Memilih Set Top Box TV Digital yang Bagus dan Rekomendasinya

Masih menggunakan TV analog? Tentunya siaran TV analog sudah tidak nyaman dilihat karena perlahan siaran TV analog telah dialihkan ke TV digital. Jadi jika Anda masih menggunakan TV analog sebaiknya segera beli Set Top Box TV digital yang bagus untuk dapat menonton televisi.

Set Top Box sendiri adalah alat penangkap jaringan TV digital yang dapat dipasang pada TV yang belum mendukung siaran TV digital.

Set Top Box bekerja sebagai receiver atau converter. Namun apakah STB bisa menangkap siaran TV luar negeri? Jawabannya tidak, karena berbeda dengan receiver parabola, STB hanya dapat menerima siaran DVB T yang dipancarkan secara terrestrial.

Akan tetapi, Anda bisa menggunakan perangkat tambahan yang memungkinkan mengakses jaringan TV luar negeri.

Cara Memilih Set Top Box TV digital yang Bagus

set top box tv digital yang bagus

Banyaknya merk Set Top Box yang ditawarkan baik di toko offline maupun online sering kali membuat bingung pembeli.

Jika demikian, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara memilih Set Top Box TV digital yang bagus? Tidak perlu bingung, berikut cara memilih merk Set Top Box TV digital terbaik:

Periksa detail spesifikasi dan pilih sesuai kebutuhan

Setiap perangkat Set Top Box dari merk dan tipe berbeda bisa menawarkan spesifikasi berbeda yang dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya.

Jika sekadar untuk mendapatkan siaran TV digital di Indonesia, cukup membeli perangkat dengan spesifikasi standar.

Namun jika ingin mendapatkan lebih dari itu bisa memilih Set Top Box yang memiliki spesifikasi fitur tambahan sesuai yang diinginkan.

Spesifikasi Set Top Box standar terdiri dari perangkat STB, remote dan kabel. Fitur lainnya yang bisa ada atau tidak pada perangkat STB, seperti berupa portal USB untuk menancapkan flashdisk atau harddisk.

Memori eksternal yang berguna untuk menyimpan rekaman siaran yang diinginkan, membuka file hingga untuk upgrade software. Jika Anda menginginkan STB yang bisa merekam pastikan terdapat keterangan PVR pada spesifikasi STB.

Selanjutnya, set top box juga bisa menangkap siaran TV online atau streaming dengan fitur pendukung yakni IPTV atau Internet Protocol Television.

Dengan fitur tersebut serta menggunakan perangkat USB Wifi dongle yang dibeli terpisah sebagai sumber internet serta membutuhkan jaringan internet atau data untuk bisa menikmati sajian streaming.

Pastikan STB menggunakan standar DVB T2 yang berlaku di Indonesia

Seperti dijelaskan sebelumnya, set top box menggunakan DVB T dengan sistem terestrial untuk menangkap jaringan digital.

Secara spesifik di Indonesia menggunakan DVB T2 yakni sistem terestrial generasi kedua.

Jika set top box yang anda gunakan tidak menggunakan sesuai standar yang berlaku di Indonesia, maka set top box tidak akan bisa menangkap siaran TV.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda dapat melihat dalam spesifikasi Set Top Box atau tanyakan langsung pada penjual. Biasanya keterangan tersebut sudah tertera pada kemasan set top box.

Selain itu, ada baiknya terlebih dahulu mengecek sinyal di wilayah Anda, pastikan telah terjangkau siaran TV digital.

Caranya bisa dengan mengunduh aplikasi sinyal TV digital dari smartphone.

Terdapat sertifikasi yang direkomendasikan Kominfo

Selanjutnya untuk memilih merk STB terbaik dapat dengan berpatokan pada sertifikasi Kominfo.

Kominfo menerbitkan sertifikasi pada set top box yang direkomendasikan dan lolos uji kelayakan sebagai jaminan semua fitur siaran digital pada perangkat yang dikeluarkan merk tersebut berfungsi optimal.

Sertifikasi Kominfo tersebut berupa keterangan khusus pada kemasan set top box. Jika pada kemasannya terdapat gambar MODI yakni ikon jaringan TV digital atau tulisan “Siap Digital” maka perangkat yang Anda beli dipastikan mendukung siaran digital di Indonesia dan berfungsi optimal sesuai spesifikasinya.

Baca juga: Daftar Merk TV LED yang Sering Rusak

Rekomendasi Set Top Box TV Digital

Berikut beberapa rekomendasi STB TV digital untuk Anda :

Matrix

Menawarkan kualitas gambar HD 1080 piksel dan suara yang lebih jernih. Dilengkapi fitur streaming YouTube dan YouTube Kids dengan IPTV menggunakan jaringan internet.

📌 Cek Rekomendasi: ⏩ 
Set Top Box Matrix 

Terdapat dua portal USB yang berfungsi sebagai media player serta fitur MeeCast yang memungkinkan menampilkan konten smartphone pada layar TV.

Tanaka

STB yang peka terhadap sinyal sehingga menghasilkan gambar yang bening cukup menggunakan antena UHF biasa.

📌 Cek Rekomendasi: ⏩ 
Set Top Box Tanaka 

Terdapat fitur streaming dan merekam siaran serta memiliki fitur DLNA yang memungkinkan mengakses file dari perangkat lain, juga terdapat fitur EWS dan games.

Polytron

Set-top box Polytron fleksibel sebab bisa digunakan untuk semua jenis dan merk TV. Baik tabung, LCD, LED hingga plasma.

📌 Cek Rekomendasi: ⏩ 
Set Top Box Polytron 

Kualitas gambar juga dijamin setara dengan siaran TV berlangganan. Sinyal lebih stabil dan dapat merekam acara TV favorit.

Itulah cara memilih Set Top Box TV digital yang bagus serta rekomendasi produk STB untuk Anda. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan komentar

jumbo cashback