Beranda Fashion Tekstil

Jenis Kain untuk Gamis yang Cocok, Adem, Nyaman & Lembut

53

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda terhadap desain baju yang dikenakan. Jika anda ingin membeli atau membuatnya, maka penting untuk mengetahui jenis kain untuk gamis.

Ketika anda ingin membeli baju gamis hal pertama yang akan menjadi pertimbangan adalah modelnya. Selain itu jenis kain yang digunakan untuk membuat gamis juga merupakan sesuatu yang sangat penting. Baju gamis yang memiliki desain menarik namun dibuat dengan jenis kain yang kurang berkualitas tentu akan mengurangi kesan apabila digunakan. Begitu juga sebaliknya, jika baju memiliki model biasa saja namun bahan yang digunakan begitu berkualitas maka yang terlihat adalah kesan standar.

Jenis Kain untuk Gamis

Apabila anda senang mengenakan baju gamis maka sebaiknya mengetahui jenis kain yang digunakan. Mengetahui jenis kain sangatlah penting karena banyak orang yang merasa kecewa ketika berbelanja di toko online, ternyata jenis kain yang digunakan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis kain untuk gamis yang bagus dan banyak digunakan oleh para desainer serta penjahit.

1. Kain katun

Bahan kain untuk gamis kain yang satu ini memang menjadi bahan yang sangat sering digunakan untuk bahan baju gamis. Bahan katun sangat cocok digunakan untuk gamis pesta karena begitu elegan serta nyaman digunakan. Bahan dasar jenis kain ini adalah kapas alam dengan ketebalan yang sesuai. Kain ini sangat halus sehingga nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

jenis-kain-untuk-gamis-dan-gambarnya
Kain katun; bahan baju gamis

Ciri dari kain katun adalah teksturnya yang lembut dan halus serta mampu menyerap keringat dengan baik. Banyak penjahit yang memilih bahan ini karena kuat dan tahan lama. Ketika anda mengenakan baju gamis yang terbuat dari katun maka tidak perlu merasa takut jika kegerahan atau kedinginan karena bahan ini sangat nyaman di badan.

Harga kain katun per meter dimulai dari Rp.25.000,-

2. Kain Katun Jepang

Jenis kain untuk gamis yang selanjutnya yaitu jenis kain katun jepang. Banyak baju gamis yang terbuat dari bahan ini dan saat ini sedang trend di gunakan oleh masyarakat. Anda tidak perlu meragukan kualitas dari kan ini karena memiliki serat yang lembut, halus dan juga kuat.

kain-gamis-katun-jepang
Katun jepang; kain gamis yang lembut

Selain itu kain katun jepang juga memiliki banyak pilihan motif dan juga warna. Gamis yang dibuat dengan kain ini akan terlihat begitu elegan serta mewah.

Harga kain katun Jepang: mulai dari Rp.27.000,- per meter.

3. Bahan katun Paris

Bahan katun memang memiliki banyak jenis salah satunya kain katun Paris.kain ini hampir mirip dengan katun umumnya namun memiliki ketebalan yang lebih tipis sehingga biasanya digunakan untuk bahan gamis syar’i, jilbab dan juga mukena.

Bahan katun Paris sangat nyaman digunakan dan banyak dipakai sebagai bahan gamis pesta. Mereka yang menggunakan gamis dengan bahan ini akan terlihat berkelas.

bahan-katun-paris
Bahan katun paris; shopee

Harga kain katun Paris: mulai dari Rp39.000,- per meter.

4. Bahan Sutra Cina

Jenis kain untuk gamis yang berikutnya yaitu kain sutra Cina. Kain ini memiliki banyak kelebihan seperti seratnya yang sangat halus serta ringan. Meskipun bahan ini ringan akan tetapi cukup tebal sehingga cocok untuk bahan pakaian.

Bahan yang digunakan untuk membuat jenis kain ini adalah serat sutra yang begitu lembut. Anda bisa merasakan kenyamanan ketika kain menyentuh kulit anda.

Harga kain sutera tergolong mahal, sebab bahan dan proses pembuatannya yang memang rumit. Sehingga bagi Anda yang ingin membeli kain sutera harus jeli.

bahan-kain-sutra-cina

Sebab, ada banyak jenis kain sutera. Biasanya ada kain yang dominan dari benang sutera, dan banyak pula yang merupakan campuran.

Harga kain sutra Cina per meter dimulai dari Rp.30.000,-

5. Kain Linen

Kain linen menjadi salah satu bahan yang sangat bagus apabila dipakai untuk bahan baju gamis. Bahan ini sangatlah nyaman ketika digunakan karena dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin serta dapat menyejukkan tubuh saat cuaca sedang panas.

baju-gamis-kain-linen
Kain linen, bahan gamis yang elegan

Kain linen memang cenderung kaku sehingga hanya cocok untuk gamis dengan gaya atau model tertentu. Apabila Anda ingin membuat gamis yang terlihat elegan maka kain ini bisa menjadi pilihan.

Harga kain linen per meter dimulai dari Rp.22.500,-

6. Kain Rayon

Kain rayon juga merupakan jenis kain untuk gamis yang sangat berkualitas. Berbeda dengan kain yang lainnya, jenis kain rayon tidak terbuat dari bahan alami melainkan dibuat dari bahan sintetis. Meskipun dibuat dengan bahan sintetis akan tetapi sangat halus seperti serat sutra alami.

kain-rayon-untuk-gamis

Kelebihan dari kain rayon untuk gamis adalah kesannya yang jatuh serta begitu halus dan licin, sehingga tidak mudah kusut. Anda akan merasa sangat nyaman ketika mengenakan baju gamis dengan bahan kain rayon. Meskipun demikian setiap bahan memang tetap memiliki kekurangannya tersendiri. Begitu juga dengan kain rayon. Selain itu anda juga harus berhati-hati ketika menyetrika kain ini apalagi dengan setrika yang sangat panas.

Harga kain rayon tergolong cukup murah, yakni berkisar Rp20.000,- per meter

7. Bahan Polyester

Jenis kain berikutnya yakni kain polyester. Bahan kain untuk gamis yang satu ini banyak digunakan bukan hanya untuk gamis wanita muslimah saja melainkan banyak juga digunakan untuk busana pria muslim. Sama seperti kain rayon, kain polyester juga dibuat dengan bahan sintetis.

Kekurangan dari bahan polyester adalah terbuat dari bahan minyak bumi sehingga akan terasa hangat apabila dikenakan. Oleh karena itu bahan ini sering dipakai untuk pakaian yang dikenakan di ruangan dingin atau saat musim dingin.

bahan-kain-polyester

Meskipun panas dan dapat menyebabkan alergi namun bahan polyester cepat kering serta tidak mudah kusut. Bahan ini bersifat tidak dapat menyerap keringat namun sangat murah harganya. Oleh karena itu banyak penjahit atau designer yang menggunakan bahan polyester untuk mengurangi modal.

Sama dengan jenis kain lain, harga kain polyester per meter sangatlah beragam. Harga dimulai dari Rp.13.000,- sampai dengan Rp.32.000,-

8. Kain Wolfis

Membuat gamis dengan bahan wolfis ini sangatlah menarik. Sudah terbukti jika kain wolfis ini menjadi favorit para pembuat baju karena memiliki tekstur yang sangat lembut serta motif yang beragam. Kebanyakan warna dari kain ini juga sangat cerah dan cantik sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis pakaian termasuk gamis.

Ciri khas dari kain wolfis adalah kainnya yang tebal namun tetap terasa ringan. Baju yang menggunakan bahan wolfis tidak akan mudah menerawang. Selain itu kan ini juga tidak mudah kusut serta adem apabila di kenakan.

Kain-wolfis-untuk-Gamis
Kain wolfis untuk gamis yang tidak mudah kusut

Anda akan sangat senang mengenakan jenis kain untuk gamis yang satu ini karena mudah disetrika dan begitu lembut. Meskipun kain wolfis terbilang murah akan tetapi apabila sudah diaplikasikan sebagai bahan gamis akan begitu istimewa. Gamis dengan bahan wolfis biasanya memiliki kesan yang mewah dan elegan. Kain wolfis memang menawarkan banyak kelebihan selain nyaman di pakai ini juga tahan lama.

Harga kain wolfis per meter mulai dari Rp16.000,- sampai dengan Rp28.000,-

9. Bahan kain Balotelli

Balotelli menjadi jenis kain untuk gamis yang sangat bagus. Kain ini memiliki karakter serat yang sangat rapat sehingga tidak mudah menerawang. Kain Balotelli sangat cocok digunakan untuk bahan gamis namun banyak juga dipakai untuk bahan pakaian lain seperti kemeja, jilbab, celana panjang, blouse dan lain sebagainya.

kain-balotelli-untuk-gamis-syari
Kain balotelli bagus untuk gamis

Harga kain balotelli meteran mulai dari Rp23.000,-

Simak penjelasan: Bahan Babyterry

Jenis kain untuk gamis untuk gamis memang masih banyak lagi yang lainnya seperti kain maxmara, ceruti, cotton combed, dan lain-lain. Setiap bahan atau kain untuk pakaian menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apabila Anda ingin membuat gamis maka pilihlah kain yang memang sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

2 KOMENTAR

    • Baju yang adem dipakai, biasanya bakal lebih sering dipakai dibanding baju yang modis tetapi bikin gerah. Hihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here