7 Jenis Sembako Terlaris agar Penjualan Meningkat Keuntungan Berlipat

Bagi Anda yang mempunyai warung atau berencana membuka toko kelontong, 7 jenis sembako terlaris ini bisa meningkatkan jualan yang menguntungkan. Di tengah sempitnya peluang kerja saat ini, berwirausaha dengan membuka warung sembako memang jadi pilihan bagi sebagian orang.

Peluang usaha warung sembako terbilang cukup menjanjikan. Sebab, sembako menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Tak mengherankan jika permintaan pasar terhadap aneka macam barang sembako pun tak pernah sepi.

Nah untuk Anda yang berencana membuka toko sendiri, selain dagangan sembako, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Apa saja persiapannya? Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Daftar Barang Warung Sembako Lengkap

jenis sembako terlaris lengkap cepat laku dijual

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa memulai bisnis warung sembako butuh beberapa persiapan. Salah satunya adalah membuat daftar barang barang warung sembako. Mulai dari produknya hingga barang-barang pendukung yang Anda butuhkan, seperti etalase kaca, rak besi siku, meja, hingga kalkulator.

Barang-barang ini sangatlah krusial. Jadi Anda harus mengutamakannya agar dagangan Anda tersimpan dengan baik. Selain barang-barang tersebut masih ada persiapan lainnya. Diantaranya adalah seperti berikut:

Modal

Setiap usaha pasti butuh modal. Tidak terkecuali untuk warung sembako Anda. Modal ini bisa berupa materiil dan non materiil. Modal materiil setidaknya harus mencukupi biaya pengadaan alat dan barang, biaya untuk produk-produk sembako, hingga biaya lain-lain.

Cari tempat stok jualan

Sebelum membuka warung, Anda perlu mencari tempat stok jualan terlebih dahulu. Supaya keuntungan Anda berlipat, pilihlah supplier sembako dengan sistem grosir.

Jadi Anda bisa mendapatkan harga lebih dan keuntungan berlipat. Walaupun begitu Anda tetap harus memilih toko yang dekat dari rumah ya, dengan begitu ongkos jalan pun tidak akan besar anggarannya.

Riset harga jual per bahan

Supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat, lakukanlah riset harga jual sembako di pasaran. Setelah melakukan riset pun, Anda harus punya patokan yang jelas untuk menetapkan harga jual. Sembako yang dijual terlalu murah bisa menyebabkan kerugian untuk usaha Anda.

Begitu pun jika sembako Anda jual terlalu mahal. Selain rugi, Anda akan kesulitan mendapatkan pembeli jika harganya terlalu tinggi. Jadi, pastikan harga sembako di warung Anda berada di kisaran yang tepat ya.

Produk berkualitas

Karena Anda menjual sembako, maka kualitas harus dijadikan perhatian utama. Daripada menjual sembako dengan harga murah tapi kualitas buruk, lebih baik Anda memilih dagangan dengan kualitas baik dan harga jual yang masuk akal. Dijamin konsumen nggak akan kapok belanja di warung Anda.

Lihat juga: Cara Mengatasi Warung Sepi agar Ramai Pembeli

Buat strategi penjualan dan berikan layanan terbaik

Pernah dengar istilah pembeli adalah raja? Nah sebagai penjual Anda harus mengaplikasikan istilah tersebut. Tak peduli siapapun pembelinya, Anda harus bersikap ramah dan memberikan pelayanan yang baik. Hal ini akan berpengaruh pada citra warung Anda.

Selain pelayanan terbaik, Anda perlu menyusun strategi penjualan untuk mendatangkan konsumen. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi. Anda bisa promosi dari mulut ke mulut, lewat sosial media, pamflet, maupun memberikan potongan harga di awal pembukaan warung.

Baca juga: Cara Menata warung sembako agar Terlihat Menarik

Jenis Sembako Terlaris, Cepat Laku, dan Menguntungkan

Setelah mengetahui barang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk membuka warung, saatnya untuk mengetahui jenis sembako yang paling laris di pasaran. Karena banyak dicari pembeli, maka Anda wajib menjualnya agar keuntungan makin berlipat.

Berikut ini beberapa daftar isi warung sembako sederhana dan jenisnya bisa terus ditambah seiring dengan berkembang toko kelontong yang Anda miliki.

1. Beras

Seperti yang kita tahu, beras adalah kebutuhan pokok bagi masyarakat. Beras dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner khas Indonesia. Tak hanya untuk rumahan, kebutuhan beras di tempat-tempat makan pun cukup tinggi.

Untuk warung sembako skala rumahan, Anda bisa menjual beras secara eceran maupun kemasan 5 kg atau 10 kg.

2. Minyak

Barang kelontong terlaris berikutnya adalah minyak goreng. Hampir semua olahan membutuhkan minyak goreng, mulai dari memasak ayam, telur, menumis bumbu, dan lain sebagainya. Karena tingkat pemakaiannya yang tinggi, minyak goreng jadi bahan pokok yang paling banyak dicari.

Anda bisa menjual minyak goreng dari berbagai merek. Mulai dari Sunco, Sania, Fortune, Bimoli, dan lain sebagainya. Supaya tidak kehabisan stok, Anda bisa menyediakan minyak goreng dalam ukuran yang bervariatif.

3. Gula dan Garam

Gula dan garam adalah dua bahan pokok yang selalu ada di dapur. Tanpa tambahan garam, masakan Anda akan terasa hambar. Untuk garam, Anda bisa menjual garam beryodium yang penting bagi kesehatan.

Sementara gula, fungsi utamanya untuk membuat minuman terasa manis. Jadi, pastikan dua bahan ini berada dalam daftar dagangan Anda. Supaya lebih lengkap, Anda juga bisa menambahkan bumbu-bumbu lain seperti kecap, bumbu penyedap, bumbu racik, dan sebagainya.

4. Telur

Telur adalah salah satu dagangan sembako yang paling laris. Telur yang kaya protein kerap kali digunakan sebagai pengganti daging. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral. Dengan harga jualnya yang cukup terjangkau, tak mengherankan jika banyak orang membeli telur untuk keperluan sehari-hari.

Disamping itu, telur juga menjadi bahan utama membuat kudapan. Wajar saja telur menjadi bahan pokok yang harus ada di dapur.

5. Mie instan

Bahan sembako berikutnya yang wajib ada di warung Anda adalah mie instan. Apalagi jika warung sembako milik Anda ada di dekat kosan. Karena cara memasaknya yang cepat, mie instan dipilih banyak orang untuk dijadikan makanan pengganti nasi.

Supaya keuntungan lebih besar, juallah mie instan yang paling laris, seperti mie Sedap, Indomie, Sarimi, dan sebagainya.

6. Peralatan mandi

Peralatan mandi tak kalah pentingnya dari bahan sembako di atas. Setiap harinya kita pasti membutuhkan peralatan mandi bukan?

Nah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar warung Anda, sediakanlah peralatan mandi mulai dari sikat gigi, shampo, pasta gigi, sabun mandi, dan lain sebagainya. Selain perlengkapan mandi orang dewasa, Anda juga bisa menambahkan perlengkapan mandi bayi atau anak-anak.

Simak juga:

7. Buah dan sayur

Buah dan sayur juga cukup laris di pasaran. Anda bisa menjual berbagai macam sayur dan buah, seperti sawi, kangkung, wortel, apel, pisang, dan lain sebagainya.
Itu tadi jenis sembako terlaris yang harus ada di warung Anda.

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar