Home Fashion Tekstil

Bahan Diamond: Jenis, Kelebihan, Kekurangan, Harga

Bahan diamond adalah kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk atau seperti pasir, nyaman dipakai sehingga populer dan banyak yang merekomendasikan bahwa kain berbahan ini bagus digunakan untuk jilbab, hijab, kerudung, dan gamis pashmina.

Tekstur dari bahan ini memang sedikit kasar apabila disentuh namun hal ini justru yang menjadi keunikan dari bahan diamond. Apabila digunakan sebagai bahan jilbab diamond memang sangat nyaman karena memberikan kesan yang jatuh. Selain itu bahan ini juga memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga bila digunakan akan terlihat begitu casual.

Jenis Bahan Diamond

Ada beberapa jenis kain diamond yang biasa digunakan sebagai bahan jilbab atau hijab seperti diamond bubble, diamond crepe dan diamond Italiano.

1. Jenis diamond bubble

Jenis diamond yang satu ini memiliki tekstur yang cukup kasar jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Apabila dilihat dengan lebih dekat maka detail permukaan akan terlihat seperti gelembung kecil. Gelembung-gelembung kecil inilah yang menyebabkan kain diamond ini disebut atau masuk dalam jenis diamond bubble. Jika dilihat memang terlihat kasar namun apabila disentuh akan terasa lebih lembut.

bahan-diamond
Bahan diamond bubble, img: instagram.com/hana.ammara

Tekstur diamond bubble yang terlihat begitu kasar namun lembut jika disentuh memberikan kesan yang unik namun nyaman ketika digunakan. Anda juga akan menyukai pakaian atau hijab yang menggunakan bahan kain diamond yang satu ini.

2. Diamond crepe

Jenis bahan diamond yang selanjutnya yaitu diamond crepe atau sering disebut juga dengan ceruti atau georgette. Tekstur atau permukaan diamond crepe sedikit berbeda dengan diamond bubble. Jika dibandingkan dengan diamond bubble tekstur dari diamond crepe memang cukup mirip  yaitu terlihat kasar namun lembut apabila disentuh.

bahan-diamond-crepe
Gambar bahan diamond crepe; img: instagram.com/safiya_hijab

Keunikan dari diamond crepe adalah kainnya yang begitu ringan dan juga elastis atau melar sehingga apabila dijadikan bahan kerudung akan begitu cantik serta terlihat jatuh.

Selain itu Anda juga dapat merasakan kenyamanan dari kain diamond crepe ini karena tidak membuat tubuh merasa gerah. Banyak dari muslimah yang senang menggunakan jilbab atau kerudung dari bahan ini karena memang sangat nyaman serta halus. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat himar dan juga hijab instan dengan berbagai desain dan model.

3. Bahan Diamond Italiano

Memang terkadang cukup sulit untuk membedakan antara tiga jenis bahan diamond yang ada. Namun apabila dilihat dengan lebih jelas maka akan terlihat juga perbedaannya. Bahan kain diamond Italiano ini jika dilihat memang cukup mirip dengan diamond crepe karena teksturnya yang kasar. Tetapi apa bila dilihat dengan lebih detail maka akan terlihat jika kain ini terlihat lebih kasar serta lebih kaku.

Meskipun terlihat kasar namun bahan ini sangat nyaman digunakan karena tidak menyebabkan gerah. Selain itu diamond Italiano juga elastis atau mudah melar.

bahan-diamond-italiano
Gambar bahan diamond Italiano; img: instagram.com/ateraofficial

Kelebihan Bahan Diamond

Kain berbahan diamond memang memiliki keunikan pada tekstur dan permukaannya. Meskipun terlihat kasar namun bahan ini memiliki banyak kelebihan Berikut ini adalah kelebihan dari kain diamond:

1. Bahan yang sejuk

Jilbab memang biasanya dibuat dari bahan yang sejuk dan nyaman oleh karena itu para pembuat kerudung memilih kain berbahan diamond.

2. Ringan dan jatuh

Kelebihan yang selanjutnya yakni kain diamond begitu ringan namun apabila digunakan akan terkesan jatuh. Kain yang jatuh tentu saja membuat penampilan pemakainya lebih casual dan stylish.

3. Tidak tembus pandang

Pakaian atau kerudung yang menggunakan kain berbahan diamond memiliki kualitas yang bagus serta tidak tembus pandang. Jadi anda tidak perlu mendobel pakaian atau kerudung untuk menghindari tembus pandang.

4. Mudah dibentuk

Kelebihan yang lainnya yakni kain berbahan diamond sangat mudah dibentuk. Jadi anda bisa membentuk kerudung sesuai dengan keinginan atau style yang paling sesuai.

Kekurangan Kain Berbahan Diamond

Meskipun kain berbahan diamond ini begitu nyaman digunakan akan tetapi ada beberapa kekurangan. Beberapa kekukurangan dari kain diamond antara lain:

1. Tidak tahan terhadap panas

Perlu Anda tahu jika kain berbahan diamond merupakan bahan yang tidak tahan terhadap panas tinggi.Oleh karena itu hindari menyetrika dengan suhu tinggi karena nantinya dapat menyebabkan kain menggulung atau berkerut karena meleleh.

2. Mudah terbang tertiup angin

Kain diamond juga begitu ringan sehingga apabila dijemur di tempat yang berangin akan mudah terbang.begitu juga apabila anda menggunakannya ketika berada di pantai atau sedang naik motor. Pastikan untuk mengikat atau memasang kerudung diamond dengan benar dan kuat agar tidak mudah terbang tertiup angin.

3. Warna cepat pudar

Kekurangan kain diamond yang selanjutnya yaitu warnanya lebih cepat pudar apalagi jika sering terkena paparan sinar matahari. Bukan hanya akan cepat pudar apabila dijemur langsung di bawah terik matahari namun penggunaan yang terlalu sering juga mempercepat pudarnya warna. Jadi anda harus menjemur kain diamond ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Baca juga: Cara membuat boneka dari kain perca

Cara Merawat Kain Diamond

Ada beberapa tips atau cara yang bisa diterapkan untuk merawat kain diamond, diantaranya:

1. Gunakan Deterjen Lembut

Gunakan deterjen yang bahannya lebih lembut atau memang biasa digunakan khusus untuk kain diamond. Deterjen yang terlalu keras dapat merusak serat kain sehingga pakaian atau hijab akan cepat rusak.

2. Cuci Manual

Selain itu Anda juga sebaiknya mencuci kain berbahan diamond dengan cara manual. Hindari mencuci kain diamond dengan mesin cuci karena akan lebih mudah sobek atau rusak.

3. Jemur dengan tidak Terkena Matahari Langsung

Pastikan setelah mencuci Anda menjemurnya pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat mempercepat warna kain pudar.

4. Setrika dengan Suhu Rendah

Setelah kering gunakanlah setrika suhu rendah untuk merapikan atau menghaluskan kain berbahan diamond. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada kain atau bahkan melelehkan kain.

5. Simpan dengan Cara Digantung

Cara yang paling tepat untuk menyimpan pakaian atau kerudung dengan bahan kain diamond adalah dengan cara digantung bukan dilipat.

Apabila anda melakukan perawatan dengan benar maka pakaian atau kerudung anda akan tetap awet serta warnanya tidak cepat pudar.

Setelah anda mengetahui mengenai ciri-ciri diamond maka akan semakin mudah untuk memilih pakaian atau kerudung yang paling sesuai. Saat ini memang kain diamond menjadi salah satu kain favorit masyarakat. Hal ini dikarenakan ada banyak kelebihan yang dimiliki dari jenis kain yang satu ini.

Harga Bahan Diamond

Berikut ini daftar harga bahan diamond yang kami dapatkan dari beberapa sumber.

Bahan kain DiamondHarga
Diamond CrepeRp 19.000 s/d Rp 24.500 per meter
Diamond Italiano/GeorgetteRp 18.500 per meter
Diamond bubble crepe premiumRp 36.000 per meter
*Daftar harga bisa saja berubah


Perlu dicatat bahwa harga di atas bisa saja berubah-ubah tergantung pada waktu, lokasi, ataupun promo/diskon yang diberlakukan oleh penjual.

Simak juga: Berbagai Jenis Kain untuk Gamis

Kesimpulan

Selain menawarkan tampilan yang unik dan jatuh, kain berbahan diamond juga sangat nyaman digunakan karena tidak menyebabkan rasa gerah. Anda tidak perlu ragu untuk memilih pakaian atau kerudung dengan bahan ini. Setiap bahan pakaian yang ada memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi anda tidak perlu terlalu memikirkan kekurangan yang di miliki oleh kain diamond. Hal yang terpenting adalah anda merasa nyaman dan juga percaya diri ketika mengenakannya.

Demikian pembahasan tentang bahan diamond yang saat ini sedang populer. Semoga informasi ini menambah pengetahuan anda tentang berbagai macam jenis kain serta semakin membuat anda yakin untuk memilih pakaian yang tepat.

Beberapa pertanyaan Seputar Bahan Diamond

Berikut ini kami tambahkan tanya jawab yang sering ditanyakan (FAQ) seputar kain berbahan diamond.

1. Apakah bahan diamond bagus?

Ya, bahan kain diamond sangat bagus, populer, dan sangat difavoritkan oleh kaum hawa sebagai bahan pembuatan kerudung, jilbab, hijab pashmina, scarf.

Alasannya karena jenis bahan ini lembut dan nyaman dipakai.

2. Bagaimana dan seperti apa bahan diamond crepe?

Diamond crepe sering juga disebut cerutti atau georgette. Kain jenis ini halus dan tipis dengan tekstur yang kasar.

Bahan ini awet dan cocok untuk bahan kerudung syar’i, khimar, dan bergo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here