Daftar Merk TV LED yang Sering Rusak

Daftar Merk TV LED yang Sering Rusak – Seiring dengan perkembangan zaman, dunia pertelevisian juga mengalami kemajuan teknologi. Hal ini dapat dilihat dari beralihnya TV tabung menjadi TV dengan layar datar atau TV LED.

Tidak hanya bentuknya yang semakin tipis, teknologi yang ditawarkan juga semakin canggih dengan desain yang semakin futuristik.

Ada kelebihan pasti juga ada kekurangan. Begitu juga dengan TV LED. Dengan semakin canggih teknologi yang ada, maka tidak heran apabila harga yang ditawarkan juga semakin tinggi.

Namun hal ini juga tidak menjamin TV LED lebih awet. Ada beberapa merk TV LED yang sering rusak padahal masih baru dan belum lama dipakai.

Hal ini dikarenakan TV LED dipercaya lebih ringkih dan rentan terhadap kerusakan. Komponen TV LED yang sering mengalami kerusakan antara lain power supply, main board, dan panelnya.

daftar merk tv led yang sering rusak

Untuk menghindari buang-buang uang karena membeli TV LED yang langsung rusak dalam satu atau dua tahun, berikut ini kami akan bagikan daftar merk TV LED yang sering rusak.

12 Merk TV LED yang Sering Rusak

Kita semua tahu harga TV LED jauh lebih mahal daripada harga TV tabung. Namun, harga mahal ini tidak menjamin kualitasnya menjadi lebih baik.

Justru tidak sedikit produk TV LED yang sering rusak meskipun jarang dipakai. Beberapa contohnya seperti:

  • Westinghouse
  • RCA
  • Hisense H8 Series
  • Scepter
  • Hitachi
  • FF Falcon
  • Insignia
  • Intex
  • Craig
  • Emerson
  • ONN
  • TCL

Daftar merk tersebut dikumpulkan berdasarkan survey kepuasan pelanggan langsung maupun melalui review online dan diskusi forum seperti Reddit atau Quora.

Hasilnya, merk-merk TV tersebut punya lifespan paling singkat. Mulai dari hanya 2 tahun, 1 tahun, bahkan ada yang baru beberapa bulan langsung rusak meskipun digunakan dengan benar.

📌 Cek Rekomendasi: ⏩ 
TV LED Awet COOCAA 

Harga dari hampir semua merk TV tersebut memang sangat murah jika dibandingkan dengan harga pasaran TV dari merk terkenal.

Selain itu, beberapa dari konsumennya mungkin ada yang mengaku puas oleh kualitas produk TV tersebut.

Namun persentase kita bisa mendapatkan TV yang tahan lama sangat kecil. Sedangkan merk lain seperti Samsung, LG, dan Changhong, bisa menjamin kepuasan pelanggan mereka dengan memberi garansi dari 3 hingga 5 tahun pemakaian.

Hal ini membuktikan bahwa membeli merk TV LED yang sering rusak tersebut akan lebih terasa seperti untung-untungan.

Jika Anda mendapatkan produk bagus, maka TV akan bertahan lebih lama. Tapi Anda sebagai konsumen sendiri tidak mendapatkan jaminan akan selalu menerima produk dengan kualitas sesuai standar.

Faktor yang Menyebabkan Merk TV LED yang Sering Rusak

Merk TV LED yang sering rusak tidak hanya dipengaruhi oleh kualiats dari TV itu sendiri. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Sehingga TV LED jauh lebih awet apabila dijauhkan dari hal-hal tersebut. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kerusakan pada TV LED:

Tempat peletakan TV LED terlalu sempit dan kurang atau tidak ada ventilasi

Dengan bentuknya yang lebih tipis bila dibandingkan dengan TV tabung, TV LED memang tidak membutuhkan ruang yang banyak.

TV LED bisa ditempatkan pada ruang yang terbatas sekalipun. Namun bukan berarti TV LED bisa ditempatkan pada ruang yang sempit dan minim ventilasi.

TV LED membutuhkan tempat yang lebih lega dan sirkulasi udara yang cukup. Ruangan yang sempit dapat menyebabkan komponen di dalam TV LED menjadi lebih cepat panas ketika dalam keadaan menyala.

Apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus tentu saja dapat merusak komponen tersebut.

📌 Cek Rekomendasi: ⏩ 
TV LED Awet COOCAA 

Arus listrik untuk TV LED tidak stabil

Merk TV LED yang sering rusak juga disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil. TV LED membutuhkan arus listrik yang stabil agar dapat beroperasi dengan baik.

Arus listrik yang tidak stabil sangat berpengaruh terhadap kinerja komponen yang ada pada TV LED. Hal ini dapat membuat kerusakan menjadi lebih cepat terjadi.

TV LED digunakan pada ruangan dengan suhu tinggi

Keadaan cuaca juga dapat mempengaruhi merk TV LED yang sering rusak. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada TV LED.

Hal ini bisa terjadi karena komponen yang ada di dalam TV LED mengalami keretakan atau meleleh akibat suhu tinggi dari dalam mesin serta dari suhu di sekitar ruangan.

Baca juga:

TV LED diletakkan bersama barang-barang dengan medan magnet

Selain ruangan yang sempit dan lembab, merk TV LED yang sering rusak juga disebabkan peletakannya di dekat benda yang mempunyai medan magnet. Benda tersebut antara lain smartphone dan speaker internal.

Gelombang magnet pada kedua benda tersebut dapat menyebabkan terganggunya kinerja dari TV LED.

Nah itu tadi beberapa merk TV LED yang sering rusak beserta faktor penyebabnya. Jika ingin TV Anda awet, maka perlu perawatan lebih baik dengan menghindari hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Tinggalkan komentar

jumbo cashback
/* */