Cara Menghilangkan Watermark Tiktok Tanpa Aplikasi

TikTok telah menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di Indonesia. Beberapa tahun yang lalu sempat dibekukan. Setelah di izinkan kembali, aplikasi yang satu ini malah semakin populer.

Usut punya usut, teknologi Tiktok memang didesain khusus untuk karakter generasi Z (Gen Z).

Gen Z memiliki karakter yang dinamis, ini disesuaikan dengan penggarapan teknologi Tiktok yang kaya fitur. Mulai dari pilihan musik, filter, atau kecepatan video.

Sehingga bisa dikatakan aplikasi video pendek ini lebih populer jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Jika dulu TikTok selalu identik dengan tayangan yang ‘agak nyeleneh’, maka kini kontennya sudah sedikit lebih baik.

Apa sebab?

Karena mulai banyak orang yang menggunakan TikTok sebagai sarana berbagi pengetahuan, motivasi, dan sebagainya.

Namun ada salah satu bagian dari aplikasi Tiktok yang cukup mengganggu bagi sebagian penggunanya. Yaitu bagian watermark-nya.

Jika kamu salah satu pengguna aplikasi populer ini, mungkin pernah merasa terganggu dengan watermark ini. Apalagi jika kamu ingin mengunggahnya ke media sosial. Dengan adanya watermark itu, sehingga seakan mengurangi performa video tersebut.

Tapi tenang, kini permasalahan itu sudah bisa diatasi dengan mudah. Berikut cara menghilangkan watermark TikTok tersebut.

Cara Jitu Menghilangkan Watermark di TikTok tanpa Menggunakan Aplikasi Apapun

cara menghilangkan watermark tiktok

Jika kamu perhatikan, fenomena adanya watermark ini bukan hanya ada di aplikasi TikTok saja, tapi juga ada di aplikasi video pendek lainnya.

Hal ini tentu sesuatu yang wajar, karena masing-masing pihak tentu berhak melakukannya demi kepentingan marketing mereka.

Di sisi lain, sebagai pengguna TikTok kamu juga boleh kok menghilangkan watermarknya, asalkan tahu caranya. Dengan syarat video itu hanya untuk kamu konsumsi secara pribadi diperangkat android kamu.

Namun, jika video itu akan kamu posting kembali ke media sosial, maka akan lebih baik jika kamu tidak menghapus watermarknya. Tujuan agar kamu terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya tentang pelanggaran atau klaim hak hak cipta.

Menggunakan web Snaptik

Cara menghilangkan watermark TikTok tanpa aplikasi yang pertama adalah dengan menggunakan web Snaptik.

Web Snaptik ini adalah layanan yang dapat membantu kamu untuk mendownload semua video dari TikTok (tanpa ada lagi watermark yang ‘melekat’ di video itu).

Caranya juga sangat gampang. Langkah awalnya salin tautan video yang akan kamu download, kemudian masukkan ke dalam kolom yang sudah disediakan di web Snaptik.

Maka video tersebut akan segera didownload. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pertama, buka aplikasi TikTok di hp kamu. Lalu, carilah video yang sudah kamu download tadi.

Kemudian tap di ikon share (letaknya di bagian bawah menu komentar dan like). Nah, nanti di sana akan ditampilkan share yang dapat kamu kirimkan ke siapapun yang menggunakan aplikasi ini. Atau kamu juga dapat men-sharenya ke berbagai media sosial milikmu.

Lalu pilih salin tautan.

Langkah berikutnya, silahkan buka browser. Kamu bisa menggunakan browser apapun, bisa UC browser, Chrome, Mozila, dll. Kemudian ketik alamat website Snaptik berikut https://snaptik.app/.

Jika sudah, paste link tautan yang sudah kamu salin ke URL yang tersedia. Lalu klik ikon yang berwarna hijau (ikon Download). Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Kemudian pilih download MP4. Selanjutnya tunggu sekitar 15 detik hingga proses download-nya benar-benar selesai sempurna. Done.

Sekarang kamu sudah bisa melihat videonya di galeri HP kamu. Dan pasti videonya sudah bersih dari watermark.

Menggunakan folder cache

Cara menghilangkan watermark TikTok yang kedua ialah dengan menggunakan folder cache.

Semua video yang telah kamu tonton menggunakan aplikasi TikTok secara otomatis tersimpan di cache ponsel kamu loh. Dan hal ini tidak hanya dilakukan oleh aplikasi video pendek ini, tapi juga oleh aplikasi lainnya.

Kamu hanya perlu memodifikasi sedikit saja file video yang kamu inginkan hingga watermark TikToknya dapat dihilangkan.

Cara menghilangkan watermark TikTok tanpa aplikasi ini mudah banget. Pertama, buka dulu aplikasinya. Kemudian, silahkan tonton video yang ingin kamu hilangkan watermark-nya.

Ingat: Tonton videonya hingga selesai ya. Karena jika kamu tidak menonton video tersebut sampai tuntas, maka secara otomatis videonya tidak akan bisa diputar (karena filenya sudah ‘rusak’).

Jika sudah ditonton sampai selesai, silahkan pergi ke file manager yang ada di ponsel kamu.

Kamu bisa masuk ke menu Penyimpanan Internal, kemudian pilih Android, Data, kemudian carilah file yang bernama Com.ss.android.ugc.trill.go. Lalu pilih Cache, Video, Cache, dan file video yang tadi kamu tonton.

Jika ternyata filenya tidak dapat kamu putar, maka supaya bisa diputar kamu bisa mengganti namanya dengan nama yang lain. Dengan catatan harus menggunakan nama mp4 di bagian belakangnya.

Dengan demikian, file tadi telah berubah, dan sudah mengubah video yang kamu tonton tadi bebas watermark.

Apabila proses ini telah kamu jalankan dengan sempurna, kamu hanya perlu memindahkannya saja ke galeri agar bisa kamu tonton kapanpun, dimanapun, dan dapat kamu share ke berbagai platform digital yang kamu inginkan tanpa adanya watermark.

Lihat juga:

Demikian dua cara menghilangkan watermark TikTok tanpa aplikasi.

Cara ini tentu sangat menguntungkan bagi siapapun, karena kamu tidak perlu menyisihkan ruang penyimpanan khusus untuk mendownload aplikasi yang bisa membantu kamu dalam menghilangkan watermark.

Cukup ikuti dua cara simple di atas. Cara ini bisa kamu ulangi berkali-kali jika ingin mendapatkan hasil video tanpa watermark.

Di antara keduanya, kamu memilih salah satu, atau malah kedua-duanya. Pilih saja cara yang kamu anggap super mudah dan efisien. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar