Kenapa Sekarang Banyak Apotek Online?

Pernah mendengar layanan apotek online? Mungkin sudah banyak juga diantara kita yang pernah memakai layanan ini.

Apotek online adalah layanan kefarmasian yang beroperasi melalui media internet atau disebut juga beroperasi secara online. Berbeda dengan apotek biasa, apotek online mempunyai cara penjualan tambahan melalui website atau aplikasi yang dioperasikan oleh mereka.

Apotek online secara perizinan sebenarnya sama saja dengan apotek biasa. Apotek online tetap harus mengikuti persyaratan seperti harus mempunyai apoteker dan asisten apoteker, harus mempunyai sarana kefarmasian dan harus mematuhi peraturan yang berlaku.

Jadi suatu apotek online juga mempunyai toko fisik seperti apotek biasa, tidak boleh suatu apotek online hanya beroperasi secara online saja. Apotek online tetap harus mempunyai sarana kefarmasian.

Penyebab Kenapa Sekarang Banyak Apotek Online

kenapa sekarang banyak apotek

Kenapa banyak sekarang apotek biasa yang menjual obat-obatan secara online ?

Banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk perkembangan teknologi, kebiasaan konsumen dan lain sebagainya.

Yang jelas sepertinya tren penggunaan apotek online semakin bertambah dari hari ke hari. Berikut beberapa faktor penting yang menyebabkan berkembangnya apotek online.

Internet Semakin Murah

Harga internet mungkin adalah faktor pertama yang menentukan banyaknya muncul apotek online. Mungkin faktor ini bukan hanya berpengaruh kepada layanan apotek online tapi kepada semua layanan online.

Mulai dari kemunculan banyak sekali toko online, marketplace, layanan jasa konsultasi online dan lain sebagainya. Apotek yang pada dasarnya juga menjual barang berupa obat, mau tidak mau juga mengikuti tren ini.

Pada awal tahun 2000 an harga internet masih menjadi momok buat penggunanya. Harga internet kabel misalnya masih berkisar satu jutaan, itupun dengan kualitas kecepatan yang hanya dibawah 1 mbps.

Harga internet melalui perangkat mobile apalagi, harga 3G itu masih terhitung sangat mahal.

Jaman sekarang harga internet cukup murah, mulai dari 50 ribu saja seorang pengguna sudah bisa mendapatkan paket data lebih dari 5 GB.

Harga internet kabel juga hanya kisaran ratusan ribu perbulan, itupun sudah menawarkan kecepatan hingga 10 mbps keatas.

Perilaku Konsumen

Tidak dapat dipungkiri konsumen atau pembeli jaman sekarang mempunyai perilaku transaksi yang berubah dari waktu ke waktu.

Mereka mempunyai kesibukan sendiri yang sudah menumpuk selama seharian penuh. Banyak dari mereka yang mengutamakan kemudahan dalam membeli barang.

Membeli barang secara online menawarkan banyak kemudahan tersebut. Cukup klik dari website dan aplikasi, bayar melalui berbagai macam metode pembayaran dan tunggu barang dikirimkan ke rumah.

Belanja obat juga mengikuti perilaku konsumen tersebut. Obat pada dasarnya sama seperti barang walaupun dalam beberapa aspek juga berbeda, seperti aturan pakai obat harus lebih ketat daripada barang umumnya.

Tapi dari sisi transaksi, obat sebenarnya barang juga dan membeli barang secara online banyak digemari oleh konsumen sekarang ini.

Itulah sebabnya apotek online banyak bermunculan, yaitu untuk mengikuti perilaku konsumen yang juga berubah.

Simak juga:

Banyak Metode Pembayaran Baru

Permasalah transaksi online yang cukup signifikan adalah cara pembayaran. Transaksi secara online sulit untuk menerapkan sistem pembayaran tunai.

Walaupun dulu pernah tren sistem pembayaran secara COD (Cash On Delivery), artinya dibayar tunai pada waktu barang sampai di rumah.

Tapi tetap saja sistem pembayaran seperti ini tidak praktis dan juga tidak aman. Jaman sekarang banyak sekali sistem pembayaran online baru yang bermunculan mulai dari kemudahan memakai kartu debit secara online, kartu kredit dan dompet digital.

Dompet digital memegang peranan yang cukup penting, banyak sekali cara pembayaran melalui Go Pay, OVO, DANA dan berbagai dompet digital lainnya yang bisa digunakan.

Lihat juga: Cara top up ovo bni mobile banking

Kemudahan cara pembayaran ini juga menjadi pemicu apotek online tumbuh subur sekarang ini.

Tinggalkan komentar