Home Education

Pengertian Bullying Menurut Para Ahli & Secara Umum

Perilaku seseorang dengan cara menyakiti orang lain atau sekelompok orang, baik secara verbal, fisik, atau psikologis sehingga korban tertekan atau trauma adalah pengertian bullying secara umum. Selain itu, ada juga pengertian bullying menurut para ahli di bidang ini.

Dalam berita banyak melaporkan tentang kasus bullying ini. Bahkan kasus bullying pernah menjadi trending topik dalam pembahasan dunia. Banyak kasus-kasus bullying yang berdampak merupakan pada korbannya.  Tapi sebenarnya apa sih bullying itu?

Pengertian Bullying Secara Umum

pengertian-bullying-menurut-para-ahli

Istilah bullying terkadang digunakan untuk bentuk-bentuk perilaku senioritas yang dilakukan oleh siswa senior kepada juniornya seperti menghina, memukul, mengumpat, dan lain-lain. Kata bullying ini awal mulanya berasal dari bahasa Inggris, yaitu dari kata “bull” yang berarti banteng yang senang menyeruduk kesana kemari. Secara etimologi kata “bully” berarti penggertak, orang yang mengganggu yang lemah.

Secara umum bullying adalah aktivitas yang dilakukan seseorang atau kelompok dengan tujuan memojokan orang lain dengan nada merendahkan, mengolok-olok hingga kekerasan fisik. Definisi umum lainnya tentang bullying adalah adalah perilaku yang ditujukan untuk menyakiti individu atau sekelompok individu dengan berbagai bentuk baik fisik, verbal ataupun psikologis yang dilakukan secara sengaja dan berulang kali oleh individu atau sekelompok individu yang lebih kuat.

Kerap kali bullying itu terjadi bukan karena masalah, konflik atau emosi yang belum selesai, tetapi bullying akan lebih mengarah kepada rasa merasa paling kuat serta memiliki hak untuk menghina, merendahkan atau bertindak seenaknya kepada orang lain.

Pengertian Bullying Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli berikut pengertian bullying, diantaranya diutarakan oleh:

1. Bullying menurut Wiyani (2012)

Bullying dalam bahasa Indonesia disebut “menyakat” yang artinya mengganggu, mengusik, dan merintangi orang lain, atau secara etimologi kata bully berarti penggertak, orang yang mengganggu orang lemah.

2. Menurut Rigby (1994)

Bullying adalah sebuah hasrat untuk menyakiti. Hasrat ini diperlihatkan ke dalam aksi, menyebabkan seseorang menderita. Aksi ini dilakukan secara langsung oleh seseorang atau sekelompok yang lebih kuat, tidak bertanggung jawab, biasanya berulang, dan dilakukan dengan perasaan senang.

3. Pendapat Djuwita (2005)

Bullying adalah bentuk-bentuk perilaku kekerasan dimana terjadi pemaksaan secara psikologis ataupun fisik terhadap seseorang atau sekelompok orang yang lebih “lemah” oleh seseorang atau sekelompok orang. Pelaku bullying yang biasa disebut bully bisa seseorang, bisa juga sekelompok orang, dan ia atau mereka mempersepsikan dirinya memiliki power (kekuasaan) untuk melakukan apa saja terhadap korbannya. Korban juga mempersepsikan dirinya sebagai pihak yang lemah, tidak berdaya dan selalu merasa terancan oleh bully.

4. Menurut Sejiwa Foundation 

Bullying diartikan sebagai tindakan penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tak berdaya.

Baca Juga: 10 Cara Bangkit dari Keterpurukan Hutang

5. Pendapat Riauskina, dkk (2005) 

Bullying didefinisikan sebagai perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh sekelompok individu yang memiliki kekuasaan, terhadap individu lain yang lebih lemah, dengan tujuan menyakiti orang tersebut.

6. Bullying menurut Tattum (2002)

Bullying adalah perilaku yang disengaja, sadar keinginan untuk menyakiti orang lain dan menempatkannya di bawah tekanan.

7. Pendapat Sullivan (2011) 

Bullying adalah tindakan agresi atau manipulasi atau pengucilan yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan berulang-ulang oleh individu atau kelompok kepada individu atau kelompok lain.

8. Pendapat Coloroso (2007) 

Bullying merupakan tindakan intimidasi yang dilakukan pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah. Tindakan penindasan ini dapat diartikan sebagai penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau kelompok sehingga korban merasa 15 tertekan, trauma, dan tidak berdaya.

9. Menurut Wicaksana (2008)

Wicaksana berpendapat bahwa bullying adalah kekerasan fisik dan psikologis jangka panjang yang dilakukan seseorang atau kelompok, terhadap seseorang yang tidak mampu mempertahankan dirinya dalam situasi di mana ada hasrat untuk melukai atau menakuti orang itu atau membuat dia tertekan.

10. Dikutip di Situs Wikipedia

Menurut Wikipedia bullying adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain.

11. Menurut Black dan Jackson (2007)

Bullying adalah perilaku agresif tipe proaktif yang didalamnya terdapat aspek kesengajaan untuk mendominasi, menyakiti, atau menyingkirkan adanya ketidaksengajaan untuk mendominasi, menyakiti atau menyingkirkan, adanya ketidakseimbangan kekuatan baik secara fisik, usia atau kemampuan kognitif, keterampilan, maupun status sosial, serta dilakukan secara berulang-ulang oleh satu atau beberapa anak terhadap anak lain.

12. Pendapat Olweus (2005)

Bullying adalah sebuah tindakan atau perilaku agresif yang disengaja, yang dilakukan oleh sekelompok orang atau seseorang secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu terhadap seorang korban yang tidak dapat mempertahankan dirinya dengan mudah atau sebagai sebuah penyalahgunaan kekuasaan/kekeraan secara sistematik.

13. Menurut Nusantara (2008) 

Bullying yaitu sebuah situasi dimana terjadinya penyalahgunaan kekuatan/kekuasaan yang dilakukan oleh seseorang/sekelompok.

14. Pendapat Menurut Liness

Bullying didefinisikan sebagai perilaku bullying sebagai intimidasi yang dilakukan oleh individu atau kelompok baik secara fisik, psikologis, sosial, verbal atau emosional yang dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga: 9 Cara Bangkit dari Keterpurukan Hidup

Demikian pembahasan mengenai pengertian bullying baik secara umum maupun pendapat para ahli. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here