Beranda Education

Biaya Kuliah Perawat Termurah di Indonesia

22

Mempelajari ilmu kesehatan di perkuliahan sering kali disangkut pautkan dengan harganya yang mahal. Namun Anda bisa mencari informasi mengenai biaya kuliah perawat termurah, khususnya di wilayah terdekat agar menghemat ongkos tambahan seperti tempat tinggal.

Perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan (nakes) kebutuhannya di dunia kerja masih sangat dibutuhkan. Artinya, masih diperlukannya banyak perawat baik di kota-kota besar dan bahkan biasanya sangat dibutuhkan di desa-desa atau daerah tengah dan timur Indonesia.

Biaya Kuliah Keperawatan

Ketika hendak memutuskan universitas untuk menimba ilmu, pastikan sudah mencari tahu pula besaran biaya selama pembelajaran. Hal ini juga sebagai persiapan dana dan juga langkah lain, misal dengan mencari beasiswa dan lain sebagainya.

biaya kuliah perawat termurah

Di Indonesia, biaya kuliah keperawatan bergantung pada beberapa hal seperti wilayah tempat institusinya, jenis badan hukumnya apakah milik negeri maupun swasta serta kemampuan setiap orang tua mahasiswa. Oleh karena itu, bisa jadi setiap orang akan berbeda besarannya.

Namun, secara garis besar, biaya kuliah perawat paling murah mulai dari Rp.1.000.000,- hingga Rp. 15.000.000,- per semesternya. Harga tersebut sudah mencakup uang pengembangan kampus dan juga seragam selama kuliah.

Pembayaran Biaya Kuliah Keperawatan

Bagi sebagian universitas memberikan kelonggaran pada mahasiswa dan mahasiswinya dalam hal pembayaran, yaitu dengan sistem cicilan. Waktu yang diberikan berkisar selama satu semester saja misal 2 hingga 4 bulan sejak perkuliahan pertama.

Selain itu, cicilan juga dapat dilanjutkan hingga ke semester berikutnya sehingga dapat meringankan beban pembayaran bagi mahasiswa dan mahasiswi. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut belum termasuk keperluan lain seperti kegiatan khusus, skripsi serta wisuda.

Informasi lanjut mengenai biaya kuliah keperawatan dapat mengakses pada laman resmi milik universitas atau institusi yang dituju. Beberapa di antaranya langsung menampilkan besaran harganya, namun tidak sedikit pula harus menghubungi pihak kampus terlebih dahulu.

Biaya Kuliah Perawat Murah di Indonesia secara Umum

Di Indonesia banyak sekali institusi yang menyediakan jurusan keperawatan dengan biaya murah. Dengan begitu, para calon mahasiswa dan mahasiswi dapat meneruskan pendidikannya pada universitas sesuai kemampuan pembayarannya.
Seperti di daerah Jawa Barat, misalnya biaya kuliah perawat termurah di Bandung berkisar mulai dari Rp. 4.000.000 hingga Rp.8.000.000- per semesternya. Nominal tersebut tergantung pada jurusan serta jenjang yang dipilih.

Bukan hanya itu, di daerah lain juga menunjukkan angka hampir sama untuk biaya awal masuk perkuliahan pada bidang keperawatan. Namun, tentu saja jika memilih kampus yang tidak terlalu bernama akan memberikan harga lebih murah.

Rincian Biaya Kuliah Perawat di Indonesia

Besaran biaya kuliah perawat di Indonesia mencakup beberapa hal seperti dana pengembangan pendidikan yang dibebankan sekali pada awal perkuliahan, heregistrasi, uang perkuliahan dan seragam.

Selain itu, di semester ke depannya akan dibebankan biaya praktikum sebab perkuliahan akan lebih banyak melakukan praktek daripada kegiatan di kelas. Juga terdapat caping day serta bidan kit yang dapat diangsur secara berkala sesuai kebijakan kampus masing-masing.

Di akhir masa perkuliahan biaya akan ditambah dengan adanya kegiatan wisuda,skripsi, serta ujian kompetensi. Meski beban pembayaran lebih mahal, namun para mahasiswa dan mahasiswi dapat mengkonsultasikannya dengan pihak kampus.

Ketahui juga: Keperawatan GERONTIK: Orang Tua dan Lansia

Institusi dengan Biaya Kuliah Perawat Termurah di Indonesia

Sebelum memutuskan untuk ke luar kota dan memilih institusi keperawatan ada baiknya melihat terlebih dahulu di daerah sekitar. Dikarenakan sering kali dapat dijumpai kampus perawat yang biayanya lebih terjangkau dengan fasilitas dan akreditasi berkualitas pula.

Di daerah Jawa Timur, beberapa kota besarnya menyediakan banyak sekali institusi dan universitas baik swasta maupun negeri dengan harga terjangkau. Contohnya seperti STIKES Maharani di Kota Malang, STIKES Karya Husada Kediri dan STIKES Surabaya.

Pilihan lain tentu bisa mencari tahu di daerah Jawa Tengah, Yogjakarta, maupun Jawa Barat. Pada ketiga provinsi tersebut tersebar banyak sekali kampus dan sekolah tinggi keperawatan berkualitas dengan biaya kuliah perawat termurah.

Universitas dengan Biaya Kuliah Perawat Termurah di Indonesia

Ada banyak universitas yang bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi di bidang keperawatan. Anda bisa mencari informasi mengenai seluk beluk jurusan tersebut melalui laman resmi masing-masing kampus.

Bisa juga dengan mencari berdasarkan kota-kota yang banyak diminati oleh para pelajar seperti di kota Malang, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo dan lain sebagainya. Namun, pastikan pilihan tersebut sudah memenuhi kriteria biaya kuliah terjangkau.

Salah satu contoh kampus dengan biaya kuliah perawat termurah di Yogyakarta ialah ada di Universitas ‘Aisyiyah’. Dimana perkiraan kebutuhan dana di tempat tersebut berkisar antara Rp. 4.000.000,- hingga Rp. 19.000.000,- untuk jenjang Strata 1.

Baca juga: Jurusan Keperawatan TERBAIK di Indonesia

Hal-Hal Lain Mengenai Biaya Kuliah Perawat di Indonesia

Jika Anda berminat untuk melanjutkan kuliah di bidang keperawatan, pasti harus memiliki dana yang mumpuni. Hal ini dikarenakan perkuliahan akan lebih sering melakukan praktek sehingga membutuhkan biaya cukup banyak.

Maka dari itu, selain mempersiapkan untuk ujian masuk juga harus memiliki dana yang cukup. Namun, ada cara lain agar bisa tetap melanjutkan ke bidang keperawatan meski terbentur biaya yaitu menggunakan beasiswa.

Meski memerlukan biaya banyak namun hasil yang didapatkan ketika lulus ialah kemudahan untuk menjadi tenaga ahli di bidang kesehatan dan bisa menerapkan ilmu secara langsung. Keahliannya tersebut juga sangat dibutuhkan terutama oleh masyarakat di daerah terpencil.

Lihat juga: Sekolah Kedinasan GRATIS

Dalam memilih kampus atau institusi di bidang keperawatan tentu harus memperhatikan biaya kuliahnya. Cobalah mencari di sekitar tempat tinggal untuk menghemat pengeluaran di bidang tempat tinggal dan juga kehidupan sehari-hari.

Demikianlah, artikel singkat mengenai biaya kuliah perawat termurah di Indonesia yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu referensi jika ingin meneruskan pendidikan pada bidang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here