Jenis Bahan Karpet Badminton yang Bagus dan Sesuai dengan Kebutuhan

Olahraga bulu tangkis atau badminton (red: bahasa Inggris) merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia. Permainan ini akan semakin menarik, jika didukung oleh fasilitas yang memadai, seperti lantai atau bahan karpet badminton yang nyaman atau sesuai standar.

Walaupun olahraga ini bisa dimainkan dengan peralatan yang sederhana. Misalnya cukup dengan raket, senar, dan kok (shuttlecock), namun keberadaan fasilitas yang memadai akan membuat pertandingan semakin seru.

Bahan Karpet Lapangan Badminton

bahan karpet badminton

Banyak diantara kita, apalagi yang awam, belum mengetahui berbagai bahan lantai lapangan badminton. Sebenarnya, lantai untuk badminton sama saja dengan lantai semen atau cor pada umumnya.

Prinsipnya yang penting lantai lapangan rata. Namun, yang membedakan biasanya adalah bahan karpet badminton yang digunakan.

Artikel ini akan memberikan gambaran umum mengenai bahan karpet badminton yang sering digunakan. Berikut dengan jenis bahan pembuatannya agar sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Karpet Badminton Vinyl

Jenis bahan lantai badminton ini merupakan lantai yang sangat direkomendasikan untuk lapangan yang berada di dalam ruangan (indoor). Bahan dasar dari lantai ini adalah karet yang elastis, yaitu Poly Vinyl Chloride (PVC).

Oleh sebab itu, jenis lantai ini merupakan lantai yang paling lembut dibandingkan dengan jenis bahan karpet yang lain. Dengan menggunakan karpet vinyl ini, para pemain tidak akan mudah terpeleset sehingga bisa berakibat fatal, seperti bisa menimbulkan cedera atau memar.

Jenis karpet ini juga dikenal memiliki tingkat kerataan yang sangat bagus. Faktor inilah yang akan membuat pemain akan merasa sangat nyaman dan aman dalam melakukan pergerakan.

Baca juga: Bahan Diamond

2. Karpet Badminton Interlock

Bahan dasar dari karpet ini disebut dengan polypropylene (PP). Karpet ini memiliki keunggulan yaitu kuat dan tahan.

Untuk pemasangan dan pembongkaran, jenis lantai badminton ini yang paling disukai dan paling praktis. Memiliki sistem kncok down yang memudahkan dalam perawatan.

Jenis karpet ini menggunakan sistem kuncian untuk disatukan, bukan dengan lem perekat sehingga sangat mudah dalam bongkar pasangnya.

3. Lantai Rumput Sintetis

Sebenarnya penggunaan rumput sintetis diaplikasikan sangat luas. Artinya, tidak hanya sebatas pada lantai untuk olahraga. Namun juga untuk fasilitas lain, misalnya taman bermain.

Pemilihan lantai badminton dari rumput sintesis direkomendasikan menggunakan rumput sintetis yang pendek dan tebal.

Keunggulan dengan menggunakan lantai rumput sintetis adalah aman dan lebih empuk disaat pemain terjatuh.

4. Lantai Flexi Pave

Jenis lantai badminton ini terbuat dari bitumen dan akrilik. Pemilihan jenis lantai badminton ini sangat cocok untuk lapangan di luar ruangan (outdoor).

Keunggulan jenis lantai ini adalah tahan dan kuat dengan perubahan cuaca. Dari segi harga karpet badminton ini juga sangat terjangkau dan gampang dalam perawatan.

Bagaimana Cara Menentukan Lantai Karpet Badminton yang Cocok?

Tentu setelah mengenal berbagai bahan lantai yang biasanya dipakai untuk lantai badminton. Berikutnya adalah menentukan jenis lantai yang pas dengan peruntukan dan kondisi anda.

1. Ketebalan Karpet

Aspek ketebalan karpet merupakan hal yang cukup serius untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan ketebalan karpet pada lapangan badminton profesional sangatlah penting.

Sebagai contoh, ketebalan lapangan badminton yang sesuai dengan standar dari Federasi Bulutangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) adalah 4,5 mm.

Standar ini tentu perlu dikonsultasikan lebih lanjut dengan ahlinya. Namun, akan berbeda jika peruntukan lapangan badminton itu untuk umum. Pertimbangannya juga berbeda.

2. Dalam Ruangan atau Luar Ruangan

Lapangan yang berada di dalam ruangan (indoor) biasanya lebih eksklusif dibandingkan dengan lapangan yang berada di luar ruangan (outdoor).

Sehingga lokasi atau tempat lapangan badminton akan dibangun akan mempengaruhi jenis bahan yang dipakai. Sebagai contoh, lapangan badminton outdoor lebih direkomendasikan menggunakan bahan yang kuat dan tahan dengan perubahan cuaca.

3. Merk Karpet Lapangan

Ada berbagai jenis karpet bulu tangkis yang terkenal, diantaranya karpet badminton Flypower, Yonex, ataupun Lining.

Simak juga: Bahan Baby Terry

Biasanya merk-merk terkenal memiliki harga yang cukup mahal sehingga anda bisa mempertimbangkan merk lain untuk menyesuaikan budget yang anda miliki. Merk karpet bulu tangkis lain contohnya Alite, Benow, dan Enlio.

Tinggalkan komentar