6 Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Cara mengatasi download tertunda di Google Play store bisa dilakukan dengan beberapa cara. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab proses download jadi tidak bisa dilakukan.

Umumnya, penyebab utama yang membuat download tidak bisa terjadi di Play Store adalah jaringan. Jaringan yang buruk ataupun tidak stabil membuat proses download tidak bisa berjalan dan harus tertunda.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

download tertunda google play

Update Play Store

Cara mengatasi download tertunda di Google Play store adalah dengan melakukan update terlebih dahulu. Biasanya kita jarang sekali melakukan update pada Play Store yang digunakan di ponsel Android.

Ini menyebabkan beberapa masalah, seperti adanya download yang tertunda atau masalah lainnya. Jadi pastikan untuk memperbarui Google Play Store yang digunakan pada ponsel Anda agar menghindari masalah seperti ini.

Bahkan beberapa aplikasi maupun game tidak mendukung Play Store versi lama sehingga download tidak bisa berjalan. Jadi perhatikan dengan baik terkait masalah ini agar proses download bisa berjalan dengan lancar.

Simak juga: Kelemahan TV LED Polytron Cinemax

Bersihkan Cache

Beberapa sampah pada Google Play Store atau cache biasanya menumpuk dan menyebabkan gangguan ketika melakukan proses download. Apalagi Anda jarang sekali melakukan update.

Untuk membersihkan cache, bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Tekan pada Play Store.
  • Setelah muncul menu, bisa masuk ke dalamnya.
  • Klik pada clear data.
  • Pilih bersihkan cache.

Sekarang cache pada play store akan dihapus. Anda tidak perlu khawatir mengenai aplikasi yang ada di ponsel Anda, karena hal ini hanya menghapus file sampah yang ada di play store.

Gunakan Koneksi Stabil

Koneksi yang stabil sangat penting ketika akan melakukan proses download berbagai data baik itu game ataupun aplikasi. Jika koneksi yang digunakan tidak stabil, proses download akan tertunda secara otomatis.

Situs EzTekno.com mengatakan untuk gunakan koneksi yang cukup stabil dengan memilih operator yang terbaik di area itu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan internet broadband seperti Wifi agar koneksi lebih stabil.

Apabila area di tempat Anda tinggal sulit sinyal pada jenis arti tertentu, ada baiknya untuk memilih kartu yang lain agar berbagai aktivitas berinternet termasuk melakukan download pada Play Store tidak terganggu.

Ketahui juga: Cara Menghilangkan Watermark Tiktok Tanpa Aplikasi

Cancel Aplikasi yang Antre Download

Ketika tersambung pada wifi, ponsel akan langsung melakukan proses download otomatis pada semua aplikasi yang ada update. Ketika Anda ingin download aplikasi tertentu, biasanya harus menunggu terlebih dahulu.

Anda bisa menunggu untuk melakukan download atau jika ingin mendapatkan cara install bisa melakukan cancel pada update aplikasi yang lain. Setelah itu, proses download akan kembali seperti biasa.

Periksa Memori Internal

Periksa memori internal yang digunakan pada ponsel terlebih dahulu sebelum melakukan proses download. Karena jika memori internalnya tidak ada atau tinggal sedikit, download tidak akan bisa berjalan.

Itulah kenapa penting untuk mengawasi memori internal yang digunakan. Apabila memori internalnya tidak terlalu banyak atau sedikit, bisa menghapus aplikasi lain yang tidak digunakan.

Lakukan Restart HP

Cara mengatasi download tertunda di Play Store yang terakhir adalah dengan melakukan restart HP yang Anda gunakan. Lakukan cara \mematikan ponsel terlebih dahulu, lalu menyalakannya lagi.

Beberapa orang sering mengalami ini seperti download yang tidak bisa berjalan padahal koneksi sedang stabil. Ternyata, ada masalah pada ponsel yang membuatnya menunda.

Perlu diingat cara ini adalah alternatif terakhir yang bisa dilakukan apabila cara yang lain tidak berjalan. Namun, belum tentu di beberapa ponsel cara ini bisa berhasil mengatasi download tertunda.

Akhir Kata

Cara mengatasi download tertunda di Google Play Store bisa diatasi dengan memperhatikan masalahnya. Salah satu yang terjadi selain masalah jaringan adalah adanya aplikasi yang terupdate sehingga Anda harus antre.

Selain itu, ada banyak faktor dan penyebab kenapa download Play Store mengalami masalah tertunda. Anda setidaknya harus tahu apa penyebabnya terlebih dahulu sehingga bisa menemukan solusinya secara efektif.

Dan dengan adanya informasi pada artikel ini, maka Anda tidak perlu panik maupun khawatir lagi saat masalah ini mengalami pada ponsel Anda. Karena ada beberapa cara untuk mengatasinya dengan mudah.

Tinggalkan komentar