Home Fashion Tekstil

Bahan Babyterry: Ciri-ciri, Kelebihan, dan Kekurangan

Bahan babyterry adalah salah satu jenis kain yang berasal dari serat kapas (cotton / katun) atau 100% mengggunakan katun. Jenis kain babyterry (biasa ditulis baby terry juga) memang banyak dipilih karena memiliki kualitas yang cukup bagus. Bahan ini disebut dengan baby terry karena biasanya digunakan sebagai bahan pakaian untuk anak-anak.

Kenapa bahan ini banyak digunakan untuk pakaian anak-anak? Ternyata alasannya karena bahan ini sangat nyaman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang masih sensitif.

Sehingga jenis bahan ini cukup terkenal dan banyak digunakan untuk bahan pakaian. Bahan baby terry memiliki ciri dan kelebihan tersendiri. Apabila anda hendak membeli baju dengan bahan ini sebaiknya mengetahui tentang ciri dan juga kelebihannya.

Ciri-ciri Bahan Baby Terry

Bahan yang satu ini memiliki ciri tertentu yang membantu anda membedakan dengan jenis bahan pakaian yang lainnya. Terdapat beberapa ciri khusus dari baby terry yang perlu Anda ketahui.

bahan-babyterry

Yuk, simak ciri-cirinya agar terjawab pertanyaan dalam benak bahan babyterry seperti apa. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya:

1. Tekstur yang halus

Baby terry memiliki tekstur yang begitu halus dan juga lembut. Namun perlu anda tahu jika bahan ini ini tidak terdapat bulu-bulu seperti pada jenis kain bludru atau yang sejenisnya. Tekstur yang halus membuat Anda atau pemakainya akan merasa hangat dan nyaman.

2. Nyaman dan ringan

Meskipun bahan baby terry cenderung lebih tebal namun pakaian ini tetap terasa ringan dan juga nyaman apabila dikenakan. Bahan ini sangat cocok jika digunakan untuk membuat pakaian seperti sweater atau bahkan jersey.

3. Menyerap keringat

Ketika anda akan membeli baju tentu saja ingin mendapatkan baju dengan daya serap yang tinggi. Bahan baby terry ini merupakan kain yang memiliki daya serap yang baik sehingga apabila anda berkeringat kain akan langsung menyerap cairan.

Bahan pakaian yang satu ini sangat berkualitas sehingga cocok untuk digunakan membuat berbagai macam pakaian terutama yang biasa digunakan untuk pakaian sehari-hari.

4. Hangat dan nyaman

Ciri dari bahan baby terry yang selanjutnya yakni memiliki kain yang begitu hangat apabila digunakan serta tidak menyebabkan kegerahan. Baju yang dibuat dengan baby terry sangat nyaman bukan hanya digunakan di malam hari namun juga di siang hari. Apabila anda sudah pernah menggunakan jenis bahan yang satu ini tentu bisa merasakan sendiri kenyamanan yang didapatkan ketika mengenakannya.

5. Menahan suhu badan

Bukan hanya mampu menghangatkan badan namun juga dapat membantu menahan suhu badan. Misalnya saja cuaca sedang dingin ,lalu anda menggunakan baju dengan bahan baby terry maka yang akan Anda rasakan alat tubuh yang tetap hangat karena suhu dipertahankan dan dijaga oleh kain ini.

6. Bahan yang lentur

Ciri dari baby terry yang selanjutnya yakni jenis kain yang begitu lentur. Kain ini apabila disentuh akan terasa tebal dan hangat namun sangat lentur sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis pakaian mulai dari pakaian bayi hingga pekan orang dewasa.

7. Bagian dalam sangat lembut

Bahan kain baby terry pada bagian dalamnya terlihat seperti berbulu bulu halus sehingga sangat lembut apabila disentuh dan sangat hangat apabila dikenakan. Berbeda dengan bahan bagian luar yang terlihat lebih berserat seperti rajutan yang halus. Ciri ini yang sangat membantu anda untuk membedakan antara bakteri dengan bahan lainnya.

8. Rajutan bulat terlihat jelas

Apabila anda melihat pada permukaan bahan ini tentu akan sangat jelas rajutan seperti bentuk bulatan-bulatan.

9. Biasanya terdapat rongga

Apabila sudah diaplikasikan sebagai bahan pakaian seperti pakaian olahraga maka pada bagian perut akan terlihat adanya rongga-rongga kecil yang berfungsi untuk memberikan sensasi sejuk dan meningkatkan daya serap.

Kelebihan Bahan Baby Terry

kain-baby-terry
Bahan baju baby terry

Apabila anda sudah mengetahui tentang ciri-ciri dari Bahan babyterry maka selanjutnya juga penting untuk mengetahui kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini adalah kelebihan dari baby terry:

  1. Kelebihan pertama yang jelas dimiliki oleh Bahan babyterry yakni teksturnya yang sangat lembut dan halus sehingga begitu nyaman digunakan baik oleh anak-anak hingga orang dewasa.
  2. Baby terry juga memiliki daya serap keringat yang sangat tinggi sehingga tidak membuat anda merasa gerah ketika menggunakannya di siang hari. Bahan ini memiliki rongga-rongga kecil yang sangat efektif untuk menyerap cairan.
  3. Kelebihan baby terry yang selanjutnya yakni memberikan rasa hangat namun tidak menyebabkan iritasi. Biasanya bahan yang tidak berkualitas sangat mudah membuat pemakaiannya mengalami iritasi karena tidak menyerap keringat dengan baik.
  4. Jenis bahan yang satu ini bisa anda dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan bahan yang lainnya. Apabila anda hendak membuat pakaian yang nyaman dan hangat maka bahan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kekurangan Bahan Baby Terry

Setiap jenis bahan pakaian memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing begitu juga bahan baby terry. Baby terry ternyata juga memiliki kekurangan seperti bahannya yang kurang awet dan mudah mengalami kerusakan apabila dicuci dengan mesin cuci atau terlalu sering digunakan.

Bahan ini juga lebih tipis jika dibanding dengan bahan cotton fleece. Perlu Anda ketahui jika bahan ini harganya memang terjangkau namun juga terbilang cukup mahal bagi sebagian orang. Selain kurang awet bahan baju baby terry juga cenderung mudah melar.

Ketika anda akan membeli sebuah bahan pakaian atau kain memang sangat penting untuk mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan pilihan. Jenis bahan babyterry memang sangat menarik karena memiliki kualitas yang bagus namun tetap saja ada kekurangan tersendiri.

Apabila dibandingkan antara kelebihan dan kekurangan tentu saja bahan babyterry tetap memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kekurangannya.

Bahan ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam pakaian mulai dari pakaian bayi, handuk, pelapis sendal, blazer, sweater, hoodie, keset, jaket, dan jumper. Pada awalnya memang baby terry hanya digunakan untuk bahan pakaian bayi dan anak-anak serta handuk. Namun seiring berjalannya waktu semakin banyak orang dewasa yang juga ingin mengenakan pakaian dengan bahan yang satu ini.

Anda tidak perlu merasa risau dengan kekurangan yang dimiliki oleh bahan baby terry karena apabila anda menggunakannya dengan hati-hati dan melakukan perawatan dengan baik tentu bahan ini akan tetap awet. Setelah mengetahui tentang ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan dari baby terry selanjutnya anda bisa menentukan sendiri apakah akan menggunakan bahan ini atau tidak.

Menarik lainnya; Cara membuat bros dari kain perca

Anda tidak perlu ragu untuk memilih bahan yang satu ini karena sudah terbukti memiliki kualitas yang bagus. Anda bisa membuat sendiri pakaian dengan bahan ini atau langsung membeli pakaian yang memang terbuat dari baby terry.
Itulah pembahasan tentang bahan pakaian dengan jenis baby terry. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Pertanyaan Seputar (Q & A) Baby Terry

Mungkin ada seputar pertanyaan terkait bahan kain baby terry yang masih menggantung buat anda. Berikut ini beberapa pertanyaan yang kami rangkum.

1. Apakah kain baby terry tebal?

Bahan kain baby terry cenderung lebih tebal daripada bahan kain lainnya. Sehingga bahan ini sering digunakan sebagai bahan jaket untuk anak-anak maupun orang dewasa.

2. Apa itu bahan baby terry?

Kain baby terry adalah salah satu bahan kain yang banyak digunakan sebagai sweater, jaket, dress, dan beberapa pakaian untuk aktivitas luar lainnya. Kain ini memiliki “loop” kecil, terkenal lembut, dan memiliki daya serap tinggi.

3. Berapa harga kain baby terry?

Harga kain baby terry berkisar antara Rp35.000 sampai dengan Rp75.000 per kg. Harganya tergantung pada jenis campurannya, karena biasanya dijual dalam bentuk baby terry polyester, baby terrry spandex, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here