Contoh Nama Makanan Awetan dari Bahan Baku Nabati

Pada umumnya, makanan awetan itu memiliki dua jenis jika dilihat berdasarkan bahan pembuatan. Termasuk makanan awetan dari bahan baku nabati yang tentunya bisa membuat tubuh lebih aman dari zat kimia.

Beberapa Contoh Makanan Awetan dari Bahan Baku Nabati

Makanan awetan yang terbuat dari bahan baku nabati ini banyak sekali diminati oleh hampir semua masyarakat di indonesia. Mengingat terbuat dari berbagai tanaman layaknya sayur dan juga buah-buahan yang tentu saja menyehatkan tubuh.

Adapun beberapa macam contoh makanan awetan dari bahan baku nabati seperti halnya selai, jelly, kacang, sirup, manisan dan jus buah, minyak, tepung, bawang goreng, rengginang, kecap, agar-agar bubuk, saus tomat, margarin, pecel, asinan buah, tahu tempe bacem, roti, biskuit, coklat.

Masih ada lagi selain yang disebutkan di atas antara lain agar-agar, gula pasir dan juga merah, keripik kentang dan singkong dan masih banyak lagi. Tak heran jika tidak sedikit orang menyukai makanan berbahan nabati ini.

Jenis Makanan Awetan dari Bahan Baku Nabati

makanan awetan dari bahan baku nabati

Seperti yang telah Kamu ketahui bahwa makanan awetan yang berbahan dasar nabati ini contohnya adalah olahan yang terbuat dari tanaman atau bahkan bahan yang diolah langsung dari tanaman tersebut sendiri. Apa saja jenis-jenisnya?

1. Acar

Jenis makanan awetan berbahan nabati pertama ini memang sering dijumpai adalah acar yang merupakan salah satu jenis awetan nabati berupa sayur mayur dan juga buah. Kamu pasti pernah mengkonsumsi acar bukan?

Biasanya orang-orang membuat makanan awetan berbahan nabati seperti acar ini dengan memasukkan beberapa bahan ke dalam air yang sudah tercampur dengan rendaman cuka. Kemudian setelah di diamkan selama satu hari acar sudah siap dikonsumsi.

2. Kimchi

Kamu pasti tahu makanan berbahan nabati satu ini. Ya, kimchi yang biasanya banyak dikonsumsi oleh orang-orang korea kini merambat ke Indonesia. Melihat cara makan orang korea yang sangat menikmati kimchi membuat masyarakat juga ingin mencicipinya bahkan mengolah sendiri di rumah.

Kimchi biasanya dijadikan pendamping lauk oleh orang Korea, begitu juga dengan orang Indonesia. Makanan yang terbuat dari bahan nabati ini dibuat dari asinan dan juga sayuran namun sudah difermentasi sebelumnya.

3. Buah Kalengan

Jenis makanan awetan berbahan dasar nabati selanjutnya adalah buah kalengan. Kamu pasti pernah mengkonsumsinya bukan? Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan bahan ini untuk dijadikan sebagai salad buah dan manisan lainnya.

Namun, tak harus beli karena Kamu sendiri bisa membuatnya di rumah. Caranya cukup memasukkan buah-buahan seperti leci, mangga, nanas, apel dan lain-lain yang sudah diawetkan dan dimasukkan ke kaleng yang kedap udara. Dengan begitu kuman tak mudah masuk.

4. Asinan

Makanan awetan selanjutnya adalah asinan. Biasanya jenis seperti ini adalah makanan yang diawetkan dengan direndam ke larutan garam. Itulah mengapa namanya disebut asinan karena sayur-sayuran atau buah-buahannya berendam air garam.

Beberapa contoh dari makanan awetan berbahan dasar nabati ini seperti halnya kubis, tahu, taoge, dan buah-buahan yaitu mangga yang mentah, apel, papaya, pala, nanas dan masih banyak lagi jenis bahan nabati lain. Asinan ini biasanya akan tahan lama jika dikemas dengan cukup baik.

5. Aneka Jenis Keripik

Tahukah Kamu jika makanan awetan berbahan dasar nabati ini bisa dijadikan keripik? Ya, tentu saja bisa dan jenis-jenisnya meliputi singkong, pisang, ubi, kentang, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, ada yang terbuat dari buah seperti apel, semangka, mangga dan-lain.

Biasanya Kamu akan menjumpai jenis keripik ini di supermarket terdekat. Dalam pembuatan keripik dari bahan dasar nabati ini di inovasikan agar semakin banyak makanan yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

6. Selai

Biasanya makanan awetan berbahan nabati satu ini banyak dipilih masyarakat sebagai teman pendamping roti saat sarapan. Selai adalah salah satu makanan terbuat dari sari buah yang sudah dihaluskan dan ditambahkan gula lalu dimasak.

Banyak orang lebih memilih untuk membuat selai di rumah daripada harus membelinya ke supermarket, apalagi caranya mudah. Jika bisa mengolah sendiri kenapa harus membeli? Bahan yang digunakan dalam pembuatan selai tak boleh terlalu matang dan mempunyai rasa asam.

Baca juga:

Contoh Makanan Awetan Dari Bahan Baku Nabati Khas Nama Daerah di Indonesia

Makanan awetan berbahan nabati ini merupakan makanan yang sudah diawetkan dengan berbagai macam cara agar bisa dikonsumsi. Namun, ada beberapa pangan yang berasal dari setiap daerah yang terbuat dari bahan nabati.

Jika Kamu pernah mengunjungi kota Yogyakarta, maka sudah tak asing lagi dengan yang namanya gudeg bukan? Makanan ini termasuk ke dalam makanan nabati. Ada juga dari daerah lain seperti papeda dari Papua, pecel (Jawa Timur), lumpia rebung (Semarang), jengkol (Jakarta).

Ada lagi dari daerah Jawa Tengah yaitu gethuk, roti kacang dan lemang dari Sumatera Utara, bubur manado dari Sulawesi. Banyak sekali bukan? Dari jenis makanan tersebut semuanya terbuat dari bahan nabati lho, Kamu wajib coba dan rasanya dijamin sangat nikmat.

Demikian penjelasan dari beberapa makanan awetan dari bahan baku nabati yang mungkin bisa membantu Kamu jika mencari makanan berbahan nabati. Semoga apa yang dijelaskan dari artikel di atas dapat membantu.

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar