Home Business

Mudah Dilakukan di Rumah, Ini 4 Cara Menghilangkan Sablon di Tas Anda!

Mencoba cara menghilangkan sablon di tas dilakukan beberapa orang yang bosan dengan motif pada tas, tetapi enggan membeli yang baru. Namun, berbeda dari tip-tip sejenis, mengangkat sablon dari permukaan tas bukan sesuatu yang terlalu familiar.

Selain itu, mengingat sablon melekat kuat pada material yang digunakan, akan ada produk-produk dengan bahan kuat atau berbahaya yang harus Anda perhatikan. Jika sudah siap, cara menghilangkan sablonan di tas yang dapat Anda ikuti.

Empat Cara Menghilangkan Sablon di Tas

Cara Menghilangkan Sablon di Tas

1. Panaskan memakai setrika

Barangkali menghapus sablon dengan setrika adalah cara termudah dan minim risiko yang dapat Anda praktikan. Selain itu, bahan-bahan pendamping yang digunakan pun tak akan sulit ditemukan. Beberapa di antaranya adalah kain kering, alkohol, serta pisau.

Untuk memulainya, panaskan setrika terlebih dulu selama tiga hingga lima menit. Kemudian, atur temperaturnya sesuai bahan tas supaya tak menimbulkan kerusakan. Simpan tas di permukaan datar, lalu lindungi sisi tas lain menggunakan kain kering.

Kemudian, tempelkan setrika yang sudah dipanaskan pada kain kering yang ditempatkan di atas sablon tas. Ambil kain, lalu oleskan alkohol secara merata. Lakukan langkah dalam cara menghapus sablon di tas ini empat sampai lima kali sampai menghilang. Setrika lagi, lalu cuci tas supaya residu dari sablon dan alkohol tak menempel.

2. Memanfaatkan cairan bahan bakar

Metode selanjutnya yang akan membantu Anda mengangkat sablon dari permukaan tas adalah dengan cairan bahan bakar seperti bensin dan minyak tanah. Alat-alat pendamping yang diperlukan untuk mempraktikkan cara ini juga tak berbeda jauh dengan memakai setrika.

Anda harus hati-hati saat hendak mengaplikasikan cairan bahan bakar untuk menghilangkan sablon. Letakkan dulu kain kering ke bagian dalam tas, lalu oleskan bensin atau minyak tanah pada sablon. Diamkan sejenak hingga cairan tersebut mengering. Setelah itu, kelupas perlahan sablon memakai gunting. Ulangi tiga kali kalau sablon tak kunjung mengelupas.

Setelah cara menghilangkan gambar sablon di tas ini selesai, cuci tas menggunakan air bersih dan tambahkan pewangi untuk menghilangkan aroma cairan bahan bakar. Item alternatif yang bisa Anda andalkan kalau belum berani memakai bensin atau minyak tanah adalah minyak kayu putih.

3. Hilangkan dengan Pemutih Pakaian

Produk lainnya yang bisa digunakan untuk mengangkat sablon adalah pemutih pakaian. Bahannya yang bersifat korosif dipercaya mampu memudarkan gambar di permukaan tas. Untuk penghapusan maksimal, siapkan detergen dan air panas secukupnya.

Untuk memulai, masukkan air panas ke dalam ember untuk merendam tas. Kemudian, tuangkan sekitar 100 ml pemutih dan segenggam detergen hingga keduanya larut. Lalu, oleskan pemutih pada sablon secara merata dan rendam selama lima hingga sepuluh menit. Kucek bagian dengan sablon secara perlahan sampai mengelupas. Bilas sampai tak ada residu yang tertinggal.

Perlu diingat metode ini hanya bisa Anda aplikasikan pada kanvas warna putih. Kalau diterapkan pada warna lain, dikhawatirkan warnanya akan luntur atau menjadi kusam.

4. Menghilangkan Tulisan Sablon di Tas Menggunakan Cairan M3

Cara menghilangkan tulisan sablon di tas yang terakhir adalah dengan cairan M3. Kalau Anda belum tahu, cairan M3 adalah larutan kimia yang sifatnya menyerupai thinner. Pemakaiannya pun hampir sama dengan teknik cairan bahan bakar. Namun, Anda harus hati-hati saat menggunakan cairan ini, karena bisa menyebabkan gatal-gatal saat mengalami kontak dengan kulit.

Hal ini disebabkan cairan M3 punya sifat lebih keras dibandingkan cairan bahan bakar. Supaya Anda tak mengalami gatal atau iritasi, lindungi kulit dengan sarung tangan. Kemudian, ikuti setiap langkah pada metode dengan cairan bahan bakar.

Lainnya: Cara memilih sablon kaos yang bagus

Tips Membersihkan Tas Berdasarkan Bahannya

Seperti yang Anda simak, mencuci tas jadi langkah krusial untuk memastikan tak ada sablon atau bahan pembersih yang tersisa. Supaya kualitas tas tetap terjaga, bersihkan sesuai jenis materialnya menurut tip di bawah ini:

  • Tas beledu atau suede. Setelah menuntaskan cara menghapus sablon tas suede, Anda bisa singkirkan kotoran yang tersisa dengan sikat lembut. Hindari kontak dengan air berlebih atau minyak;
  • Tas kulit vintage. Jika permukaannya sudah retak, bersihkan dengan kondisioner khusus kulit atau serahkan pada ahli supaya mendapatkan pernis spesial;
  • Tas patent leather. Meski lebih tahan dibandingkan kulit biasa, warna pada patent leather cenderung mudah luntur. Gunakan petroleum jelly serta sedikit alkohol untuk membersihkan sisa kotoran sampai tuntas;
  • Tas dengan manik-manik. Jenis tas seperti ini cenderung mudah rusak dan manik-maniknya bisa saja terlepas. Anda mungkin akan kesulitan saat mengangkat sablon maupun mencuci permukaan tas setelahnya, jadi pastikan Anda memakai pembersih yang sesuai supaya tidak ada manik yang lepas.

Demikian empat cara menghilangkan sablon di tas beserta tip mudah membersihkannya. Semoga membantu Anda merawat tas-tas kesayangan agar tahan lebih lama, ya! [indorsie.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here