6 Cara Menata Warung Sembako Sempit Agar Terlihat Menarik Pembeli

Mempunyai toko atau warung sembako bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Terlebih lagi jika warung sembako tersebut laris, pastinya Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Selain stock barang yang lengkap disertai dengan pelayanan yang prima (penjaga warung ramah) kepada pelanggan, tips dan cara jualan sembako biar laris yang membuat betah pelanggan, salah satu triknya adalah dengan cara memperhatikan penataan warung.

Cara Menata Warung Sembako di rumah Agar Terlihat Menarik

Agar warung sembako terlihat rapi, inilah beberapa cara menata warung sembako agar terlihat menarik dan membuat pembeli lebih nyaman saat berbelanja di warung sembako Anda.

cara menata warung sembako agar terlihat menarik

1. Menata Dinding Warung

Warung sembako biasanya menjual beberapa bahan dan barang rumah tangga. Dengan begitu banyaknya barang, warung ini sangat rentan terlihat jelek dan berantakan. Untuk meminimalkan kesan ini, Anda bisa memaksimalkan penataan bagian dinding warung sembako.

Model toko sembako dapat dibuat minimalis dan indah dengan mengecat dinding dengan warna-warna cerah dan menarik. Bahkan Anda bisa menempelkan wallpaper di bagian dinding warung sembako agar terlihat unik dan indah.

Walaupun warung sembako sederhana, tetapi dengan penataan dinding yang indah akan memberikan kesan indah, nyaman, dan menarik. Terlebih lagi bila warna dan layoutnya pas akan membuat warung yang awalnya kelihatan sempit menjadi lebih luas dan legah

Pemilihan cat dinding bisa memakai beberapa warna seperti biru muda, pink, putih, kuning, ataupun beberapa pilihan warna lainnya. Jangan sekali-kali memakai warna gelap untuk warung sembako karena terlihat sempit dan gelap.

2. Memajang Barang Dagangan dengan Rapi

Resep menata toko sembako lainnya adalah dengan memajang dan menata barang dagangan dengan rapi dan baik. Beberapa orang memajang barang tersebut secara vertikal dibandingkan memilih penataan horizontal.

Bila Anda memilih penataan vertikal, maka Anda bisa memaksimalkan ruang di lemari display.

Selain itu, penataan ini akan membuat barang dagangan Anda terlihat lebih banyak dengan tampilan yang menarik. Agar memperoleh tampilan visual indah dan menarik, maka cara mengatur rak toko Anda bisa dilakukan dengan menempatkan rak gantung untuk menata barang dagangan Anda.

Pilihlah rak yang sesuai dengan luas dan ukuran warung sembako Anda karena biasanya ukurannya berbeda-beda. Dengan tambahan rak tersebut, maka Anda bisa menghemat ruang dan menata barang dagangan lebih mudah.

3. Jangan Meninggalkan Kesan yang Berantakan

Para pembeli akan merasa jauh lebih senang berbelanja di warung sembako Anda jika warung tersebut terlihat rapi dan tidak berantakan. Bila warung sembako yang Anda kelola terlihat berantakan, maka akan berpengaruh terhadap barang-barang yang dijual.

Barang-barang dagangan akan terlihat kusam dan kurang menarik pembeli.

Cara menata barang dagangan sembako agar terlihat menarik ini berlaku untuk warung sembako berukuran kecil dan besar. Walaupun warung sembako Anda kecil, ini tak berarti bahwa Anda tak bisa menatanya dengan indah dan rapi.

Penataan untuk ruangan kecil memang sedikit rumit (tricky) tetapi Anda bisa melakukannya agar warung terlihat lebih rapi. Warung sembako memang rentan berantakan dikarenakan banyaknya barang yang dijual untuk kebutuhan sehari-hari.

Anda bisa menambahkan lemari display, rak, ataupun meja. Pengaturan posisi display dari barang dagangan juga sebaiknya disesuaikan kategorinya. Misalnya sabun mandi berdampingan dengan sabun cuci piring, sabun colek, detergen, dan pewangi. Gula juga sebaiknya diletakkan dekat dengan teh, kopi, beras, susu, dan lain-lain.

4. Mengadaptasi Penataan Barang di Minimarket

Banyak pembeli lebih tertarik untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di minimarket. Hal ini dikarenakan barang-barangnya lengkap, mudah diambil sendiri, dan nyaman.

Cara Menata Warung Sembako Sempit

Walaupun harga jual di minimarket terkadang jauh diatas warung sembako, tetapi banyak pembeli lebih suka membeli kebutuhan sehari-hari di minimarket.

Untuk menarik minat pembeli, Anda bisa mencoba untuk mengadaptasi penataan barang seperti di minimarket. Dengan penataan barang dagangan yang tepat, maka para pembeli akan merasa nyaman saat membeli barang di warung sembako.

Anda bisa memilih rak seperti di minimarket dan mengklasifikasikan barang-barang dagangan sesuai dengan kategorinya.

5. Menata Stok dengan Rapi

Bila Anda mempunyai warung sembako yang laris dan banyak pelanggan, pastinya barang dagangan akan semakin menipis ketika dibeli oleh pelanggan. Tak ada salahnya Anda memiliki stok dobel saat memajang dan membeli barang tersebut dari supplier agar pembeli tak kecewa saat ingin membeli barang tersebut.

Untuk penataan stok barang tersebut, maka Anda bisa meletakkanya berderet di belakangnya atau menumpuknya.

Dengan cara ini, pembeli bisa melihat bahwa barang-barang tersebut memiliki stok yang melimpah. Pastikan bahwa stok dagangan ini yang paling laku dan dicari saja agar Anda tak rugi.

Baca juga:

6. Memilah Barang Berdasarkan Kategorinya

Cara menata warung sembako agar terlihat menarik yang terakhir adalah menyusun barang dagangan berdasarkan kategorinya. Menata warung sembako harus detail dan jeli agar barang-barang tidak menumpuk dan pas saat dipajang.

Saat Anda ingin menata kebutuhan mandi, maka Anda harus meletakkan beberapa jenis barang dagangan yang dibutuhkan saat mandi seperti sabun mandi, shampoo, pasta gigi, facial foam, dan lain-lain dalam satu rak.

Pastikan bahwa untuk memisahkan kategori satu dan lainnya, Anda menambahkan sekat pemisah agar tidak tercampur. Terlebih lagi saat penjual akan mencarikan barang tersebut untuk pembeli, maka Anda akan lebih mudah meraihnya.

Tinggalkan komentar