100.

Artinya, posisi artikel tetap bisa ditracking walaupun posisinya ‘sangat buncit’, yang mana pada beberapa tools di atas tidak akan ditampilkan jika posisinya sudah diambang 10 halaman (rangking lebih dari 100).

Selain itu, pengecekan posisi artikel juga bisa berdasarkan berbagai macam range. Mulai dari yang terbaru (most recent), bahkan sampai 16 bulan yang lalu. Sebuah fasilitas yang pada beberapa penyedia rank tracking adalah fasilitas premium.

Baca juga:

Penutup
Mengecek peringkat website guna mengetahui posisi artikel di google atau search engine lain amat penting untuk mengevaluasi kinerja proses optimasi website atau artikel yang telah dilakukan.

Jika posisi artikel masih sangat jauh dan ingin menarget berada pada halaman satu (page one), maka proses optimasi harus terus dilakukan.

Jika memang sudah mengerahkan berbagai cara dan sumber daya untuk berada di halaman satu, namun tetap tidak bisa. Ini kemungkinan web pesaing anda sangat kuat dan memiliki authority yang sangat bagus.

11 COMMENTS

  1. Selama ini pake GSC cmn buat index artikel aja. Ternyata bisa untuk cek peringkat.. trims infonya bang

    • Sama-sama bang. Fasilitas GSC memang cukup banyak, tinggal dimaksimalkan saja. Daripada beli atau berlangganan tools premium, mending pakai GSC aja.

  2. Ini keren banget, banyak banget loh orang yang sumringah pas tahu artikelnya di page one, eh ternyata ngeceknya pakai akunnya sendiri hahaha, jelas aja terlihat bagus, atau juga ngeceknya pakai keyword dengan nol saingan 😀

    • Haha, kalau nggak ada saingan ma pasti page one ya. Biar tidak bias alias netral, ya kita pakai fasilitas web-web penyedia rank tracking di atas. Cek peringkat adalah hal yang penting, buktinya penyedia itu membuka fasilitas premium. Itu artinya ada ceruk pasar disana.

    • Iya, sekarang sudah menjadi GSC. Neilpatel bisa menjadi opsi yang sangat bagus untuk meriset kata kunci yang tidak perlu mengeluarkan biaya berlangganan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here