Beranda Gadgets

Tips Berguna Untuk Mengurangi Penggunaan Data Seluler Sehingga Dapat Menghemat Uang

123

Di zaman serba maju ini, data seluler telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian orang. Namun, harga data seluler yang masih terbilang mahal membuat sebagian besar orang mencari cara agar bisa mengurangi penggunaan data seluler.

Dengan mengurangi penggunaan data seluler, maka orang-orang tersebut dapat menghemat pengeluarannya.

Cara Mengurangi Penggunaan Data Seluler

Ada banyak sekali cara pintar yang mudah dilakukan untuk mengurangi penggunaan data seluler. Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan data seluler.

cara mengurangi penggunaan data seluler

1. Batasi Penggunaan Data Seluler Secara Manual

Mungkin awalnya sebagian orang tidak menyadari telah menggunakan data seluler melebihi kebutuhan seharusnya. Namun, saat pembayaran tagihan banyak orang yang baru menyadari bahwa mereka telah menggunakan data seluler lebih dari jumlah seharusnya.

Untuk menyikapi hal tersebut, diperlukan kesadaran dari dini untuk mengurangi penggunaan data seluler tersebut. Cara yang dapat dilakukan adalah:

Pada Pengguna Android

  • Buka menu settings
  • Kemudian temukan dan buka menu network & internet, lalu data usage
  • Pilihlah data warning & limit, kemudian aturlah limit data agar smartphone dapat memberikan peringatan ketika Anda menggunakan data lebih dari limit yang ditentukan (misalnya 1GB)
  • Anda juga dapat mengatur batas data untuk menentukan batas operator
  • Pada menu data usable, aktifkan mode data saver untuk membantu Anda membatasi penggunaan data.

Pada Pengguna iPhone

  • Buka menu settings
  • Lalu pilih pilihan mobile data untuk mengetahui seberapa banyak data seluler yang telah Anda gunakan dalam suatu waktu
  • Selain itu, akan terlihat aplikasi apa saja yang menggunakan data seluler. Anda bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak ingin dihubungkan ke internet untuk menghemat penggunaan data seluler.

2. Menggunakan Aplikasi Data-Compressing

Ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan fitur data-compressing. Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk menghemat penggunaan data seluler. Beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah:

Google Chrome
Aplikasi pertama adalah Google Chrome. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam menghemat data seluler dengan cara mengklik menu settings, lalu pilih data saver dan terakhir pilihlah use data saver.

Opera Mini
Google Chrome yang mengharuskan Anda untuk melakukan pengaturan terlebih dahulu agar bisa menghemat penggunaan data seluler. Namun mode penghematan data seluler pada Opera Mini telah aktif secara default. Oleh karena itu, Anda bisa menghemat penggunaan data seluler jika menggunakan Opera Mini.

3. Menggunakan Wi-Fi

Ada dua cara yang dapat dilakukan agar smartphone tetap dalam keadaan online yaitu dengan menggunakan data seluler ataupun menggunakan Wi-Fi. Menggunakan Wi-Fi dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghemat penggunaan data seluler.

Jika jaringan Wi-Fi tersedia, maka Anda mematikan data seluler dan menggunakan Wi-Fi tersebut. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua Wi-Fi yang tersedia memiliki keamanan yang mumpuni. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan mobile VPN.

4. Menggunakan Jenis Smartphone Dual SIM

Penggunaan smartphone dual SIM ternyata bisa membantu dalam proses penghematan data seluler yang digunakan. Jika memiliki smartphone dengan teknologi dual SIM, maka Anda menggunakan seluruhnya untuk kebutuhan data seluler.

Anda dapat memisahkan penggunaan data seluler untuk kebutuhan pribadi dan kebutuhan pekerjaan. Penggunaan dual SIM ini sangatlah praktis karena Anda dapat menggunakan smartphone untuk dua jenis kebutuhan tanpa harus berganti-ganti smartphone. Selain itu, penggunaan data seluler pun dapat dengan mudah diatur.

5. Hentikan Sinkronisasi Otomatis pada Aplikasi

Ketika menggunakan smartphone ada banyak sekali aktivitas yang terjadi pada smartphone tersebut pada background tanpa Anda sadari. Salah satu contohnya adalah aplikasi Google Play yang mengecek update aplikasi.

Selain itu kegiatan sinkronisasi aplikasi pada smartphone Anda juga menggunakan data seluler. Dengan demikian, penggunaan data seluler akan meningkat tanpa Anda ketahui. Oleh karena itu hentikan proses sinkronisasi tersebut agar penggunaan data seluler dapat terkontrol.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi adalah:

Pada Android

  • Buka menu settings kemudian pilihlah apps & notifications
  • Pada menu apps & notification, lihat aplikasi apa saja yang menggunakan data seluler berlebihan untuk proses sinkronisasi
  • Jika sudah mengetahui aplikasi apa saja yang terlalu banyak menggunakan data seluler, maka Anda dapat mengklik pilihan data usage kemudian disable pilihan background data.

Pada iPhone

  • Bukalah menu settings
  • Pilihlah nama Anda, lalu iCloud
  • Kemudian pilihlah aplikasi yang ingin dihentikan proses sinkronisasi otomatisnya.

6. Memastikan Aplikasi Cloud Hanya Menggunakan Sinkronisasi Wi-Fi

Untuk tetap menghemat data seluler, penyimpanan cloud juga harus dipertimbangkan. Pastikan proses sinkronisasi cloud dengan telepon terjadi ketika sedang menggunakan Wi-Fi.

Aturlah proses pengunduhan foto ataupun dokumen secara otomatis hanya terjadi ketika smartphone terhubung ke Wi-Fi. Konfigurasi ini dapat dilakukan dengan mudah tergantung platform seluler yang digunakan (Android ataupun iOS).

Baca juga: Review by.U Telkomsel

7. Simpan Musik ataupun Podcast pada Smartphone

Musik ataupun podcast favorit dapat diunduh dan disimpan pada penyimpanan smartphone. Dengan demikian, musik ataupun podcast tersebut dapat didengarkan secara berulang-ulang tanpa menggunakan data seluler.

Jika smartphone yang digunakan tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup, maka Anda dapat menambahkan kartu memori tambahan. Biasanya setiap smartphone dilengkapi dengan slot yang digunakan untuk menambahkan kartu memori.

8. Jangan Stream Video HD

Jika menggunakan kualitas HD (High Definition) pada saat streaming, maka penggunaan data seluler akan semakin meningkat. Jika menggunakan kualitas HD pada saat streaming film selama satu jam, maka kira-kira data seluler yang digunakan adalah sebesar 2GB.

Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan mengurangi kualitas video ke kualitas standar. Kualitas video mungkin lebih rendah tetapi jumlah data seluler yang digunakan bisa jauh lebih sedikit dibandingkan menggunakan kualitas video HD.

Simak ulasan: No 188 nomor Apa?

9. Ubah Pengaturan Jaringan Data Seluler Menjadi 3G

Saat ini banyak smartphone yang mendukung penggunaan jaringan secara 4G bahkan 5G. Hal ini tentu saja membuat kecepatan internet semakin meningkat. Namun kecepatan tersebut diiringi dengan banyaknya data seluler yang terpakai.

Oleh karena itu, Anda bisa mengurangi penggunaan data seluler dengan mengubah pengaturan jaringan menjadi 3G. Cara yang dapat dilakukan adalah:

Pada Android

  • Bukalah menu settings > network & internet
  • Kemudian pilih mobile network > advanced
  • Klik menu preferred network type, lalu pilihlah tipe jaringan 3G only ataupun 3G (preferred)/2G.

Pada iOS

  • Pilih menu settings > mobile data > mobile data options
  • Kemudian pilih voice & data
  • Pilihlah jenis jaringan 3G ataupun LTE Off.

10. Tetap Offline dan Menghemat Data Seluler

Saat ini jejaring sosial terasa sangat nyata dan langsung. Oleh karena itu, sebagian besar orang merasa perlu untuk tetap online sehingga bisa membalas email segera setelah menerimanya, membalas pesan secara cepat dan lain sebagainya.

Selain itu, ketika Anda online maka keinginan untuk melihat berita online, twitter dan media sosial lainnya menjadi meningkat. Padahal hal seperti itu bukanlah hal yang mendesak dan harus dilakukan.

Anda tetap bisa hidup walaupun tidak mengecek berita terbaru sesaat setelah berita itu keluar. Oleh karena itu, jika tidak ada pekerjaan penting dan mendesak maka matikan saja data seluler Anda. Dengan demikian data seluler dapat dihemat karena smartphone berada dalam keadaan offline.

Lihat juga: Cara Membatalkan proses Migrasi Kartu HALO

Tidak semua hal yang dilakukan secara online itu menyenangkan. Ada banyak sekali kegiatan offline menyenangkan yang bisa dilakukan.

Gunakanlah data seluler hanya untuk keperluan penting saja, dengan demikian Anda bisa menghemat uang karena kebutuhan data seluler menjadi berkurang.


Artikel ini ditulis oleh Robi Erwin Setiawan, tips lainnya dapat dilihat melalui situs blog.situstarget.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here