Beranda Blogging

Menjadi Mitra Quora, Sebuah Cara Mendapat Penghasilan Tambahan dari Internet

48

Apakah anda pernah mengajukan pertanyaan atau menemukan jawaban yang sedang anda cari di situs Quora? Jika belum sama sekali. Yuk, sedikit berkenalan dengan platform ini dan bagaimana cara menjadi mitra quora.

Quora adalah situs tanya jawab (QnA), dimana seseorang bisa menjawab dan mengajukan pertanyaan terkait apa saja. Pertanyaan tersebut bisa diajukan kepada pengguna yang ahli/expert atau kompeten di bidang tersebut.

Saat bertanya, sistem Quora memberikan rekomendasi pengguna yang bisa diajukan permintaan jawaban, berdasar pada keaktifan pengguna di salah satu bidang atau topik. Atau bisa juga berdasarkan credential pengguna.

Kita bisa mengajukan pertanyaan tersebut kepada 25 pengguna. Gunanya, memperbesar peluang pertanyaan dijawab oleh banyak pengguna. Tapi, tidak menutup kemungkinan pertanyaan kita dijawab oleh pengguna lain yang sama sekali tidak dimintai jawabannya (ask to answer/A2A).

Harapannya, pertanyaan yang diajukan pengguna dijawab oleh orang yang tepat, memang mengetahui secara mendalam, atau memang pernah mengalami hal tersebut.

Quora: Situs Pertukaran Pengetahuan

menjadi-mitra-quora

Quora didirikan sekitar tahun 2009 dan dibuka di 2010. Saya mengenal situs ini beberapa tahun lalu. Saat itu, saya mendaftar dan menggunakan Quora karena ingin mendapatkan backlink untuk situs yang saya kelola.

Saya lakukan demikian karena para blogger banyak menyarankan dalam proses link building dilakukan dengan memanfaatkan situs-situs besar, salah satunya tentu Quora.

Namun, saat itu saya hanya menempelkan link blog saya pada halaman profil yang telah saya buat. Untuk aktif bertanya dan memberikan jawaban, urung saya lakukan.

Sebab Quora saat itu hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Sementara untuk bahasa Indonesia, belum sama sekali.

Nah, setelah hadir Quora Indonesia saya kembali mendaftar menjadi pengguna. Sementara akun Quora lama, saya tidak tahu lagi apa nama pengguna, email, bahkan kata sandinya. Saya sudah lupa.

Aktif atau menjadi pengguna Quora, bukan cuman soal iming-iming mendapat backlink bagus. Ada keasyikan lain selain itu. Di Quora, kita bisa menemukan beragam pertanyaan dan tentunya jawaban-jawaban yang menarik, mendalam, detil, dan dijawab oleh orang-orang yang kompeten.

Walaupun, banyak juga pengguna yang menjawab dengan seadanya. Hanya beberapa kalimat.

Tapi, itu tidak masalah buat saya. Toh, banyak jawaban-jawaban yang lebih menarik dan membuka tambahan informasi bagi saya.

Jawaban dan pengetahuan yang saya dapat di Quora, bukan hanya soal pengetahuan umum, tapi juga pengetahuan yang sifatnya personal. Jawaban dan pengetahuan personal ini biasanya karena pengguna menjawab pertanyaan dengan memberikan contoh dari pengalaman pribadinya.

Menjadi Mitra Quora, Sebuah Cara Menghasilkan dari Internet

Program mitra Quora (quora partners) adalah sebuah program Quora bagi para mitranya (partners) untuk menghasilkan uang dengan cara mengajukan pertanyaan.

Terus yang memberikan jawaban bagaimana, dong? Untuk program mitra ini hanya dikhususkan bagi pengguna yang mengajukan pertanyaan.

Artinya, anda hanya diberikan penghasilan jika mengajukan pertanyaan. Sementara, untuk menjawab tidak sama sekali.

Tentu, logika kita mengatakan idealnya, baik yang bertanya ataupun yang memberi jawaban hendaknya masing-masing punya kesempatan sama untuk menghasilkan. Namun, tidak demikian. Saya pribadi, tidak tahu detil mengapa dan apa landasan pihak Quora hanya memberikan reward berupa penghasilan dollar kepada penanya.

Jadi, sampai disini jelas ya, bahwa yang dibayar oleh Quora hanyalah pertanyaan.

Selanjutnya, bagaimana cara menjadi mitra Quora sehingga pertanyaan yang diajukan bisa menghasilkan dollar.

Sampai saat ini, tidak ada kriteria atau persyaratan yang diumumkan oleh pihak Quora. Untuk menjadi mitra Quora murni karena diundang oleh pihak Quora.

Biasanya undangan untuk menjadi mitra, dikirimkan ke email pengguna masing-masing. Setelah diaktifkan, barulah bisa mengajukan pertanyaan yang dibayar.

Secara sederhana, alurnya cara menghasilkan dollar dari Quora adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna tertentu diundang oleh Quora
  2. Pengguna yang diundang, yang selanjutnya disebut sebagai mitra, mengajukan pertanyaan yang akan dibayar dengan dollar.

Contoh Penghasilan dari Program Mitra Quora

Untuk penghasilan dari Quora sendiri, boleh dikatakan untuk sementara masih sangat sedikit. Perlu saya sampaikan bahwa, saya bukan mitra Quora.

Saya melampirkan contoh penghasilan berikut ini adalah screenshot penghasilan Quora istri saya. Ya, istri saya adalah mitra Quora, sementara saya sampai sekarang belum diundang sebagai mitra, hanya sebagai pengguna biasa.

penghasilan-dari-quora

Jumlah minimal payout penghasilan dari Quora adalah 10 dollar, yang dibayarkan di awal bulan saat minimum pembayaran telah mencapai di bulan sebelumnya.

Pembayaran tersebut akan dikirim ke rekening paypal. Selanjutnya dari rekening paypal tersebut, bisa ditarik atau ditransfer ke rekening bank masing-masing.

Pertanyaan yang dihargai oleh Quora, biasanya memiliki kriteria; pertanyaan memiliki manfaat bagi orang secara luas, dan tentunya menarik minat untuk dijawab oleh para pengguna Quora sendiri.

Baca juga:

Sehingga, ini pula yang menjadi tantangan dalam menjadi mitra Quora, yakni bagaimana membuat pertanyaan yang berkualitas dan menarik sehingga para pengguna Quora bisa sukarela dan senang hati menjawab pertanyaan yang diajukan.

Penutup

Untuk penghasilan, akan fluktuatif tergantung pada keaktifan bertanya di Quora. Untuk case istri saya, tentu penghasilannya bisa dikatakan rendah untuk sekarang ini. Semoga ke depannya bisa lebih banyak lagi. Aamiin.

Namun, bagi saya secara pribadi, terlepas kecil atau tingginya penghasilan dari Quora, untuk sementara ini membuktikan bahwa ada peluang untuk menghasilkan dari Quora.

Nah bagaimana, apakah anda tertarik untuk membuat akun Quora sehingga peluang untuk menjadi mitra Quora menjadi terbuka?

Saran saya, silahkan. Oh iya, Quora juga ini bisa didownload lewat aplikasi di smartphone sehingga bisa memudahkan untuk membaca pengalaman, mencari pengetahuan, dan tentunya mengajukan pertanyaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here