Beranda Fashion Tekstil

Cara Membuat Boneka dari Kain Perca Simpel dan Lucu

135

Dewasa ini, berbagai kerajinan dapat diciptakan menggunakan bahan yang tidak terpakai. Bahkan, permainan anak bisa Anda kreasikan dengan memanfaatkan sisa-sisa material di rumah. Secara tidak langsung, ide tersebut akan mengasah kreativitas diri. Jika tertarik akan hal itu, ketahuilah cara membuat boneka dari kain perca berikut ini !

Panduan Mudah Membuat Boneka Berbahan Kain Perca

Permainan anak sebenarnya bisa dibuat dari bahan-bahan sisa seperti kain perca. Hasilnya pun tak kalah dibandingkan produk di mall dengan catatan Anda Anda harus sedikit bersabar saat membuat kerajinan tangan.

Nah, berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk menciptakan boneka handmade berbahan kain perca.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus disiapkan ialah alat dan bahan. Material wajibnya ialah kain perca, kertas, kapas, benang disertai aksesoris tambahan. Sementara perlengkapannya yaitu gunting, cutter, pensil, jarum jahit serta jarum pentul. Mengenai isinya, Anda juga bisa menggunakan sisa kain maupun dakron.

alat-bahan-boneka-kain-perca

Untuk alat jahit, Anda diizinkan memakai mesin maupun secara manual menggunakan tangan. Cara kedua itu disukai sebab metode tersebut praktis dan dapat menjangkau area yang sulit. Bahan pembuatan boneka ini mudah ditemukan karena bisa memanfaatkan barang yang tidak terpakai.

2. Membuat Pola Boneka

Langkah selanjutnya adalah membuat pola. Untuk cara mudahnya, silahkan mencari gambar termudah seperti beruang. Gunakan kertas agak tebal untuk mencetak bentuk boneka. Agar si kecil senang, maka ketahuilah apa bentuk mainan kesukaannya. Anda pun bisa menciptakan desain baru sesuai keinginan.

Selain beruang atau orang, bentuk hewan seperti rubah dan tupai juga sangat disukai anak-anak karena modelnya lucu serta imut. Agar pembuatan pola terasa lebih mudah, gunakan pensil untuk menggambar. Buatlah gambar pada kertas terlebih dahulu baru disalin pada kain perca agar desainnya sesuai.

3. Menjahit Boneka

Setelah membuat pola kertas, tempelkan pada kain perca lalu guntinglah sesuai bentuknya. Kemudian, jahitlah sebagian pinggiran boneka dengan perlahan. Anda boleh menggunakan mesin jahit maupun jahitan manual. Keduanya tentu memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing.

menjahit-boneka

Jahitan tangan membutuhkan waktu lama, namun cara ini bisa menjangkau area yang sulit sehingga cukup fleksibel. Sementara itu, menjahit dengan mesin jauh lebih cepat namun resiko salah pun agak besar apabila polanya rumit. Jangan dijahit seluruhnya, melainkan sisakan sedikit untuk mengisi kapas.

4. Mengisi Boneka

Cara membuat boneka dari kain perca mudah berikutnya adalah pengisian boneka. Usai menjahit bagian pinggirannya, isilah jahitan tersebut dengan kapas. Selain bahan itu, Anda pun bisa menggunakan dakron maupun kain sebagai isian. Sesuaikan saja berdasarkan kebutuhan. Pembuatannya ini cukup gampang, apalagi jika bentuknya simpel.

Setelah diisi kapas, silakan menutupnya dengan jahitan. Pastikan Anda menjahitnya dengan rapi dan jangan biarkan pinggirannya terbuka sedikit pun karena ini berpotensi membuat kapas keluar. Setelah jadi, telitilah seluruh bagiannya apakah sudah rapi atau belum untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Memasang Akseseoris

Setelah jadi, saatnya ke tahap selanjutnya, yakni pemasangan mata serta hidung. Mengenai pembuatan panca indera ini, sesuaikan saja dengan keinginan. Anda tidak harus membuatkannya mulut apabila boneka terlihat lucu tanpanya. Untuk membuatnya, gunakan benang woll atau manik-manik.

Aksesoris keren lainnya yang bisa dipasang yakni pita. Ini hanyalah opsional dan disarankan menggunakannya bila memilih pola beruang. Namun, jangan terlalu banyak memberikan hiasan karena bila berlebihan keindahannya sedikit berkurang. Berikan penghias boneka seperlunya saja.

6. Finishing

Di bagian finishing, Anda hanya perlu memastikan apakah bentuk boneka simetris atau tidak. Selain itu, pastikan jahitannya rapi sehingga kapas maupun dakron tak menyembul keluar. Apabila ada benang yang keluar, segera gunting agar penampilannya makin rapi dan nampak berkelas seperti buatan toko.

Membuat boneka dari bahan kain perca memang membutuhkan waktu, terutama bagi para pemula. Apabila ingin mencobanya, sebaiknya buatlah menggunakan pola termudah. Jika telah ahli, Anda pun bisa naik ke bentuk yang lebih rumit. Dengan begitu, kemampuan menjahit pun meningkat secara perlahan.

boneka-kain-perca

Tips Saat Membuat Boneka dari Kain Perca

Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk memiliki mainan, salah satunya membuatnya sendiri dari perca. Cara tersebut memang membutuhkan waktu, namun hasilnya sungguh memuaskan, apalagi hasil jerih payah sendiri. Dijamin, anak Anda akan merasa senang menerima boneka handmade nan lucu ini.

Tips lainnya yang dapat dilakukan saat membuatnya yakni menyadari kemampuan diri. Bila belum pernah membuatnya, disarankan memilih pola termudah terlebih dahulu. Untuk aksesorisnya, Anda bisa menggunakan benang woll guna membuat rambut boneka. Dijamin, bentuknya akan semakin lucu.

Pembuatan boneka ini memang sedikit membutuhkan waktu apalagi bagi pemula. Jika belum pernah menjahit sebelumnya, disarankan memakai cara manual yakni memilih tusuk sederhana. Dengan begitu, Anda tetap bisa membuatkan si kecil mainan lucu walau memiliki budget terbatas.

Selain beberapa teknik di atas, masih banyak lagi cara mudah yang dapat dipilih untuk membuat boneka cantik dari bahan dasar kain perca. Pada intinya, pengrajin harus memahami betul pola apa dan bagaimana yang akan dibuat. Jika sudah, tinggal mengikuti pola tersebut.

Demikian sekilas info mengenai cara membuat boneka dari kain perca. Metodenya tidak terlalu sulit, namun disarankan bagi pemula untuk bersabar karena menjahit memerlukan kesabaran dan ketelitian tinggi. Jika hasilnya bagus serta layak jual, Anda pun bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis.

Kerajinan Kain Perca Lainnya :

1 KOMENTAR

  1. wah lucu banget
    jadi pingin ikutan praktik
    kira kira pola paling mudah yang seperti apa ya
    aku pingin buat kayak boneka salju lumayan bisa dijual pas natal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here