Home Blogging Guest post

Resep Dendeng Sapi Kering Sederhana dan Gurih Banget

Bagi kalian penyuka olahan daging sapi pasti sudah tidak asing dengan dendeng. Dedeng tidak hanya jadi solusi masakan yang mudah namun juga alternatif untuk dibawa ke tanah rantau. Untuk itu bagi kalian yang sedang ingin kembali merantau ataupun mencari inspirasi resep Idul Adha, coba saja resep dendeng sapi kering ini.

Untuk rasa kalian tidak perlu khawatir, pastinya rasa gurih, pedas dan nikmat yang bakal bikin nagih. Dendeng sapi cocok sebagai pelengkap makan kalian, cita rasa yang khas dari dendeng sapi tidak bisa digantikan oleh rasa masakan lain.

Untuk momen Idul Adha seperti sekarang, sangat direkomendasikan untuk membuat variasi olahan daging yang beda dari yang lain, salah satunya adalah dendeng sapi kering. Tapi sebelum mencoba membuat dendeng sapi kering di rumah, yuk intip sejarah singkat dari olahan dendeng sapi yang awet dan nikmatnya kebangetan ini.

Asal Usul Dendeng

Sebelum kita mencoba mengkreasikan resep dendeng sapi di rumah, perlu kalian tahu dendeng sapi merupakan makanan olahan daging sapi yang memiliki banyak jenis, ada dendeng kering, basah dan kering bersaus. Dendeng pada umumnya merupakan daging sapi yang diolah kemudian dimasak terus menerus hingga kering dan dapat disimpan berhari-hari.

Oleh karena itu masakan dendeng sangat cocok dibawa untuk merantau karena awet dan tahan lama. Kalian bisa menjumpai aneka macam olahan dendeng pada berbagai kota di Indonesia, dimana cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal daerah tersebut.

Resep Dendeng

Setelah kalian mengetahui asal usul dendeng yang merupakan makanan asli Indonesia, selanjutnya yuk cobain resep dendeng kering ini. Pastinya mudah, bahan yang diterjangkau dan bakal bikin kalian ketagihan. Untuk itu perlu kalian siapkan bahan dan baca langkah-langkahnya dibawah ini yuk!

resep-dendeng-sapi-kering
Dendeng sapi kering, Foto instagram.com/zhileea

Bahan dan Bumbu Dendeng Kering

  • 1 kg daging sapi, cuci bersih dan potong tipis-tipis
  • 8 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • ¼ cabai merah
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu ungkep untuk daging

  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jahe
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Dendeng kering

  1. Haluskan 3 siung bawang putih, 2 ruas jahe dan garam secukupnya. Kemudian lumuri daging dengan menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan.
  2. Selanjutnya ungkep daging yang sudah dilumuri bumbu sekitar 30 menit. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa secukupnya.
  3. Setelah daging empuk, angkat dan pipihkan daging menggunakan ulekan,
  4. Kemudian, halus bumbu yang terdiri dari 8 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, ¼ cabai merah dan 1 buah tomat. Lalu tumis bumbu halus sampai harum
  5. Lalu, masukan daging yang sudah dipipihkan kedalam tumisan bumbu. Aduk sampai merata sempurna
  6. Selanjutnya, angkat dan sajikan.

Bagaimana mudah bukan untuk membuat dendeng kering di rumah? Jika kalian tertarik mengkreasikan resep dendeng kering, siapkan waktu sekitar 45 menit saja untuk membuatnya. Sedangkan budget untuk memasak menu tersebut sekitar Rp120.000 yang bisa dinikmati untuk 4 orang – 5 orang. Jadi, cukup terjangkau bukan?

Simak juga: Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

Kandungan Gizi Dendeng

Selain nikmat, dendeng juga memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari 433 kkal kalori, 55 gram protein, 9 gram lemak, 30 miligram kalsium, 370 miligram fosfor dan 5 miligram zat besi.

Sangat lengkap bukan? Selain punya nutrisi lengkap, dendeng juga awet jadi cocok untuk menjadi bekal bepergian. Untuk itu, apakah kalian tertarik mencoba membuat dendeng sapi sendiri di rumah?

Artikel ini guest post dari kulinerkota.comReferensi Lengkap Kuliner Khas di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here