Beranda Fashion Tekstil

Ukuran Baju Anak: Panduan, Cara Mengukur, dan Tabel Ukuran

196

Ketika menentukan baju anak mana yang mau dibeli perlu untuk mempertimbangkan tentang ukuran dan juga desainnya. Penting bagi anda untuk mengetahui ukuran baju anak yang tepat agar tidak menyesal setelah membeli baju atau pakaian.

Apabila anda hendak membeli baju baik itu secara online atau offline maka sebaiknya paham betul dengan ukuran baju anak anda. Sebenarnya saat ini untuk membeli baju anda tidak perlu merasa kesulitan karena kebanyakan toko online atau toko offline menjual baju berdasarkan usia.

Panduan Ukuran Baju Anak [Tips sebelum Membeli]

Ada beberapa tips menarik untuk menentukan ukuran baju yang tepat. Dengan mengetahui tips berikut maka anda tidak akan keliru ketika membelikan baju untuk anak sesuai dengan size mereka.

1. Menggunakan Tabel Ukuran Baju

Tips pertama yang bisa anda lakukan agar bisa menentukan ukuran baju anak yang paling tepat adalah dengan menggunakan tabel size baju. Saat ini tidak sulit bagi anda untuk menemukan tabel ukuran baju karena banyak tersedia di internet.

Gunakanlah tabel ini untuk mengira-ngira ukuran baju yang paling tepat dan paling sesuai. Sebenarnya tabel ini bukan hanya digunakan untuk panduan orang tua ketika akan membeli baju bagi anak mereka. Akan tetapi tabel ini juga bisa digunakan sebagai panduan bagi para penjahit untuk menentukan ukuran anak sesuai dengan usia.

Dalam tabel ukuran baju anak-anak terdapat informasi yang cukup lengkap mulai dari panjang dada, pinggang, panjang baju dan usianya. Bukan hanya panjang baju saja yang biasanya terdapat dalam tabel namun ada juga informasi tentang panjang celana. Dengan menggunakan tabel ini anda tidak akan kesulitan untuk menentukan baju mana yang tepat buat anak anda.

2. Memilih Baju Sesuai Usia

Untuk menemukan ukuran baju yang sesuai, tips berikutnya yaitu cobalah untuk menentukan baju berdasarkan usia.saat ini kebanyakan baju biasanya dijual berdasarkan usia anak. Misalnya saja baju untuk usia anak 2 tahun maka ukurannya rata-rata akan sama. Dengan ukuran ini anda tidak akan merasa kesulitan apa lagi bingung.

Akan tetapi jika postur tubuh anak lebih besar atau cenderung kurus tentu anda bisa mengira-ngira sendiri ukuran yang paling tepat.

3. Membeli Baju Lebih Besar dari Ukuran Biasanya

Penting bagi orangtua untuk memilih ukuran baju yang benar karena ukuran baju akan sangat mempengaruhi kenyamanan anak saat bermain. kebanyakan orang tua lebih senang membelikan baju dengan ukuran yang lebih besar dari usia anak. Hal ini memang cukup menarik karena untuk menghindari baju yang kekecilan.

Baju anak yang kekecilan tentu selanjutnya tidak akan bisa digunakan. Berbeda jika orang tua membelikan baju dengan ukuran yang lebih besar maka suatu saat baju pasti akan terpakai.

4. Mengajak Anak Berbelanja Langsung

Tips memilih baju anak agar ukurannya sesuai adalah dengan berbelanja langsung di toko offline. Sebenarnya berbelanja baik itu di toko offline maupun di toko online sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan berbelanja offline adalah anda bisa langsung mencoba baju ketika berada di toko.

Jadi anda tidak akan merasa kecewa dengan ukuran baju karena telah dicoba langsung. Apabila menemukan ukuran yang kurang pas ada tinggal mengganti dengan yang baru atau meminta tolong kepada pelayan untuk mencarikan baju dengan ukuran yang pas.

5. Membaca Detail Informasi Mengenai Ukuran Baju

Jika anda lebih senang berbelanja di toko online cara yang sebaiknya jangan sampai Anda lewatkan adalah membaca informasi tentang pakaian yang akan dibeli. Terutama informasi tentang ukuran baju/size. Setiap baju yang dijual di toko online baik itu melalui Instagram, Facebook ataupun marketplace tentu sudah dilengkapi dengan informasi yang lengkap. Misalnya saja seperti informasi tentang bahan, desain, merk, ukuran, dan lain sebagainya.

Informasi yang disebutkan akan sangat membantu anda untuk memilih baju yang paling sesuai untuk anak kesayangan. Apabila anda merasa ragu dengan ukuran yang dicantumkan maka jangan ragu untuk menghubungi seller agar mendapatkan informasi yang lebih meyakinkan. Hal penting lainnya yaitu jangan sembarangan memilih toko online. Berbelanjalah di toko online terpercaya supaya anda merasa nyaman dan aman.

Cara Mengukur Ukuran Baju Anak

Perlu digaris bawahi bahwa saat berbelanja baju anak, terutama pada produsen atau penjual baju anak online, mereka biasanya mempunyai standar dan penamaan ukuran / size yang berbeda-beda.

ukuran-baju-anak

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengukur baju anak. Agar baju yang dibeli tidak kebesaran atau malah kekecilan.

Dalam menentukan ukuran baju bayi atau anak tidak semata didasarkan pada usia atau berat badan, tetapi berdasarkan ukuran badan.

1. Mengukur Lingkar Dada

Lingkar dada atau badan diukur tepat di bawah ketiak. Saat mengukurnya, posisi tangan anak direntangkan. Ukuran lingkar dada dimulai dari depan melingkar ke belakang dan kembali ke dada.

lingkar-dada-baju-anak
img: macupakids

2. Mengukur Pinggang Anak

Posisikan anak berdiri tegak dengan kedua tangan di samping atau merentang. Ukuran pinggang anak mulai dari depan melingkar kembali ke depan. Catat dan sesuaikan dengan tabel ukuran baju di bawah.

mengukur-lingkar-pinggang-anak
img: macupakids

3. Mengukur Pinggul Anak

Mengukur lingkar pinggul dilakukan pada bagian bokong anak. Ukurlah pinggul mulai dari depan kemudian melingkar kembali ke depan. Tidak apa-apa menggeser-geser meteran untuk mendapatkan ukuran yang pas.

4. Mengukur Tinggi Badan

Minta anak berdiri dengan menempelkan badan dan kepala di dinding. Ukur tinggi anak mulai dari kaki sampai kepala.
Hasil ukuran-ukuran tersebut dicatat baik-baik. Kadang, ukuran anak, tidak sama persis dengan tabel ukuran baju yang ditampilkan online shop.

Namun, dengan pencatatan ukuran tersebut memudahkan dalam memberikan perbandingan, agar baju anak tidak salah pilih; tidak kekecilan ataupun kebesaran.

Tabel Ukuran Baju Anak

Sebagai bekal dalam panduan pengukuran baju anak, berikut ini kami berikan tabel ukuran baju anak yang bisa dipergunakan. Tabel ini adalah tabel standar, biasanya berbeda sesuai dengan kondisi anak (misalnya, berat badan; gemuk atau tidak).

Tabel ukuran baju bayi (dari new born sampai umur 2 tahun)

SizeNew Born3 bln9 bln1 thn18 bln2 thn
Tinggi52-5657-6162-72,474-7778-8182,6-90
Dada41-4242-4344,5-45,747-4849,5-5152-53
Pinggang43-44,544,5-4647-4848-49,549,5-5151-52
Pinggul42-4343-44,545,7-4747-4849,5-5152-53
*satuan ukuran dalam satuan centimeter (cm)

Tabel panduan ukuran baju anak berdasarkan umur 3 – 7 tahun

Size3 thn4 thn5 thn6 thn7 thn
Tinggi91,4-9899-105105-109114-118119-123
Dada55-5657-5859,7-6162-63,564,8-66
Pinggang52-5353-5555-5756-5757-58
Pinggul55-5657-5859,7-6162-63,564,8-66
Berat (kg)13-14,514,8-16,816,6-18,619,3-21,421,6-24,5


Tabel panduan ukuran baju anak di atas, bisa digunakan untuk anak laki-laki dan perempuan. Sebab pada rentang umur demikian, antara anak laki-laki dan perempuan belum ada perbedaan yang signifikan.

Informasi lainnya: Review Bahan baby terry

Tips Memilih Baju Anak

Selain anda harus memperhatikan ukuran baju anak yang yang pas, anda juga harus memperhatikan mengenai hal-hal penting lain agar tidak salah memilih baju. Berikut ini adalah beberapa tips penting yang bisa membantu anda untuk memilih baju yang bukan hanya nyaman dikenakan namun juga terlihat bagus.

1. Memilih baju berdasarkan warna kulit

Tips pertama yang perlu untuk anda perhatikan adalah memilih baju berdasarkan warna kulit anak anda. Apabila anak memiliki warna kulit yang putih tentu tidak akan sulit untuk menentukan warna yang cocok. Beberapa contoh pilihan pakaian untuk anak dengan kulit yang putih antara lain seperti merah muda dan juga warna-warna pastel.

Dengan mengenakan pakaian yang cantik dan terang maka anak akan terlihat lebih manis. Apabila anak memiliki kulit kuning langsat maka pilihan warna yang cocok adalah seperti jingga, kuning, hijau, biru dan merah. Berbeda jika anak memiliki warna kulit yang gelap maka pilihan warna warna coklat dan juga warna-warna cerah akan membuat mereka terlihat lebih ceria.

2. Memilih baju berdasarkan kesukaan anak

Anak-anak biasanya menyukai warna tertentu atau menyukai karakter tertentu.Orang tua bisa memilihkan baju berdasarkan apa yang sedang disukai anak-anak. Kebanyakan orang tua membelikan baju yang memang anak-anak menyukainya misalnya saja seperti baju dengan gambar tokoh kartun. Anak laki-laki dan anak perempuan tentu saja memiliki selera yang berbeda jadi anda juga sebaiknya mempertimbangkan hal yang satu ini.

3. Memilih baju berdasarkan karakter anak

Tips berikutnya agar anda menemukan baju dengan ukuran dan juga desain yang menarik adalah dengan memilih baju berdasarkan karakter. Jika anak anda memiliki karakter yang cenderung tenang atau pendiam maka baju-baju dengan gambar dan warna kalem bisa menjadi pilihan yang tepat. Begitu juga jika anda ingin membelikan baju untuk anak yang cenderung aktif serta energik.

Tidak sulit bagi orang tua untuk memilihkan baju terbaik untuk anak-anak. Membeli baju dengan ukuran yang tepat adalah sesuatu yang sangat penting. Namun desain baju serta warna yang sesuai juga tidak kalah penting. Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas tentu anda tidak akan kesulitan untuk menentukan ukuran baju anak yang memang sesuai dengan postur tubuh anak anda.

Baca juga: Cara menghilangkan Sablonan di Tas

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here